ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Yuk Kembali Memasak Makanan untuk Keluarga

25 January 2019 10:18:51
memasaka,makanan,keluarga
Dapurmelodi@pexels,com

ChanelMuslim.com – Hari ini tepat dengan peringatan hari Gizi Nasional (HGN) ke-59. Hari ini seharusnya dijadikan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran keluarga. Hari ini juga bisa digunakan untuk memulai gerakan kembali memasak makanan rumahan.

Bagi sebagian ibu, memasak bisa menjadi sebuah kegiatan yang membutuhkan usaha begitu besar. Mulai dari memilih menu, persiapan, pengolahan kemudian proses menghidangkan. Yang terbayang pertama kali, betapa repot dan berantakannya dapur di rumah. Belum lagi perabotan masak yang kotor, berminyak dan harus segera dibersihkan. Baru membayangkannya saja sudah timbul rasa malas.

Dikutip dari laman Kompas.com sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition pada 2012 menunjukkan hal lain. Penelitian ini mengamati bagaimana pilihan makanan bisa memengaruhi suasana hati seseorang. Dalam penelitian tersebut, sebanyak 160 wanita diminta melaporkan apa saja yang mereka makan dalam durasi waktu 10 hari. Sebelumnya, banyak orang menduga bahwa makan makanan di luar, misalnya restoran, bisa membuat seorang—khususnya perempuan—menjadi lebih bahagia. Akan tetapi, penelitian ini malah menemukan bahwa perempuan ternyata lebih bahagia dan jauh dari stres setelah makan makanan rumahan.

“Rumah adalah lingkungan istimewa dengan pilihan makanan yang memicu energi positif,” demikian tulis studi tersebut, seperti dikutip dari laman Psychology Today. Sayang, rasa malas masih menjadi penghalang utama bagi wanita untuk terjun ke dapur dan memasak. Menurut Meat & Livestock Australia (MLA) pada 2011 yang melakukan survey dengan melibatkan 250 ibu bekerja di Jakarta menunjukkan bahwa hanya 2 dari 10 ibu yang memasak untuk keluarganya pada akhir pekan. Delapan orang lainnya lebih memilih makan di luar. Mereka menggangap bahwa makan di luar lebih praktis.

Memasak sendiri makanan untuk keluarga sebenar tidak harus yang merepotkan. Ibu bisa menyiapkan masakam sederhana seperti tumisan sayuran dan goreng ikan dilengkapi dengan sambalnya. Bahkan memasak makanan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dengan melibatkan anak-anak.

Memasak makanan untuk keluarga mempunyai banyak sekali manfaat. Pertama, ibu bisa dengan leluasa menyesuaikan dengan anggaran rumah tangga. Dengan memasak sendiri bisa lebih hemat hingga 50 % dibandingkan dengan membeli makanan di restoran atau di rumah makan. Kedua, dengan memasak sendiri makanan untuk keluarga, kita juga bisa merancang makanan apa saja untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Ketiga, dengan memasak sendiri, ibu bisa menambah keterampilan memasaknya dan bisa menyediakan makanan yang lebih beragam dan tentunya lebih sehat di banding dengan makanan di luar. Keempat, selain membuat ibu menjadi lebih bahagia, keluarga pun ikut bahagia.

Makanan buatan ibu akan menjadi sebuah tanda cinta antara ibu dengan suami dan ibu dengan anak-anak. Makanan buatan ibu akan menjadi sebuah monumen rasa hingga anak-anak dewasa. Yuk mari  mulai gerakan memasak makanan rumahan. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
memasaka
makanan
keluarga
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
25 October 2018 12:02:52

Sinetron Azab Ditegur KPI karena Tak Beretika

 
PARENTING
20 March 2018 06:00:01

Tahan Pandanganmu, Nak

 
PARENTING
07 September 2018 22:30:09

Cinderella Complex; Sindrom Anak Gadis yang Manja

 
PARENTING
15 April 2019 08:28:28

Memohon Pertolongan Allah dalam Pengasuhan Anak

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284