ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 05 Desember 2020 | 20 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Hari Tanpa Gawai, Mungkinkah?

20 November 2020 08:14:15
hari,tanpa,gawai,gadget,parenting
pexels-Karol D

ChanelMuslim.om - Terlepas dari apakah masih ada cukup bukti bahwa memberikan waktu bergadget pada anak-anak akan membuat mereka ketagihan, kami yakin Anda tidak ingin anak-anak Anda membuktikan hipotesis ini dengan benar! Jika si kecil Anda sudah terbiasa dengan TV atau ponsel cerdas Anda, terapkan langkah-langkah perbaikan ini sedini mungkin.

1. Masukan gadget ke dalam peti es!

Meskipun efek dari sepenuhnya melarang waktu bergadget dapat bertahan selama seminggu atau lebih (dan ya, Anda akan segera mendapatkan penolakan yang parah seperti tantrum tiada henti), tindakan ini dapat memberikan efek yang lebih baik daripada cara lain dalam jangka panjang. Dr Prakash menyarankan tindakan ini berdasarkan pengalaman, yang dia ungkapkan telah berhasil membuat anak-anak tidak kecanduan layar. Namun, hal ini tidak boleh dianggap sebagai hukuman bagi anak tersebut. Jika ada, ini seharusnya memberinya kesempatan untuk merasa bosan, yang kemudian akan memaksanya untuk menggunakan imajinasinya dan memanfaatkan waktunya dengan cara lain. Anda selalu dapat menggunakan kesempatan ini untuk menjalin ikatan dengan anak Anda dengan metode mendongeng, menyanyikan lagu, atau melakukan permain zaman dulu.

2. Jauhkan dia dari gadget, sedikit demi sedikit.

Jika menarik gadget secara penuh terasa terlalu sulit, jauhkan anak dari gadget secara perlahan, sedikit demi sedikit. Namun, pastikan Anda melakukan ini dengan sangat ketat. Ketika satu jam perlu dikurangi menjadi setengah jam, pastikan rengekan dan tangisan anak Anda tidak membujuk Anda untuk membiarkan dia memiliki beberapa menit tambahan waktu!

3. Berhenti menggunakan ponsel pintar untuk mengalihkan perhatian anak Anda.

Menggunakan gadget untuk mengalihkan perhatian anak cerewet yang tidak akan mematuhi Anda atau agar dia mau memakan apa yang ada di piringnya memang cukup membantu. Tapi justru perilaku inilah yang perlahan-lahan berkembang dari waktu ke waktu menjadi kebiasaan, menyebabkan anak-anak membalas dengan kembali cerewet dan tidak mau makan saat permintaan memegang gadget ditolak. Sekali lagi, gunakan metode tradisional untuk menghibur anak Anda atau menarik perhatian mereka, sambil menyingkirkan ponsel pintar.

4. Hubungkan apa yang dia lihat dengan dunia nyata.

Jelas tidak mungkin untuk menjaga anak Anda tetap terlindungi dari gadget selamanya, tetapi yang dapat Anda kontrol adalah apa yang dia tonton. Pastikan anak Anda mengonsumsi konten berkualitas saat sedang memgang ponsel pintar atau saat menonton TV, dan jika memungkinkan, coba dan bangun koneksi ke lingkungannya. Misalnya, Anda dapat menunjukkan kepadanya berbagai buah dan sayuran yang dia lihat pada acara memasak, memerankan tokoh di film atau lagu favoritnya, dan sebagainya.

5. Jauhkan layar dari kamar tidur.

Biarkan si kecil menjalankan tidur yang dia butuhkan untuk perkembangannya. Kurangi konsumsi digital setidaknya satu jam sebelum tidur dan pastikan tidak ada jenis layar di kamar tidurnya (atau milik Anda, jika Anda tidur bersama). Dan bagi Anda yang memikirkan tentang alarm yang Anda setel di ponsel, jam alarm lama juga bisa berfungsi dengan baik untuk itu!

6. Tentukan sendiri batas waktu gadget!

Kita semua tahu bahwa anak-anak belajar melalui observasi, sehingga dapat dengan mudah membingungkan anak Anda mengapa dia dilarang mengonsumsi media digital, padahal aturan yang sama tidak berlaku untuk Anda! Para orangtua, waktu layar yang berlebihan dapat memengaruhi Anda seperti halnya anak-anak Anda (jika Anda pernah merasakan ponsel bergetar di saku atau tas Anda bahkan ketika tidak ada, Anda akan sadar jika Anda sudah ketagihan!), Jadi mengatur sendiri batas itu penting. Ada aplikasi yang dapat Anda instal yang akan mengingatkan Anda ketika Anda mencapai batas yang Anda tentukan, atau cukup menyisihkan ponsel Anda setelah berada di rumah untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak. Selain itu, batas waktu bergadget jangan hanya untuk beberapa jam, mengapa tidak membiasakan Hari Tanpa Layar atau menjauhi layar sama sekali? Setelah Anda mencobanya, kami yakin Anda akan lebih sering menerapkannya!

7. Manjakan diri dalam aktivitas fisik.

Sekali lagi, ini bukan hanya untuk anak Anda, tetapi untuk diri Anda sendiri! Gaya hidup kita yang sibuk tidak banyak bergerak, yang mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita juga. Dan tentu saja, untuk membimbing anak Anda lebih baik dengan memberi contoh, penting baginya untuk melihat Anda menjalankan latihan harian Anda tanpa bergadget juga. Sedangkan untuk anak Anda, bawa dia ke taman atau ruang terbuka lainnya, minta dia berinteraksi dengan anak-anak lain, dan biarkan dia menikmati waktu berkualitas tanpa menerima instruksi dari siapa pun.

8. Terapkan pada diri Anda dulu.

Dr Yadav, Seorang psikiater dariNew Delhi mengemukakan hal ini dengan cukup sederhana - Anda tidak dapat memperbaiki atau mendisiplinkan anak Anda jika Anda tidak memperlakukan hal yang sama pada diri sendiri terlebih dahulu. Dia menyarankan orang tua untuk terlebih dahulu menghilangkan stres melalui tindakan self healing dan bahkan terapi, sehingga mereka tidak melampiaskannya pada anak-anak dengan cara apa pun. Demikian pula, terapi adalah sesuatu yang juga harus Anda pertimbangkan untuk anak Anda jika ia menunjukkan gejala perilaku yang parah yang juga Anda curigai karena ketagihan gadget.

Gadget memang memiliki sisi positifnya, asalkan digunakan dengan cara dan waktu yang benar. Sayangnya gadget tidak dapat mengganti pelajaran yang dapat diberikan oleh pengalaman dalam kehidupan nyata. Gadget malah mendorong anak-anak masuk ke dalam lubang kelinci yang lebih membuat mereka menginginkan lebih banyak waktu bergadget. Kalau sudah begini daftar masalah yang akan muncul semakin panjang.

Pastikan Anda menyadari sepenuhnya konten yang dikonsumsi anak Anda setiap kali dia menjatuhkan dirinya di depan gadget. Selain itu, pastikan dia tidak selalu berada di depan gadget. Buat mereka dengan kesadaran sendiri bergegas keluar untuk melakukan pembelajaran di dunia nyata! Jangan lupa, menjauh dari gadget secara berkala juga berlaku untuk Anda; bagaimanapun juga, itu akan menguntungkan Anda dan anak-anak Anda!

Jika Anda berpikir satu hari jauh dari gadget tampaknya hampir tidak mungkin, pikirkan lagi! Ribuan ibu berjanji untuk mencoba dan menyelesaikan hanya SATU hari tanpa gadget untuk anak-anak mereka. Jika Anda ingin bergabung, yang harus Anda lakukan adalah menerima tantangan dan bergabung dengan 'Tantangan Tanpa gadget'. [My/firstcryparenting]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
hari
tanpa
gawai
gadget
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
24 May 2018 12:08:36

Agar Anak Mendirikan Shalat

 
PARENTING
29 November 2019 18:17:15

Ibu Bahagia, Anak Betah di Rumah

 
PARENTING
30 July 2019 15:10:50

11 Tips Berhaji Bersama Anak-Anak

 
PARENTING
11 April 2018 07:00:01

Hinanya Anak yang Hidup dengan Celaan

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284