ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 04 Juni 2020 | 13 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Ayah Bunda, Inilah 6 Manfaat Berkisah untuk Ananda

02 February 2018 14:37:48
parenting, berkisah
The Boyhood of Raleigh by Sir John Everett Millais, 1870.

ChanelMuslim.com-Kebiasaan berkisah merupakan aktivitas yang sudah kita kenal bahkan sejak zaman purbakala. Bayangkan saja bagaimana nenek moyang kita menceritakan kisah-kisah tentang hewan, tumbuhan dan peristiwa-peristiwa alam yang terjadi pada anak cucu mereka. Maka terciptalah lukisan purba di gua Leang-leang, maros, Sulawesi.

Apa yang terjadi saat ini? Kebiasaan berkisah para pendahulu kita tergantikan oleh televisi dan gadget. Padahal televisi dan gadget bisa melumpuhkan kemampuan sosial kita. Sangatlah tidak bijaksana jika Ayah Bunda sudah memberikan gadget pada anak di usia dini. Itu akan merampas hak-hak mereka untuk mendapatkan pengalaman mengeksplorasi kemampuan motorik dan masa bermain mereka dengan alam.

Para psikolog dan pakar literasi bersepakat jika berkisah mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan anak. Ada  enam manfaat yang bisa Ayah Bunda berikan kepada ananda saat ayah bunda berkisah

1. Meningkatkan kemampuan literasi

Belajar membaca sesuai usianya adalah penting, Berkisah memberikan rangsangan awal pada anak untuk mau belajar membaca. Kemampuan membaca membuka jendela untuk memiliki kemampuan literasi. Kita semua tahu jika beberapa penelitian memperlihatkan orang-orang yang tidak mempunyai kemampuan literasi yang baik akan mengalami kesulitan pada proses belajar dan lebih jauh akan sulit menemukan passionnya atau mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain.

2. Meningkatkan tingkat konsentrasi.

Menurut Tina Bilbe dari Society for Story Telling, anak-anak yang sejak dini terbiasa dikisahkan cerita akan mempunyai tingkat konsentrasi yang lebih baik dibanding anak-anak yang tidak pernah atau jarang dikisahkan cerita. “Ketika masuk usia sekolah, mereka juga lebih siap untuk mendengarkan guru dan berkonsentrasi pada apa yang diajarkan guru.”

3. Membuka jendela pengetahuan.

Ketika Ayah Bunda berkisah kepada ananda baik itu kisah fiksi atau non fiksi, akan membuka jendela pengetahuan ananda. Anak-anak dalam usianya yang masih muda, lingkungannya pun sangat terbatas. Dari rumah ke sekolah kemudian pulang lagi ke rumah. Begitu seterusnya. Berkisah memberikan gambaran kepada ananda tentang dunia yang luas, semesta yang indah, orang-orang yang hebat, atau makhluk-mahkluk kecil di sekitar mereka  yang tidak pernah mereka sadari. Semua hal yang kita kisahkan kepada anak-anak akan membuka mata mereka tentang dunia dan kehidupan. Hidup dan dunia mereka menjadi terasa begitu kaya.

4. Membantu untuk menghadapi dunia nyata.

Berkisah mampu menolong ananda untuk menghadapi kenyataan hidup atau realitas di sekitarnya yang harus mereka hadapi setiap hari. Penelitian menemukan fakta jika aktivitas otak kita ketika kita membaca kisah fiksi sama halnya seperti mengalami sendiri. Jadi membaca tentang beragam situasi akan membantu anak-anak untuk mempelajari bagaimana caranya mengatasi sebuah situasi dalam kehidupan nyata.

5. Membuat ananda lebih ramah pada orang lain.

Semakin mengejutkan saat kita mengetahui efek berkisah bagi kemampuan sosial anak-anak. Penelitian juga menemukan fakta, anak yang sering dikisahkan cerita oleh orangtuanya lebih mudah mengerti orang lain. Mereka akan lebih menampakkan rasa empatinya. Mereka lebih mengerti jika orang lain bisa jadi mempunyai pemikiran dan perasaan yang berbeda.

6. Menguatkan “Bonding” antara Ayah Bunda dan ananda.

Ketika Ayah Bunda berkisah kepada anada maka akan menguatkan ikatan antara Ayah Bunda dengan ananda. Akan menguatkan perasaan kasih dan sayang yang melahirkan kepercayaan dan kenyamanan. Selain itu, dalam tubuh ananda akan muncul hormone oktitosin atau hormon cinta yang menjadi penyebab munculnya segala kemampuan kebaikan ananda.(MA) 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
parenting
berkisah
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
08 March 2018 14:30:19

Apa Kabar Ayah?

 
PARENTING
25 June 2018 09:00:52

Menjaga “Manners” Anak-anak Kita

 
PARENTING
18 January 2019 10:28:19

Mengapa Menjadi Ibu Rumah Tangga Begitu Melelahkan?

 
PARENTING
13 February 2020 19:32:22

Ayah Galau

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284