ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 02 Desember 2020 | 17 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

6 Tip Efektif Mengajarkan Anak untuk Menetapkan Tujuan

26 October 2020 06:29:48
tip,efektif,menentukan,tujuan,anak,parenting
pexels-Brett Sayles

ChanelMuslim.com - Orang yang menetapkan tujuan dalam hidupnya tidak hanya didorong untuk mencapainya, tetapi tujuannya itu juga akan mendekatinya. Seseorang yang memiliki tujuan hidup memiliki alasan untuk bangkit dan bekerja. Bahkan anak-anak harus diajari tentang menetapkan tujuan dalam hidup dan bekerja untuk mencapai tujuan mereka.

Jika Anda menetapkan target bulanan atau tahunan, disarankan agar Anda meneruskan kebiasaan Anda ini kepada anak Anda juga. Baik itu tentang menetapkan tujuan akademis atau tujuan lain, ajari anak Anda tentang menetapkan tujuan sejak usia dini. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana Anda bisa mengajarnya, bacalah artikel ini. Artikel ini menjelaskan apa itu penetapan tujuan dan bagaimana seseorang dapat mengajarkannya kepada anak-anak.

Apa Arti Menetapkan Tujuan?

Menetapkan tujuan adalah perencanaan untuk masa depan. Misalnya, jika seorang anak membuat rencana belajar untuk ujiannya atau mempersiapkan pertandingan basketnya, maka ini adalah 'penetapan tujuan'. Demikian pula, jika seorang anak memutuskan ingin menjadi pilot di masa depan, maka inilah tujuan hidupnya.

Kita menetapkan tujuan dalam hidup, kita terkadang tidak benar-benar bekerja untuk mencapainya. Untuk mencapai tujuan apa pun, diperlukan perencanaan yang tepat dan upaya yang konsisten. Oleh karena itu, merencanakan bagaimana Anda akan mencapai target atau tujuan tertentu adalah tentang penetapan tujuan.

Mengapa Menetapkan Tujuan Penting untuk Anak-Anak?

Menetapkan tujuan memberikan tujuan atau arahan kepada anak-anak. Dengan cara ini anak Anda tahu apa yang diharapkan untuk dilakukannya untuk mencapai target tertentu. Ini akan meningkatkan harga diri, fokus, dan bahkan membantunya dalam membuat keputusan yang lebih baik. Juga diamati bahwa anak-anak yang memiliki beberapa tujuan untuk dinantikan, cenderung tampil lebih baik daripada anak-anak yang tidak memiliki tujuan apa pun dalam hidup mereka.

Bagaimana Membantu Anak Anda dalam Menetapkan Tujuan

Berikut beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk mengajari anak-anak tentang Menentukan tujuan mereka:

1. Mulai dari Hal Kecil

Saat Anda mulai mengajari anak Anda tentang menentukan tujuan, mulailah dengan hal kecil. Anda dapat merancang tujuan bulanan atau mingguan dan kemudian secara bertahap beralih ke tujuan yang lebih besar. Prestasi kecilnya akan membuatnya bahagia dan dia akan bertekad untuk menetapkan tujuan lain dan termotivasi untuk bekerja keras.

2. Biarkan Anak Anda Mengikuti Mimpinya

Sangat penting diingat bahwa apa yang Anda ingin anak Anda capai harus sesuai dengan keinginannya juga. Bayangkan jika anak Anda ingin menjadi pemain bola dan Anda mengarahkan usahanya untuk menjadi pianis yang baik. Ini mungkin tidak berhasil dan hanya akan memisahkan Anda dari anak Anda. Biarkan anak Anda menemukan hasratnya dan bantu dia bekerja untuk itu.

3. Memimpin Dengan Teladan

Anak-anak suka mengikuti orang tua mereka, dan jika mereka melihat Anda melakukan sesuatu, kemungkinan besar mereka juga akan melakukannya. Jadi, libatkan anak Anda dalam strategi perencanaan Anda juga, tentu saja, yang sesuai dengan usia. Jika Anda membuat taman baru di rumah, Anda dapat melibatkan anak Anda dalam perencanaan yang sama. Dia akan menikmati perencanaannya dengan Anda dan dia juga akan belajar bagaimana anda merencanakan itu.

4. Berikan Pandangan yang Realistis

Anak-anak belum cukup dewasa untuk memahami pentingnya kerja keras untuk mencapai sesuatu. Anak Anda mungkin sering meremehkan jumlah upaya yang mungkin diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu. Dan jika dia gagal, mereka mudah untuk berkecil hati atau frustrasi. Tetapi sangat penting bagi Anda untuk menjelaskan tantangan yang mungkin harus dihadapi anak Anda. Jelaskan kepadanya bahwa jika dia jatuh, dia harus bangun dan bekerja lagi. Ajari dia bahwa dia tidak boleh berhenti di antara keduanya dan bekerja keras jika dia gagal.

5. Puji Usahanya

Sangat penting untuk menjaga anak Anda tetap termotivasi sepanjang perjalanan. Jika tidak ada penghargaan dan motivasi yang tepat, anak Anda mungkin kehilangan minat. Karena itu, jangan lupa untuk memuji dan menghargai anak Anda atas usahanya.

6. Pertimbangkan Hambatan

Sama pentingnya dengan menetapkan tujuan, penting juga untuk mendiskusikan berbagai kendala atau masalah yang mungkin dihadapi anak Anda saat mencapai tujuan tersebut. Berbicara tentang rintangan akan mempersiapkan anak Anda dengan lebih baik. Juga, jika kemunduran tertentu terjadi selama perjalanan, dia akan bekerja lebih keras untuk mencapainya. Penting untuk menilai segala kemungkinan dan menetapkan perubahan yang perlu dilakukan. [My/firstcryparenting]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tip
efektif
menentukan
tujuan
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
13 March 2020 08:30:15

Anak Kecilku Berciuman seperti di Film-Film Disney

 
PARENTING
03 August 2019 10:00:03

Harta yang Paling Berharga

 
PARENTING
17 September 2018 11:33:52

Sekolah Pertama itu Dinamakan Ibu

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284