ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 22 November 2019 | 25 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Merencanakan Keuangan Untuk Pendidikan Anak

13 March 2018 17:55:01
#parenting #keuangan #finance #ayahbunda #islam
pexels.com

ChanelMuslim.com - Orangtua memiliki cita-cita ingin menempatkan anak-anaknya di sekolah terbaik dari yang terbaik. Sayangnya, keinginan hanya sekadar keinginan, bila tidak segera diwujudkan. Berapa pun usia anak sekarang, Anda sebaiknya mulai menyisihkan pendapatan bulanan untuk pendidikannya kelak. Jangan menunda-nunda untuk mempersiapkan dana untuk pendidikan anak.

Biaya pendidikan di Indonesia semakin lama semakin mahal terutama jika Ayah Bunda menginginkan pendidikan dengan kualitas tinggi bagi putra putri kebanggaan Anda. Membiayai pendidikan untuk anak harus direncanakan dan dipersiapkan sejak awal agar orang tua tidak kewalahan nantinya.

Bagaimana melakukan perencanaan keuangan untuk pendidikan anak? Menurut Eko Wisnu W. - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, langkah pertama tentukan target tujuan pendidikan anak, misalnya apakah akan sekolah di dalam negeri atau bahkan sekolah di luar negeri. Perkirakan biaya pendidikannya nanti pada saat usia anak kita masuk sekolah. Selanjutnya, lihat kemampuan finansial kita saat ini, berapa yang bisa kita sisihkan secara periodik hingga akhirnya ketika tiba waktunya bisa memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak kita.

“Contoh biaya masuk UI sepuluh tahun yg akan datang kita perkirakan 120 juta sampai lulus. Itu artinya setiap tahun kita harus bisa menyisihkan 12 juta atau 1 juta setiap bulannya. Jika kita hanya bisa menyisihkan 900 ribu sebulan, agar 10 tahun lagi dana pendidikannya mencukupi, kita harus cari investasi yg dapat memberikan imbal hasil sekitar 10%. Semakin sedikit yang bisa kita sisihkan, semakin besar imbal hasil yg harus kita cari,” sambung pria yang biasa dipanggil Eko ini.

Kita juga bisa merencanakan keuangan dengan cara lain yang lebih mudah seperti berinvestasi di tabungan berencana untuk pendidikan. Masih menurut Eko, kita menyisihkan dana sesuai kemampuan kita. Setelah 10 tahun kita tinggal menutup kekurangannya dari sumber dana lain. Kelebihannya tabungan semacam ini biasanya memiliki fitur asuransi sehingga ketika penanggung tutup usia, pihak bank atau asuransi tetap akan memenuhi sejumlah klaim untuk biaya pendidikan si anak.

Selain menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung sebagai dana pendidikan anak, kita juga bisa merencanakan keuangan dengan cara lain seperti membeli asuransi pendidikan syariah atau melakukan investasi-investasi yang memiliki keuntungan jangka panjang seperti investasi properti misalnya. Dengan merencanakan biaya pendidikan sejak dini, pendidikan anak akan lebih terjamin. (Maya Agustiana)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
parenting
keuangan
finance
ayahbunda
islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
31 October 2019 10:43:21

Anakku Punya Pacar

 
PARENTING
21 October 2019 13:23:48

Mengasuh Anak Ketika Orang Tua Sibuk Bekerja (Bag. 1)

 
PARENTING
12 February 2018 09:45:51

Pillow Talk, Obrolan Menjelang Tidur

 
PARENTING
18 May 2019 07:50:33

Menjadi Teladan untuk Anak Beranjak Remaja

 
PARENTING
08 March 2018 14:30:19

Apa Kabar Ayah?

Event Jakarta Fashion Trend 2020 is Coming!
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284