ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

100 Ribu Dapat Apa?

20 September 2018 12:30:32
#100dapatapa
pexels.com

ChanelMuslim.com - “Di Pekanbaru, Ibu Lia cekcok sama suaminya gara-gara uang belanja dikasih Rp100 ribu pulang cuma bawa bawang sama cabai.” Begitu kira-kira cerita yang tersiar ramai di media sosial kita. Lalu ada satu akun facebook yang komentar, “Mungkin ibu itu mau masak rendang. Jadi cuma kebeli bawang sama cabe. Mau beli daging, uangnya nggak cukup.”

Dan hingga dua pekan jagad maya Indonesia diramaikan oleh tagar #100ribudapatapa. Melalui tagar #100ribudapatapa, kaum ibu berlomba-lomba mengunggah foto hasil belanjaan mereka senilai Rp 100 ribu ke media sosial. Tak hanya bawang dan cabai yang mereka dapat. Banyak dari mereka yang juga bisa membeli ayam, telur, tahu, tempe, bumbu dapur dan berbagai sayuran. Meski ada beberapa akun yang mengunggah bahan makanan dengan rasio yang tidak masuk akal, terlalu murah jika dibanding dengan harga nyata di lapangan.

Ramainya #100ribudapatapa ini memang dipicu oleh pernyataan salah satu kandidat wapres, Sandiaga. Dia mengatakan jika dibanding dengan empat tahun lalu, uang seratus ribu saat ini tidak terlalu besar. Hal ini terjadi sebagai dampak dari kondisi ekonomi dimana nilai tukar rupiah terhadap dolar AS semakin melemah.

Nilai tukar rupiah boleh melemah, tapi rasa syukur para istri kepada suami tidak boleh ikutan melemah. Karena hanya orang-orang fasik yang tidak bersyukur kepada suaminya,

“Sesungguhnya orang yang selalu melakukan kefasikan adalah penghuni Neraka.” Dikatakan, “Wahai Rasulullah, siapakah yang selalu berbuat fasik itu?” Beliau menjawab, “Para wanita.” Seorang Shahabat bertanya, “Bukankah mereka itu ibu-ibu kita, saudari-saudari kita, dan isteri-isteri kita?” Beliau menjawab, “Benar. Akan tetapi apabila mereka diberi sesuatu, mereka tidak bersyukur. Apabila mereka ditimpa ujian (musibah), mereka tidak bersabar.”

Gerakan #100ribudapatapa sebenarnya memicu para ibu untuk berbelanja di pasar-pasar tradisional atau tukang sayur yang setiap hari berkeliling di lingkungan rumah. Dengan membawa uang seratus ribu ke pasar tradisional tentunya akan dapat lebih banyak bahan makanan dibanding dengan belanja ke pasar modern atau supermarket.

Dengan menjamurnya pasar-pasar modern dan supermarket, pasar-pasar tradisional mulai ditinggalkan kaum urban secara perlahan. Banyak alasan yang membuat mereka meninggalkan pasar tradisional, terutama kondisi pasar yang becek dan kumuh.

Untuk mendorong masyarakat mau berbelanja di pasar tradisional, sejak 2003 lalu pemerintah sudah melakukan program peremajaan dan revitalisasi pasar tradisional. Tujuannya agar kesan becek dan kumuh yang selama ini melekat di pasar tradisional bisa dihilangkan.

Selain itu salah satu keuntungan berbelanja di pasar tradisional, pembeli bisa menawar barang dagangan penjual atau membeli dengan ukuran sesuai kebutuhan. Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan di pasar modern dan supermarket.

Nah, meski nilai tukar rupiah melemah, semangat kita untuk menjadi lebih baik tidak seharusnya ikut melemah. Kondisi apapun seharusnya membuat kita lebih terampil mengolah rasa dan keadaan. Dan jangan lupa terus bersyukur karena di tengah kesulitan ekonomi yang kita alami, iman kita terus bertambah.

“Dan (ingatlah) ketika Rabb-mu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti adzab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim : 7) (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
100dapatapa
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
20 May 2018 13:47:01

Perempuan-Perempuan Tangguh

 
ADVERTORIAL
05 August 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
SUAMI ISTRI
28 May 2018 11:41:09

Menyenangkan Hati Suami

 
SUAMI ISTRI
28 October 2019 07:32:58

Seorang Pria Non Muslim Ingin Menikahi Saya

 
SUAMI ISTRI
02 April 2019 19:48:51

Pentingnya Komunikasi dalam Pernikahan

 
SUAMI ISTRI
09 February 2020 19:26:26

Duhai Para Suami, Sayangilah Istrimu

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
Munajat Dzulhijjah
 
 
TERPOPULER
 
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga