ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 19 November 2019 | 22 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Ibu, Aku Ingin Hijrah

03 April 2018 09:53:44
#parenting #ayah #bunda #anak #islam
pexels.com

ChanelMuslim.com - Suatu hari kakak berkata, "Ibu aku ingin hijrah."

Ibunya cuma bilang, "Bagus, Nak."

Berhari-hari mencari peluang untuk bicara pada kakak tentang makna hijrah. Hingga suatu ketika, saat shalat isya berdua saja, ibu membaca

اللَّهُ وَلِيُّ الَّذِينَ آمَنُوا يُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۖ وَالَّذِينَ كَفَرُوا أَوْلِيَاؤُهُمُ الطَّاغُوتُ يُخْرِجُونَهُمْ مِنَ النُّورِ إِلَى الظُّلُمَاتِ ۗ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Allah pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya adalah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan. Mereka adalah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al Baqarah : 257)

Selesai shalat ibu bilang, "Hijrah itu maknanya kita mengambil Allah sebagai pelindung kita. Bagaimana Allah menjadi pelindung kita adalah saat Allah telah ridho kepada kita. Kita pun masuk surga karena keridhoan Allah bukan karena panjangnya jilbab kita atau banyaknya amal ibadah serta ilmu kita. "

"Yang kedua, jagalah adab sebelum ilmu. Tidak ada artinya ilmu tanpa akhlak, tanpa santun. Tidak baik jika kakak sudah menjaga penampilan kakak dan beribadah yang banyak tapi akhlak terhadap orang lain buruk. Ingatlah doa-doa orang yang terzalimi karena kita akan langsung didengar Allah, maka itu akan membuat kita merugi karena pahala amalan kita akan terpotong karena ketidak ridhoan orang lain. Rasulullah pun berkata, "Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak." (HR. Bukhari dalam shahih Bukhari kitab adab, Baihaqi dalam kitab syu’bil Iman dan Hakim).

"Jadi intinya terus mengingat Allah ya, Bu."

"Iya, selanjutnya bersyukur karena rasa syukur akan menjaga kakak untuk terus ingat pada Allah. Kata Allah, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari nikmatku, maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim : 7)

"Kak, tetap lah berpegang teguh pada Allah, Rasulullah dan orangtua ketika mereka taat pada Allah. Karena orangtua yang taat tidak ingin anaknya terjerumus ke lubang berbahaya. Seperti saat Rasulullah berdakwah agar umatnya selamat dari api neraka."

Kisah di atas adalah nasihat seorang ibu untuk anaknya. Ketika hati anak dipenuhi keinginan untuk berubah menjadi baik dan gelisah untuk segera memulainya, ini adalah saat yang tepat untuk memberikan beberapa nasihat yang berisi prinsip-prinsip dalam kehidupannya sebagai muslim. Dengan terus berdialog dan mendekatkan hati serta berdoa untuk mereka, in sya Allah hati-hati yang masih murni ini akan menerima pesan-pesan ayah bundanya dengan hati yang lapang. Semoga Allah menjaga hati-hati ini untuk tetap berada dalam jalan keimanan. Aamiin. (Maya Agustiana)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
parenting
ayah
bunda
anak
islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
26 May 2018 20:00:17

Matang di Usia Akil Balig

 
PARENTING
08 April 2019 08:10:56

Bagaimana Menjadi Ayah bagi Anak Laki-Laki Anda

 
PARENTING
05 January 2019 07:40:29

Mengasah Kemampuan Anak, Bakat Saja Tidak Cukup

 
PARENTING
15 October 2019 22:44:49

Seni Mendidik dalam Kisah Guru dan Murid Pencuri

 
PARENTING
25 October 2018 12:02:52

Sinetron Azab Ditegur KPI karena Tak Beretika

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284