ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 29 Mei 2020 | 7 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

6 Tips Mengajak Anak Mencintai Ramadhan

06 April 2020 21:54:06
tips,mengajak,anak,mencintai,ramadhan,parenting
Walid Ahmad/pexels.com

ChanelMuslim.com - Ramadhan adalah waktu terindah di setiap tahunnya. Namun apakah anak-anak kita merasa demikian juga? Sebagai orang tua, apakah kita sudah cukup berusaha untuk menanamkan cinta Ramadhan kepada anak-anak kita?

Kita ingin menjadikan perayaan Islam sebagai bagian nyata dari kehidupan anak-anak. Kita ingin membuat kenangan yang akan membuat anak-anak semakin mencintai islam. Sebagai orang tua, kita memiliki tanggung jawab untuk menjadikan semua kewajiban ibadah kita menjadi bermakna dan selalu menyenangkan, mengasyikkan, dan juga mendidik bagi anak-anak kita.

Berikut delapan cara sederhana untuk menjadikan Ramadhan menyenangkan bagi anak-anak yang akan membuat mereka jatuh cinta pada Ramadhan seumur hidupnya.

1. Selamat Datang Ramadhan!

Anda tidak ingin menyambut Ramadhan dengan biasa saja. Sambut bulan berkah ini dengan menghias rumah. Anda bisa memasang spanduk Ramadan, karangan bunga dan lampu kerlap kerlip.

Libatkan anak-anak dalam mendekorasi rumah untuk bulan Ramadhan agar suasana hati mereka menjadi gembira dan menginspirasi mereka untuk mencintai Ramadhan.

2. Membaca buku tentang Ramadhan bersama-sama

Baca, baca, dan baca. Anak-anak suka cerita. Bagi kita orang tua, ini adalah cara yang bagus untuk menyampaikan makna ibadah di bulan Ramadhan.

Bacakan untuk mereka tentang Ramadhan, pentingnya dan tradisi Islam bulan ini. Baca sebelum buka puasa, selama akhir pekan dan di antara waktu lainnya.

3. Membuat tujuan Ramadhan Anak

Mintalah anak-anak Anda menetapkan proyek mereka di bulan Ramadhan yang dapat dicapai untuk diri mereka sendiri dan bis membangun kepercayaan diri mereka.  Proyeknya bisa sederhana seperti menghafal doa kecil, membaca satu halaman Al-Qur'an setiap hari, bangun untuk sahur, membantu ibu dan ayah membuat buka puasa dan yang lainnya.

Siapkan buku catatan atau perencana Ramadhan untuk menuliskan tujuan mereka di awal bulan dan periksa perkembangannya setiap hari.

4. Membuat kalender hitung mundur Ramadhan

Kalender hitung mundur Ramadhan adalah cara yang bagus untuk memberikan sisi spiritual Ramadhan kepada anak-anak dengan berbagi makanan selama berbuka puasa atau mendorong mereka untuk melakukan perbuatan baik setiap hari.

Anda bisa membuat jadwal kegiatan atau menampilkan hadits atau ayat Al-Quran dalam kalender, tergantung pada usia anak.

5. Iftar bersama

Keluarga Muslim di seluruh dunia akan melakukan iftar bersama, memasak makanan khusus untuk berbuka puasa. Biarkan anak-anak memilih satu atau dua jenis makanan untuk berbuka puasa.

Makanan menyatukan keluarga dan iftar bersama akan meninggalkan kesan abadi pada anak-anak.

6. Ajari mereka seni da keterampilan

Seni dan kerajinan adalah alat belajar yang bagus untuk anak-anak. Membuat kerajinan dan seni di bulan ramadhan adalah cara yang bagus untuk membuat anak-anak tetap terhibur, aktif dan membantu mereka belajar tentang bulan yang penuh berkah. [My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips
mengajak
anak
mencintai
ramadhan
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
10 March 2020 07:30:06

Perilaku Kekerasan pada Anak

 
PARENTING
10 January 2020 22:23:46

Anak-anak yang Mati Rasa

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284