ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 09 Juli 2020 | 19 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

5 Latihan untuk Mengatasi Kecanduan Gawai pada Orangtua

11 May 2019 05:55:30
gawai,orangtua,pembatasan
pexel.com

ChanelMuslim.com - Di dunia yang dengan kemajuan teknologi ini, kita cenderung merasa kehilangan kehidupan jika tidak aktif di media sosial. Bukan berarti kita harus sama sekali menolak media sosial. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah batasannya seperti kita membuat peraturan penggunaan gawai kepada anak-anak kita. Karena terlalu mudah untuk kehilangan diri sendiri di dunia digital yang memikat ini.  Sekarang mari kita bahas solusi yang dapat membantu kita untuk membatasi penggunaan ponsel pintar.

1. Beristirahat di tempat kerja

Saat bekerja, sering-seringlah beristirahat. Berpalinglah dari layar setiap 20 menit. Berdiri dan berjalan berkeliling atau pergi mengisi botol minum dan gunakan tangga bukan lift. Sambil duduk di kursi, regangkan leher, punggung, dan kaki secara teratur. Kita juga bisa mempelajari beberapa latihan yang dapat dilakukan di ruang kantor.

2. Gunakan teknologi untuk kebaikan

Semua hal di dunia ini memiliki dua sisi, positif dan negatif. Tinggal bagaimana kita melihatnya dan membedakannya. Ponsel cerdas, internet, dan media sosial mungkin sangat diperlukan untuk zaman sekarang. Tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya secara bijak. Unduhlah aplikasi yang benar-benar bermanfaat untuk kita. Kita dapat mengatur alarm di telepon agar memberitahu kita untuk istirahat dan meninggalkan ponsel pintar. Kita dapat mengunduh aplikasi untuk mengingatkan daftar tugas kita. Dan masih banyak aplikasi yang bermanfaat untuk diri kita.

3. Berjalan sambil berbicara di telepon

Alih-alih duduk sambil berbicara di telepon, berjalan-jalanlah sambil mengobrol panjang dengan sahabat via ponsel kita. Dengan cara ini kita akan tetap sehat dan tetap menjaga hubungan dengan orang-orang yang sangat berarti.

4. Berkreasilah

Ya, temukan hobi kita. Bahkan jika kita berusia akhir 20-an atau 30-an, tidak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu yang baru. Selain ini, kita juga bisa menikmati kegiatan kreatif bersama anak-anak. Cobalah kegiatan seni dan kerajinan bersama mereka, atau hanya pergi keluar dan bersenang-senang. Lakukan sesuatu yang tidak mengingatkan kita pada ponsel.

5. Olahraga

Olahraga dapat membantu kita melawan depresi dan susah tidur, dan sekaligus membantu kita untuk tetap bugar. Ini dapat membantu untuk mengatasi semua masalah yang terkait dengan waktu penggunaan gawai. Selain itu, ketika kita berdiri dan berlari, kita hampir tidak akan menggunakan telepon selama waktu itu. Tubuh akan mendapat manfaat dari berolahraga juga. Jadi, bangun dan mulai bergerak.

Menjauhi layar gawai, terutama di era digital ini, mungkin sulit, tetapi kita harus belajar untuk melakukan itu. Beristirahat dari layar gawai sangatlah penting untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia. Jadi, gabungkan kebiasaan sehat ke dalam hidup kita dan ucapkan kata perpisahan pada kecanduan layar gawai. [Maya]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
gawai
orangtua
pembatasan
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
12 January 2020 23:54:40

Salah Kaprah tentang Kebahagiaan Anak

 
ADVERTORIAL
09 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
PARENTING
11 November 2019 07:30:01

Surat cinta Malika untuk Rasulullah SAW

 
PARENTING
25 November 2017 10:23:41

Ayah Bunda Penuhilah Hak Anak

 
PARENTING
26 June 2019 10:12:47

5 Cara untuk Menyiapkan Masa Depan Pendidikan Anak

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga