ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 23 Januari 2020 | 28 Jumadil Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SEKOLAH

SD Islam Permata Hati, Kedepankan Pendidikan Agama bagi Anak Didik

08 April 2019 08:09:01
Sekolah, Sekolah Islam, SD Islam Permata Hati, Alamat SD Islam Permata Hati Dasana Indah Karawachi, Uswatun Hasanah Kepala Sekolah SD Islam Permata Hati
Sholat Zuhur Berjamaah di SD Islam Permata Hati (Foto: Istimewa)

ChanelMuslim.com - Bagi Sekolah Islam Permata Hati, Pendidikan Agama adalah pendidikan yang paling penting bagi anak didik. Hal tersebut diungkapkan oleh Uswatun Hasanah, S.Pd.I selalu Kepala SD Islam Permata Hati.

"Pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang Permata Hati paling pentingkan bagi anak-anak kita. Semua pelajaran lainnya jadi gagal, jika capaian pada pelajaran ini kita tidak maksimal," ungkap Uswatun kepada ChanelMuslim.com.

Uswatun mengatakan bahwa di Permata Hati menanamkan aqidah dan akhlaq Islam yang terintegrasi dalam seluruh pelajaran. Tanpa kecuali adab sopan santun, tata krama diajarkan dan dipraktikkan oleh seluruh warga sekolah.

"Memanggil sebutan "kakak" untuk kakak kelas dan "adik" untuk adik kelas adalah salah satu cara ajarkan saling menghargai.

Berucap salam saat bertemu dan menyapa di dalam maupun luar sekolah saat berjumpa dengan guru dan kawan menumbuhkan rasa empati dan saling kenal," terang Kepala Sekolah yang beralamat di Jalan Wijayakusuma Raya. No. 1 Perumahan Dasana Indah Karawachi.

Uswatun melanjutkan bahwa di Permata Hati sangat menekankan kecintaan kepada Alquran.

"Kecintaan kepada Al Qur’an dan menghafalnya diawali sebelum memulai pelajaran. Seluruh kelas membaca Al Qur’an dengan kegiatan murottal bersama-sama selama 15-20 menit. Sasarannya, murid Permata Hati bisa menghafal juz amma (juz 30) saat tamat dari SD Islam Permata Hati. Saat ini sasaran tersebut ditingkatkan menjadi juz 29, karena itu kelas 6 melaksanakan hafalan dengan soundsystem tersendiri, terpisah dari kelas 1-5," sebutnya.

Sementara itu, untuk kemampuan membaca Al Qur’an anak didik dilaksanakan melalui Iqro dan Bagdadiyah yang dibimbing oleh guru tersendiri.

"Murid-murid dibimbing membaca Al Quran dengan benar, dan tahsin qiroat yang diaplikasikan pada materi TPA dan Iqro serta BTQ yang diselipkan mufrodat dalam ayat dari surat yang dihafal serta bahasa arab diajarkan dalam materi ini," ungkapnya.

Demikian pula Qur'an dan Hadits , sebut Uswatun dipelajarinya dalam materi TPA dan BTQ (Baca Tulis Quran). Sedangkan untuk sejarah Islam serta pendalaman fiqih dan aqidah akhlak disampaikan pada materi Pendidikan

Agama Islam.

"Saat pelajaran apapun terlaksana, matematika sekalipun, penanaman akhlaqul karimah ditanamkan. Niat berprestasi, upaya sungguh-sungguh, bertanggung jawab, saling menolong, dan semua sifat terpuji lainnya diperhatikan. Guru kelas memberi pujian atau hadiah atas sifat yang diperagakan anak secara alami," tambah Uswatun.

SD Islam Permata Hati, Kedepankan Pendidikan Agama bagi Anak Didik

Kegiatan market day, siswa belajar berdagang dengan jujur, halal dan barokah

Selain itu lanjut Kepala Sekolah nan ramah dan sangat mencintai anak-anak ini, anak didik juga belajar muamalah melalui 'market day', sekolah mengenalkan jual beli dimana ada modal, biaya dan laba/rugi, dan akhlaq berdagang, seperti kejujuran, ditanamkan saat proses kegiatan ini.

"Seluruh guru PH bertanggung jawab atas hal ini. Tidak henti-hentinya guru mengingatkan pentingnya akhlaq mulia kepada orang tua, sesama muslim, tetangga dan sesama anak bangsa," sebutnya memaparkan.

