ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 16 Desember 2019 | 19 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
PARENTING

Pemuda-Pemuda Hebat dalam Asuhan Rasulullah

10 November 2019 10:22:32
pemuda.asuhan,rasulullah,pahlawan,anak,parenting
pexels.com

ChanelMuslim.com - Kita hidup di masa-masa sulit. Saat ini, kaum muda hanya peduli pada diri mereka sendiri. Mereka tidak menghormati orang tua mereka atau masyarakat. Mereka tidak dapat diberitahu satu hal pun. Dan mereka percaya pada kebijaksanaan mereka saja.

Ada guru menasihati malah ditertawakan. Ada guru memarahi malah dibunuh.

Dan untuk anak-anak gadis, mereka semakin berani dan maju ke hadapan orang lain dengan berpakaian yang memperlihatkan aurat mereka.

Anak-anak kita berjalan, bertindak dan berbicara seolah-olah mereka tidak memiliki konsep moralitas.

Ini adalah deskripsi tentang apa yang dipikirkan orang dewasa di abad 21 tentang anak muda. Namun, ini bukan hal baru. Para pemuda selalu memantik kemarahan orang tua mereka.

Pada abad ke-11 M,CE Peter, seorang bijak pada masanya, mengatakan sesuatu yang sangat mirip:

“Dunia melewati masa-masa sulit. Kaum muda saat ini tidak memikirkan apa pun selain diri mereka sendiri. Mereka tidak memiliki rasa hormat kepada orang tua atau usia lanjut. Mereka tidak sabar terhadap semua pengekangan. Dan mereka berbicara seolah-olah mereka tahu segalanya, dan apa yang kita anggap sebagai kebijaksanaan adalah kebodohan bagi mereka.

Adapun gadis-gadis, mereka maju, dan tidak sopan dalam berbicara, perilaku dan pakaian. "

Bahkan lebih jauh ke masa lalu, filsuf Yunani Socrates, (470-399 SM) mengeluh tentang pemuda dengan mengatakan:

“Anak-anak sekarang suka kemewahan. Mereka memiliki perilaku buruk, Menghina terhadap otoritas; mereka menunjukkan rasa tidak hormat pada orang tua dan suka mengobrol di tempat latihan. ”

Dengan demikian, tampaknya kaum muda kita tidak banyak berubah bahkan selama ribuan tahun. Namun kaum muda memang memiliki sifat-sifat lain selain dari rasa tidak hormat mereka.

Mereka penuh harapan, energik, idealis, siap menerima perubahan, dan ingin meninggalkan jejak mereka di dunia.

Mereka belum letih atau apatis dan biasanya dapat melihat sisi baik atau cerahnya pada segala kondisi.

Apa yang Akan Dilakukan Nabi?

Jika Nabi Muhammad dapat bercakap-cakap dengan pemuda pada hari ini, nasihat macam apa yang akan beliau berikan kepada mereka? Apa yang akan dia katakan kepada orangtua mereka?

Tentu saja, kita tidak memiliki cara nyata untuk mengetahui, tetapi kita dapat membuat asumsi berdasarkan apa yang kita ketahui dari tradisi dan narasi otentik melalui perjalanan hidupnya yang terekam dan riwayat-riwayat sahabat dan salafush shalih.

Pertama dan terutama, Nabi Muhammad memperlakukan orang-orang muda seolah-olah mereka memiliki sesuatu yang bisa ditawarkan kepada masyarakat.

Kita juga tahu bahwa pada masa awal Islam mayoritas pengikut Nabi Muhammad adalah kaum muda.

Kita juga tahu bahwa Nabi Muhammad memberikan banyak pekerjaan kepada kaum muda yang menurut para tokoh tua mereka dilibatkan lebih banyak tanggung jawab daripada yang mampu mereka tangani.

Beliau memberi pemuda hak yang biasanya hanya diberikan kepada pria dan wanita yang lebih tua, dan seringkali beliau memberi mereka hak atas orang tua mereka.

Beliau tidak pernah meninggalkan para pemuda atau membuat mereka merasa tidak berguna atau tidak diinginkan. Sebaliknya mereka diberi tanggung jawab penting untuk menyebarkan pesan Islam.

Karena itu, kaum muda Muslim bukanlah kaum muda biasa; mereka adalah pemimpin yang saleh.

Nabi Muhammad dapat melihat gambaran besar dan tujuannya adalah untuk menghasilkan banyak anak muda yang saleh, murah hati, dan berdaya guna.

Sayangnya saat ini kita cenderung memandang anak muda sebagai masalah. Kita hanya ingin mereka berhasil dalam upaya duniawi dan ketika mereka menunjukkan kecenderungan untuk menjadi orang yang saleh atau murah hati, kita malah memberitahu mereka untuk diam, mendapatkan nilai bagus, mencari pekerjaan bergaji tinggi dan menikah.

Tidak terlalu menginspirasi. Orang-orang muda berpikir mereka dapat mengubah dunia, dan jika diberi dorongan mereka akan melakukannya.

Nabi Muhammad akan menyarankan kita untuk mengakui dan menggunakan keterampilan kaum muda untuk memberikan keuntungan terbaik bagi masyarakat.

Pemuda-Pemuda Hebat dalam Asuhan Rasulullah

Sahabat para Pemuda

Pada usia tujuh belas tahun, Usamah bin Zaid dipilih untuk memimpin pasukan Muslim. Di bawah komandonya ada orang-orang seperti Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Muadz bin Jabal diangkat menjadi wakil Nabi Muhammad SAW pada penaklukan Mekah. Dia menghabiskan banyak waktu di perusahaan Nabi dan menjadi seorang sarjana dan ahli hukum yang hebat. Pada usia masih muda dua puluh tujuh ia diangkat menjadi gubernur Yaman.

Nabi Muhammad mampu melihat yang terbaik pada diri kaum muda dan berharap untuk masa depan yang lebih cerah bagi mereka.

Dia menyarankan pengikutnya untuk tidak membunuh anak-anak muda penyembah berhala. Dan dia sangat berharap anak-anak muda ini akan menerima Islam.

Dia akan, tanpa ragu, menasihati kita hari ini bahwa remaja adalah masa emas dalam kehidupan seseorang. Ini adalah waktu bagi anak muda untuk memilih jalan. Dan dengan segala dukungan, mereka akan memilih jalan kebenaran.

Berbekal pengetahuan yang benar, pemuda Muslim dapat bekerja tanpa lelah untuk Islam karena mereka memiliki energi dan keberanian tanpa batas.

Nabi Muhammad menekankan pentingnya saat ini dalam kehidupan seseorang dan, tidak diragukan lagi, akan menyarankan kita untuk mendukung dan mendorong kaum muda.

Beliau memberi tahu kepada kita bahwa pada hari Penghakiman aka nada tujuh kelompok orang yang akan mendapatkan kelapangan di tempat teduh yang disediakan oleh Allah, kelompok kedua adalah pemuda yang menghabiskan waktunya  untuk beribadah kepada Allah [HR. Bukhari Muslim].

Dia juga menyarankan kepada para pengikutnya, dan pada gilirannya kaum muda hari ini, untuk memanfaatkan waktu mereka sebelum terlambat, dan kesehatan yang buruk serta usia tua yang akan segera datang. [HR. Imam Ahmad].

Pemberdayaan Wanita Muda

Nabi Muhammad hampir pasti akan menyarankan kita untuk tidak melupakan wanita muda. Saat ini, mereka sering tidak didorong untuk menjadi ambisius dan berpengetahuan luas, tetapi pada masa awal Islam, mereka memainkan peran yang vital dan penting.

Asma, putri Abu Bakar, memainkan salah satu peran paling berani dalam hijrah Nabi dari Mekah.

Dan saudara perempuannya, istri Nabi Muhammad, Aisya, adalah seorang ahli ilmu dan ahli hukum yang dihormati pada usia dua puluh.

Ibnu Abbas adalah pemuda yang sangat dihormati, dia baru berusia tiga belas tahun ketika Nabi Muhammad wafat.

Namun, hanya beberapa tahun kemudian, Umar bin Al Khattab berkonsultasi dengannya di hadapan Muslim yang lebih tua dan lebih senior.

Di antara para komandan militer yang memimpin Muslim ke Irak, Persia, Mesir, Afrika Utara, dan Spanyol ada beberapa di bawah usia empat puluh. Dan Muhammad bin Qasim menaklukkan Sind, di India, ketika dia baru berusia tujuh belas tahun.

Nabi Muhammad memanfaatkan keterampilan kaum muda. Dia mendorong mereka untuk totalitas dan pada akhirnya anak-anak muda ini berhasil menjadi orang-orang besar. {Maya/sumber: Aboutislam.net}

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
pemuda.asuhan
rasulullah
pahlawan
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
12 July 2019 23:57:56

10 Masalah Umum Parenting dan Cara Mengatasinya

 
PARENTING
10 November 2019 10:22:32

Pemuda-Pemuda Hebat dalam Asuhan Rasulullah

 
PARENTING
29 November 2019 14:08:22

Ibuku Membenciku, Aku Ingin Bunuh Diri

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284