ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 03 Juni 2020 | 12 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Mari Kurangi Sampah Makanan di Bulan Ramadhan

16 May 2019 19:41:03
kurangi,sampah,makanan,ramadhan
pexels.com

ChanelMuslim.com – Apa yang paling ditunggu umat Islam di bulan Ramadhan? Apalagi jika bukan saat berbuka puasa. Di Indonesia ada kebiasaan ngabuburit untuk mengambarkan kegiatan umat Islam yang menunggu waktu berbuka tiba. Ngabuburit biasanya diisi dengan kegiatan jalan-jalan sambil membeli kudapan untuk berbuka.

Di sepanjang jalan kita melihat aneka gorengan, lontong, kolak, bubur sumsum dan berbagai makanan manis lainnya, dan tidak ketinggalan es buahnya dijajakan oleh pedagang. Begitu tiba di rumah, makanan yang kita beli saat ngabuburit bertemu dengan makanan hasil masakan ibu di rumah.

Begitu adzan berkumandang, segelas teh manis hangat tandas diminum. Kemudian gorengan dan lontong langsung dimakan. Kedua makanan itu terasa nikmat jika dimakan bersama saus kacang yang pedasnya aduhai. Setelah itu perut langsung terasa penuh, padahal masih ada kolak pisang dan nasi beserta lauk pauk yang sedang menunggu untuk dimakan.

Kita minta izin kepada ibu untuk menikmati masakannya nanti selepas shalat magrib. Lalu sesi kedua pun kita lakukan hingga perut terasa semakin penuh. Shalat isya dan taraweh dilakukan sambil menahan sebah di perut.  

Sepulang shalat taraweh, kantuk menjadi. Kita pun pergi tidur meninggalkan semangkuk kolak dan gorengan yang masih tersisa. Begitu seterusnya setiap hari. Tanpa sadar di bulan Ramadhan kita malah lebih sering membuang makanan.

Kebiasaan membuang makanan tentunya berseberangan dengan konsep Ramadhan. Pada saat Ramadhan kita diharapkan ikut merasakan bagaimana saudara-saudara kita di belahan bumi lain atau bahkan tetangga kita sendiri menahan lapar karena kekurangan atau bahkan tidak punya bahan makanan.

Kebiasaan membuang makanan pun termasuk pada sikap membuang-buang harta yang tidak disukai oleh Allah.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah meridlai tiga hal bagi kalian dan murka apabila kalian melakukan tiga hal. Allah ridha jika kalian menyembah-Nya dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, dan (Allah ridla) jika kalian berpegang pada tali Allah seluruhnya dan kalian saling menasehati terhadap para penguasa yang mengatur urusan kalian. Allah murka jika kalian sibuk dengan desas-desus, banyak mengemukakan pertanyaan yang tidak berguna serta membuang-buang harta.” (HR. Muslim)

Sebenarnya tidak ada yang berbeda dari pola konsumsi kita di hari biasa dengan hari-hari Ramadhan. Hanya berbeda waktu makan. Yang biasanya sarapan kita ganti dengan bersahur. Yang biasanya makan malam, kita ganti dengan berbuka. Kita hanya mengurangi waktu makan di siang hari. Karena itu juga seharusnya tingkat konsumsi kita bisa lebih hemat dari hari-hari biasa dan kita bisa menerapkan gaya hidup lebih sehat.

Pola konsumsi ini adalah gaya hidup yang sebaiknya diterapkan dalam setiap rumah tangga. Gaya hidup berawal dari kebiasaan-kebiasaan yang kita terapkan di dalam keluarga. Untuk itu mari kita ikuti gaya rasulullah berbuka dengan 5 -7 butir kurma dan segelas air. Lepas magrib baru kita makan masakan ibu tercinta. Dengan begitu hidup lebih hemat dan sehat. Ibu pun bahagia dan keluarga menjadi berkah. In syaa Allah. [Maya]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kurangi
sampah
makanan
ramadhan
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
22 November 2018 09:04:42

Kerinduan Bilal pada Rasulullah

 
PARENTING
20 September 2018 11:05:30

Cinta Allah kepada Seorang Ibu

 
PARENTING
24 November 2018 11:02:26

Ayah, Aku membutuhkanmu

 
PARENTING
17 February 2019 23:44:59

Mengenal Kecerdasan Majemuk pada Anak

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284