Begitu juga dengan sholat dibiasakan dengan cara setiap hari sholat dhuha serta jama'ah dzuhur di kelas, aula dan mushola .

"Anak juga diajarkan berani untuk tampil berdakwah dengan muhadharoh dalam kegiatan setiap dua pekan sekali secara bergantian tiap kelas," jelas Uswatun.

Tak hanya itu, ekspresi anak dalam berislam tersalurkan dengan ceramah, menghafal surat, menghafal hadist, asmaul husna, dan aneka kegiatan syiar Islam, misal pawai sambut datangnya tahun baru Islam yaitu muharram.

"Sedekah dilatihkan dengan cara santunan anak yatim dan dhuafa pada kegiatan tahun baru Muharram serta baksos Ramadhan, peduli bencana di Indonesia bahkan peduli Palestina, Rohingya pernah kami lakukan.

Dana yang diperoleh dari celengan uang jajan siswa dikumpulkan dikoordinir

disalurkan pada pihak rekanan sekolah yang bertanggung jawab," terang Uswatun lagi.

Begitupun dengan pendidikan Puasa diajarkan dengan mewajibkan siswa berpuasa Ramadhan dari kls1 hingga kls 6, selain itu pada kelas tinggi ada saja anak yang coba belajar puasa sunnah Senin Kamis.

SD Islam Permata Hati, Kedepankan Pendidikan Agama bagi Anak Didik

Sholat dhuhur berjamaah di tiap kelas

"Mengenalkan kewajiban haji untuk yang mampu, dilaksanakan dengan cara pendidikan manasik haji di bulan Zulhijah melalui kegiatan khusus, dilaksanakan bagi kelas 6 agar anak dapat mendemonstrasikan kegiatan berhaji," terang Uswatun.

Uswatun juga mengatakan untuk peringatan hari besar Islam, misalnya idul adha adalah kesempatan untuk mendidikan tauhid yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim Alaihi Salam dan Ismail Alaihi Salam melalui qurban dan membaginya kepada para yatim serta dhuafa di lingkungan kita selalu dilaksanakan di sekolah.

SD Islam Permata Hati, Kedepankan Pendidikan Agama bagi Anak Didik

Sholat dhuha di lapangan saat tausyiah taqwa pada bulan Ramadhan

Selain itu, sebutnya di SD Islam Permata Hati juga ada kunjungan atau fieldtrip atau outbound juga dimanfaatkan untuk mendidik tadabur alam mengenalkan kebesaran ciptaaan Allah Subhanallahu Wa Taala.

"Juga kadang dilaksanakan dalam spesifik terkait dengan tema yang kita pelajari sesuai kurikulum sekolah,"terangnya detail.

Selain itu, materi pelajaran agama dari Kurikulum 2013, tetap dilaksanakan selama 2 jam pelajaran seminggu.

"Tujuannya menanamkan pengetahuan dan kecintaan kepada Allah Subhanallahu Wa Taala dan Rosulullah Shalallahu Alaihi Wassalam dan keteladanan akhlaqul karimah Beliau," tekannya.

Terakhir, Uswatun Hasanah menekankan bahwa Pendidikan Agama di Permata Hati mempertimbangkan kapasitas anak, internalisasi moral secara alami dan kelanggengan akhlaq untuk dibawa saat remaja bahkan dewasa.

"Semoga Allah Subhanallahu Wa Taala terus meningkatkan iman Islam generasi muda kita. Dan iman Islam inilah yang akan jadi pondasi penting bagi terciptanya GENERASI UNGGUL INDONESIA," tutup Uswatun penuh harap.

.

Informasi Lebih Lanjut:

SD Islam Permata Hati

Jalan Wijayakusuma Raya. No. 1

Perumahan Dasana

021-5420 3142

[jwt/red]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
sekolah
sekolah islam
sd islam permata hati
alamat sd islam permata hati dasana indah karawachi
uswatun hasanah kepala sekolah sd islam permata hati
 
BERITA LAINNYA
 
 
SEKOLAH
08 July 2018 21:08:31

Santri PRISTAC Belajar Membuat Sukake

 
SEKOLAH
30 March 2018 09:29:05

Serunya Camping and Outbound Primary Grade 3 JISc

Bantu Korban Banjir Jakarta bersama CHANELMUSLIM
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284