ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 Januari 2021 | 4 Jumadil Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Mengasah Kemampuan Anak, Bakat Saja Tidak Cukup

05 January 2019 07:40:29
bakat,kreatifitas,anak
pexels.com

ChanelMuslim.com – Setiap anak memiliki bakat. Bakat tidaklah sama dengan kecerdasan. Bakat lebih mengacu pada kemampuan motorik dan keterampilan yang dimiliki oleh anak. Anak-anak yang berbakat dalam dunia musik misalnya mampu memainkan gitar tanpa harus kursus gitar. Dengan belajar otodidak dia bisa mengenal nada-nada dalam gitar yang dia petik. Ada anak yang mampu melukis dengan indah. Menarik garis demi garis dan membentuk gambar yang mempunyai makna. Semua itu mampu dia secara otodidak.

Namun memiliki bakat  saja tidaklah cukup. Ada dua hal lain yang akan mengasah potensi anak:

1. Harus ada dukungan dari orangtua maupun lingkungan

Untuk mengasah bakatnya, anak memerlukan dukungan secara moril dan materi. Ketika anak sudah menemukan potensinya, orangtua bisa memudahkannya untuk mengasah potensi itu dengan melengkapi peralatan yang dibutuhkannya. Berikan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang diberikan tidak harus selalu mahal. Sediakan fasilitas sesuai kemampuan orangtua.

Dukungan juga tidak selalu dalam bentuk materi. Anak juga membutuhkandukungan moril. Memberikan pujian yang wajar saat anak menunjukkan kemampuan, menunjukan minat saat anak bercerita tentang pencapaian-pencapaiannya dan jangan membanding-bandingkan anak dengan saudara atau temannya, apalagi sampai mendapat label negatif.

2. Tidak berhenti berusaha Kalau anak tidak berminat, padahal sudah kelihatan bakatnya.

Terkadang ada anak yang tidak berminat dalam menekuni bakatnya. Hendaknya orangtua tidak menyerah. Carilah alasan yang membuat anak tidak mau mengasah potensinya. Bisa jadi anak merasa malas karena terlalu banyak les, hingga kelelahan. Atau kurang motivasi di dalam diri anak. Bicarakan dengan baik-baik. Orangtua hendaknya tidak memaksakan kehendak pada anak. Hukuman fisik seperti mencubit atau memukul saat anak tidak berlatih harus dihindari. Hukuman dapat membuat anak malah semakin tidak tertarik pada kegiatan tersebut.

Ketika anak sudah menemukan bakatnya, orangtua akan lebih mudah mengarahkan anak untuk mengasah potensinya itu. Mendorong anak dan mendukungnya untuk fokus pada bakat yang dimilikinya akan membuat anak menghargai bakat dan juga termotivasi untuk lebih mengembangkan kreatifitasnya. Yang perlu dilakukan orangtua hanya bersabar dan terus menyemangatinya. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
bakat
kreatifitas
anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
16 March 2018 06:00:02

Bolehkah Memukul Anak?

 
PARENTING
05 June 2020 07:46:57

Bercocok Tanam Bersama Anak

 
PARENTING
18 September 2020 07:30:46

Berteriak pada Anak, Apakah Benar-Benar Berbahaya?

 
PARENTING
27 April 2018 15:08:18

Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian Sekolah

 
PARENTING
11 January 2019 06:59:13

Perlukah Sekolah untuk Orangtua?

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284