ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 30 Oktober 2020 | 14 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Mendampingi Anak Menghadapi Zamannya

07 October 2020 06:32:11
anak,remaja,menghadapi,zaman,bersama,orangtua
pexels.com

ChanelMuslim.com - Anak muda sering kali percaya bahwa orangtua tidak memahami mereka. Pemuda Muslim harus mengembangkan identitas Muslim mereka sambil sibuk tumbuh menjadi orang dewasa. Bagi mereka, dunia mereka adalah tempat unik yang hanya dipahami oleh orang seusia mereka. Orangtua hanyalah orang luar yang hanya bisa mengetahui dunia mereka sesuai apa yang diberitahu kepada mereka dan sesua dengan apa yang mereka lihat.

Dari mengerjakan segala hal terkait sekolah hingga mengelola ruang sosial mereka, kaum muda belajar beradaptasi untuk berkembang. Namun, kemampuan beradaptasi yang sama yang dapat membawa kesuksesan remaja juga dapat menyebabkan hancurnya salah satu hubungan terpenting mereka — hubungan mereka dengan orangtua.

Akibatnya, banyak pemuda Muslim yang cenderung menjalani kehidupan ganda, kehidupan di rumah berbeda dengan kehidupan di luar rumah. Hal ini mereka lakukan agar tidak terjadi bentrok dengan orangtua. Inilah beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi masalah ini:

Perbedaan Budaya

Pemuda yang dibesarkan di negara-negara yang populasi Muslimnya bukan mayoritas akan menghadapi tantangan khusus. Mereka mungkin mencoba untuk mempertahankan identitas Muslim mereka dalam budaya dengan nilai-nilai sekuler atau bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam.

Penting untuk membantu kaum muda sejak usia dini untuk mengetahui bahwa mereka tidak harus menerima norma budaya yang mereka tinggali — terutama jika mereka tidak Islami. Tekankan bahwa mereka adalah bagian dari lingkungan tetapi tidak harus mengambil bagian di dalamnya. Hal ini dapat mengurangi perasaan terbelah antara dua dunia. Mereka tidak perlu menampilkan diri mereka dengan satu cara di komunitas Muslim dan cara lain di komunitas yang berbeda.

Perbedaan Generasi

Banyak anak muda Muslim terinspirasi oleh apa yang sedang trendi dan popular. Tren ini mungkin dianggap keren dan bergaya, tetapi generasi Muslim yang lebih tua mungkin menganggap tindakan dan pakaian kaum muda ini tidak sopan.

Daripada cepat-cepat melarang, pertimbangkan untuk berkompromi. Pertama, dengarkan apa yang ingin mereka capai. Kemudian, temukan solusi yang Anda berdua sepakati. Ini akan mengurangi kemungkinan remaja diam-diam menyelinap untuk melakukan hal-hal tertentu atau mengenakan pakaian tertentu.

Media Sosial

Ada begitu banyak aplikasi media sosial yang tersedia sehingga orangtua harus berusaha setidaknya membiasakan diri dengan aplikasi yang paling sering digunakan oleh anak-anak mereka. Mudah bagi kaum muda untuk mengembangkan citra personanya secara online yang sengaja diproyeksikan untuk menampilkan citra diri yang sempurna yang mereka ingin dipercayai oleh orang lain.

Untuk membantu remaja kita menghindari kehidupan ganda, berikan perhatian yang tulus pada hal-hal yang mereka katakan dan hal-hal yang mereka lakukan. Tunjukkan bahwa Anda adalah pendengar yang unggul melebihi siapa pun dari yang mereka temukan di media sosial. Dapatkan kepercayaan mereka sehingga mereka merasa nyaman berada di dekat Anda.

Sebagai orang tua, seberapa baik kita berkomunikasi dengan anak-anak kita dapat menjadi pembeda antara mereka menjalani kehidupan ganda dan mereka merasa nyaman menjadi diri sejati mereka yang sebenarnya. Setiap hari baru yang Allah swt izinkan untuk kita lihat adalah kesempatan baru untuk mendengarkan anak-anak kita tanpa menghakimi dan berbicara dengan penuh rasa cinta. [My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
anak
remaja
menghadapi
zaman
bersama
orangtua
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
06 February 2020 08:33:23

Dampak Parenting yang Buruk Pada Anak

 
PARENTING
06 March 2018 06:00:01

Rahim Yang Penuh Cinta

 
PARENTING
22 September 2019 21:30:03

Konsep Laki-laki dan Pendidikan Keluarga

 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284