ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 01 Juni 2020 | 10 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Pentingnya Komunikasi Yang Benar, Baik dan Menyenangkan

09 April 2018 21:10:01
#parenting #pendidikan #ayah #bunda #anak #islam
pexels.com

Perwitasari Mulyaningsih, Yayasan Kita dan Buah Hati

ChanelMuslim.com - Belajar dari berita yang viral beberapa hari terakhir dengan pembacaan puisi “Ibu Indonesia”, membuktikan bahwa dalam berkomunikasi bukan hanya diperlukan keindahan kata, tapi juga kebenaran isinya, kebaikan atau kebermanfaatannya serta kenyamanan perasaan si penerima pesan. Apalagi bila disebarkan di media, tentu harus memperhatikan kepentingan dan keunikan masyarakat luas.

Bagaikan sebuah Teko yang indah, bila isinya air kotor, maka yang akan tertuang di gelas adalah air kotor. Akibatnya pesan itu akan tertolak bahkan akan menimbulkan perlawanan. Siapa juga yang mau diberi minum air kotor? Meskipun itu dari wadah yang cantik.

Begitu juga komunikasi orang tua kepada anak-anaknya. Orangtua perlu memperhatikan kebenaran isi yang akan disampaikan. Perkataan orangtua dapat menjadi panduan bagi anak untuk dapat menentukan kebenaran sebagai pedoman hidupnya. Selain itu juga kebaikan yang akan diperoleh yaitu kebermanfaatannya bagi tumbuh kembang ananda . Apakah komunikasi itu melatih kemampuan berpikirnya? Apakah akan mencerdaskan emosinya? Apakah akan menguatkan kepribadiannya?

Hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah perasaan anak saat menerima pesan tersebut. Bila anak merasa nyaman, tentu ia akan lebih dapat menerima dan memahaminya. Sementara bila anak tidak merasa nyaman maka sebaik apapun isi pesannya maka anak akan cenderung menolak.

Menurut penelitian, kalimat yang negatif dan kasar atau keras akan berdampak buruk bagi perkembangan otak dan kepribadian seorang anak. Karena itu sangat di pahami mengapa Allah banyak mengingatkan kita agar bicara dengan menggunakan komunikasi yang seperti di bawah ini;

1.  Qaulan Sadida (perkataan yang benar, jujur)

 “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka, yang mereka khawatirkan terhadap (kesejahteraannya)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar (qaulan sadida)”. (QS. An Nisa : 9)

2.  Qaulan Baligha (perkataan yang mengena ke hati)

 “Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka Qaulan Baligha –perkataan yang berbekas pada jiwa mereka”. (QS. An Nisa : 63)

3.  Qaulan Ma’rufa (perkataan yang baik)

“Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya] dan ucapkanlah Qaulan Ma’rufa –perkataan yang baik.” (QS. Al Ahzab : 32)

4.  Qaulan Karima (perkataan yang mulia)

 “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan jangan engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perktaan yang baik”. (QS. Al Isra’ : 23)

5.  Qaulan Layyinan (perkataan yang lembut)

 “Pergilah kamu berdua kepada Fir’aun karena benar-benar dia telah melampaui batas. Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan dia sadar atau takut”. (QS. Thaha : 43-44)

6.  Qaulan Maysura (perkataan yang ringan)

”Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhannya yang kamu harapkan, maka katakanlah kepada mereka Qaulan Maysura –ucapan yang mudah”. (QS. Al Isra’ : 28)

Andai para orangtua dapat berbicara seperti apa yang Allah ajarkan, tentu anak-anak akan mudah memahami ajaran-Nya. Mari perbaiki komunikasi kita. (MA/ed)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
parenting
pendidikan
ayah
bunda
anak
islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
11 May 2018 19:27:44

Metode Pembelajaran untuk Anak Ber-IQ Rendah

 
PARENTING
31 May 2018 13:26:54

Tugas Perkembangan Masa Remaja

 
PARENTING
06 April 2018 22:50:24

Menguatkan “Bonding” dengan Membacakan Buku

 
PARENTING
08 February 2018 09:03:12

Nak, Main Hujan Yuk

 
PARENTING
23 May 2019 14:47:24

Ibadah Umrah di Bulan Ramadhan

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284