ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 14 Juli 2020 | 24 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Surat Luqman, Nasehat Ayah yang bijak kepada Anaknya

04 June 2020 09:12:47
surat,luqman,nasehat,ayah,bijak,anak,parenting
aboutislam.net

ChanelMuslim.com - Luqman ra adalah salah satu dari sedikit individu yang dikutip oleh Allah subhanahu wa ta`ala dalam Quran. Meskipun dia bukan seorang nabi, dia adalah orang yang terkenal dalam literatur Arab karena kebijaksanaannya.

Luqman disebutkan dalam Alquran yang mulia dan sangat dipuji oleh Allah yang menceritakan ucapannya yang paling terkenal dan nasihatnya kepada putranya.

Ketika orang tua berbicara kepada anak-anaknya, biasanya nasihat asli berasal dari ayah atau ibu yang peduli. Integritas penting dalam memastikan bahwa keluarga kita dibimbing terlebih dahulu, sebelum berkhotbah kepada orang lain.

Surah ini merangkum kebijaksanaan Luqman yang memerintahkan kita untuk peduli kepada keluarga kita dan mengarahkan perhatian kita sepenuhnya untuk membesarkan mereka dengan mengajarkan tentang iman, moralitas dan tujuan hidup.

Syukur: Lambang Kebijaksanaan

Beberapa orang mungkin tidak pasti dengan arti sebenarnya dari kebijaksanaan; mereka menggunakan kata-kata yang tidak jelas dan ekspresi muluk yang mungkin mereka mengerti atau tidak.

Namun orang-orang Arab mendefinisikan kebijaksanaan hanya dengan memiliki pengetahuan yang sesuai dan bertindak berdasarkan itu. Kebijaksanaan menurut mereka bukan tentang mengumpulkan pengetahuan tetapi juga memahami dan menerapkannya.

Kebijaksanaan Luqman memiliki pengertian praktis ini: ia berfokus pada rasa terima kasih sebagaimana diungkapkan dalam ayat:

Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu, ”Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji.” (QS. Luqman 31:12)

Saran Luqman kepada putranya:

1. Tidak ada yang disembah selain Allah:

Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, ”Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Luqman 31:13)

Semakin Anda belajar tentang Allah dan kehebatan-Nya dan merenungkan karunia-Nya, keyakinan Anda akan meningkat dan Anda akan ingat bahwa Dia memperhatikan Anda setiap saat. Jadi, Luqman mengajar putranya:

(Lukman berkata), ”Wahai anakku! Sungguh, jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya (balasan). Sesungguhnya Allah Mahahalus, Mahateliti. (QS. Luqman 31:16)

2. Hak orang tua:

Dia yang tidak berterima kasih kepada orang-orang tidak akan benar-benar berterima kasih kepada Allah dan orang-orang yang paling pantas menerima penghargaan Anda adalah orang tua Anda. Luqman di sini menekankan pentingnya berbakti kepada orangtua. Tanpa memahami dan menerapkan konsep ini, Anda tidak akan benar-benar memahami keindahan rasa terima kasih.

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu. (QS. Luqman 31:14}

Pada saat yang sama, ketika ada ketidaksepakatan antara keinginan orangtua Anda dan hak-hak Allah, pastilah Allah yang lebih utama.

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Luqman: 15).

3. Menegakkan shalat dan berdakwah membangun komunitas yang saleh

Wahai anakku! Laksanakanlah salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting. (QS. Luqman 31:17)

4. Sabar dan kuat

Dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting. (QS. Luqman 31:17)

5. Jangan sombong

Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. (QS. Luqman 31:18)

Jangan Ikuti Orang Tua secara membabi buta

Meskipun penting untuk memiliki hubungan yang kuat dan sehat dengan orangtua Anda, Surat Luqman mengingatkan untuk tidak mengikuti orangtua secara membabi buta. Meskipun berbakti kepada orangtua itu penting, itu tidak termasuk menerima keinginan mereka untuk menyimpang dari jalan yang benar.

 Dan apabila dikatakan kepada mereka, ”Ikutilah apa yang diturunkan Allah!” Mereka menjawab, ”(Tidak), tetapi kami (hanya) mengikuti kebiasaan yang kami dapati dari nenek moyang kami.” Apakah mereka (akan mengikuti nenek moyang mereka) walaupun sebenarnya setan menyeru mereka ke dalam azab api yang menyala-nyala (neraka)? (QS. Luqman 31:21)

Itu juga mengingatkan kita bahwa tidak ada anggota keluarga yang dapat memberi manfaat kepada Anda pada Hari Pengadilan:

Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutlah pada hari yang (ketika itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya, dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikit pun. Sungguh, janji Allah pasti benar, maka janganlah sekali-kali kamu teperdaya oleh kehidupan dunia, dan jangan sampai kamu teperdaya oleh penipu dalam (menaati) Allah. (QS. Luqman 31:33) [My/ tulisan Dr. Muhannad Hakeem di aboutislam.net]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
surat
luqman
nasehat
ayah
bijak
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
14 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
PARENTING
29 November 2018 13:19:11

Antara Ilmu, Iman dan Amal

 
PARENTING
03 April 2018 09:53:44

Ibu, Aku Ingin Hijrah

 
PARENTING
11 January 2020 15:23:22

Depresi pada Anak Muda akan Meningkat di Tahun 2020

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga