ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Akankah Putraku Berhenti Mengompol?

04 September 2020 09:00:01
parenting,mengompol,berhenti
pixabay/pexels

ChanelMuslim.com – Seorang ibu merasa khawatir dengan putranya. “Saya memiliki seorang putra berusia 12 tahun yang masih mengompol. Tidurnya terlalu nyenyak dan saya pikir itu mungkin masalahnya.”

“Saya sedikit gugup untuk memberinya pil yang diresepkan oleh dokter karena menurut saya kita tidak membutuhkan lebih banyak obat dalam tubuh kita daripada yang diperlukan.”

“Apakah anak saya akan berhenti mengompol? Apakah ada solusi yang bisa saya coba?”

Mengompol adalah masalah yang sangat umum dan memengaruhi antara lima hingga enam juta anak.

Sayangnya, kebanyakan dari anak-anak itu dan orang tua mereka merasa ada sesuatu yang salah secara emosional; bahwa mereka pasti menderita karena harga diri yang rendah, trauma, atau stres dalam hidup mereka. Namun, dalam banyak kasus, ini tidak benar.

Mengompol, atau nocturnal enuresis, dapat dibagi menjadi dua jenis: 1-primary nocturnal enuresis dan 2-secondary nocturnal. Kedua jenis ini sangat berbeda dalam penyebab dan perawatannya.

Primary Nocturnal Enuresis (PNE) di mana anak-anak tidak pernah mencapai kendali penuh di malam hari, selalu mengompol setidaknya dua kali sebulan.

Penyebabnya bukanlah stres atau masalah perilaku. PNE sering diwariskan. Jika kedua orang tua mengompol, 77% dari anak-anak mereka akan menjadi (vs. 44% jika hanya satu orang tua yang memiliki PNE selama masa kanak-kanak).

Jika tidak ada orang tua yang mengompol, hanya sekitar 15% anak mereka yang akan mengompol. Perawatan untuk PNE meliputi:

1-Menunggu: Jika salah satu orang tua mengompol sampai usia 15 tahun, anak akan melakukan hal yang sama.

2-Terapi perilaku: Ini termasuk program motivasi, imajinasi terpandu, hipnosis, terapi kondisi (alarm mengompol). Juga, ada latihan untuk meningkatkan kapasitas kandung kemih atau untuk memperkuat nada istirahat malam hari pada otot sfingter.

3-Pengobatan: Beberapa obat tersedia untuk tujuan ini.

Kekhawatiran tentang minum obat terkadang dilebih-lebihkan. Orangtua mungkin harus mempertimbangkan pilihan untuk minum obat dan mendapati beberapa efek samping yang tidak berbahaya (selama obat tersebut tidak menyebabkan kerusakan organ jangka panjang) atau menderita akibat penyakit ini, yang terkadang dapat menyebabkan rendahnya percaya diri yang serius. Anak akan menjadi malu dan itu dapat mempengaruhi prestasi mereka di sekolah dan menyebabkan dampak yang serius pada masa depan mereka.

Beberapa anak mulai merokok lebih awal atau menggunakan obat-obatan terlarang untuk mengatasi masalah tersebut; dan di sini alih-alih berurusan dengan pengobatan yang aman, kita akan berurusan dengan komplikasi kehilangan masa depan anak-anak kami.

Secondary Nocturnal Enuresis (SNE) di mana anak-anak benar-benar tidak mengompol pada malam hari selama setidaknya enam bulan dan kemudian mulai mengompol lagi.

Di SNE, langkah pertama adalah mengidentifikasi alasan pasti untuk perubahan tersebut (bisa psikologis atau fisik). Alasan psikologis dapat berupa stres seperti perceraian, pindah rumah, atau kematian dalam keluarga.

Penyebab fisik bisa jadi timbulnya infeksi saluran kemih atau diabetes. Jelas, ada sesuatu yang berubah. Langkah pertama dalam memecahkan masalah adalah mengidentifikasi perubahan itu. [My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
parenting
mengompol
berhenti
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
PARENTING
06 May 2018 20:36:45

Tarbiyah Kehidupan

 
PARENTING
06 September 2018 12:01:35

Mengajarkan Keterampilan Kedewasaan

 
PARENTING
17 October 2019 22:37:04

Awali dan Akhiri dengan Cinta

 
PARENTING
14 February 2018 22:11:54

Perjalanan Menuntut Ilmu Bersama Ayah Bunda

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284