ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Mengajari Anak Berkompetisi yang Sehat

19 June 2019 08:30:02
kompetisi,sehat,anak,parenting
pexels.com

ChanelMuslim.com - Mengajarkan kontrol kepada anak yang sangat kompetitif bukanlah tugas yang mudah bagi orangtua yang anak-anaknya  memiliki daya persaingan yang tinggi. Membesarkan anak yang kompetitif membutuhkan keterampilan pengasuhan yang cerdas. Ada beberapa saran bagaimana mengajari anak untuk mengikuti kontes dan mengambil bagian kontes secara produktif daripada menjadi sangat kompetitif.

1. Menyalurkan semangat mereka dengan benar

Ajari anak untuk menikmati apa yang mereka lakukan sambil menanamkan nilai bahwa mereka dapat melakukan hal yang lebih dari sekedar menang dengan bakat yang mereka miliki. Mereka bisa menjadi bagian dari tim, berteman, dan bersenang-senang.

2. Kembangkan kepemimpinan yang baik pada anak

Minta anak untuk mengajar orang lain. Ini akan membantu anak merasakan pencapaiannya sendiri, dan mereka termotivasi untuk melakukannya dengan baik untuk memberikan contoh yang tepat.

3. Berikan penguatan yang positif dan hargailah mereka

Hargai kekuatan anak. Dorong mereka untuk bekerja pada kekuatan mereka dan cukup merangsang mereka untuk ingin menjadi lebih baik. Beri tahu mereka bagaimana usaha mereka lebih penting daripada hasilnya.

4. Ajari mereka untuk kalah dengan elegan

Tunjukkan cinta dan dukungan tanpa syarat kepada anak ketika mereka kalah. Ini akan membantu mereka untuk tampil anggun. Ingatkan kembali bahwa berusaha lebih penting daripada menang. Kerendahan hati dan berpikir positif perlu menjadi prioritas utama bagi anak.

5. Dorong nak-anak untuk memperluas cakrawala mereka

Minta anak untuk mencoba tantangan baru. Seringkali anak-anak takut untuk mengerjakan tugas baru karena takut gagal. Bantu mereka memahami bahwa jika mereka tidak berani mencoba, mereka tidak akan pernah tahu apa yang saja yang sudah mereka kuasai.

6. Sebut perilaku negatif

Jika anak melempar iPad-nya dengan kasar atau berteriak pada tali sepatu karena dia tidak bisa mengikatnya, maka bicaralah pada mereka bahwa hal itu bukanlah perilaku yang baik.

7. Bantu mereka memprioritaskan apa yang perlu mereka capai

Pastikan anak-anak tidak melakukan apapun lebih dari yang bisa mereka tangani. Ajari anak untuk memprioritaskan hal-hal dengan tepat. Itu lebih bijak dari pada membuat anak mengerjakan beragam hal tapi tidak tepat sasaran.

8. Jangan mendorong agenda orangtua pada anak

Ingatlah bahwa anak memiliki kehidupannya sendiri. Ini melibatkan aspirasi, hal yang disukai dan tidak disukai yang berbeda dari orangtua. Jangan memaksakan agenda Anda pada anak meski Anda berpikir hal itu tepat untuk mereka.

Sangat penting untuk mencapai keseimbangan agar anak tidak berkecil hati karena persaingan dan juga tidak menjadi perfeksionis dan hiper-kompetitif. Tetapkan standar yang tepati pada anak sehingga mereka berkembang menjadi orang yang berprestasi yang menghargai persaingan yang sehat dan tahu kapan harus menerima kekalahan dengan elegan. [Maya]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kompetisi
sehat
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
04 April 2019 18:00:02

Bagaimana Menjadi Ayah yang Baik bagi Putri Anda

 
PARENTING
04 April 2018 20:59:30

Kenapa Anakku Kurang Percaya Diri?

 
PARENTING
12 March 2018 16:07:17

Kesalahan Finansial untuk Kebutuhan Anak

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284