ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Latih Anak Menyelesaikan Masalahnya Sendiri

13 March 2019 07:33:00
Melatih,anak,menyelesaikan,masalah
pexels.com

ChanelMuslim.com – “Nak, coba kamu kancingkan bajumu sendiri.” ujar seorang Bunda suatu pagi.

“Bagaimana caranya, Bun?” Lalu bunda mengajarkannya mengancingkan bajunya sendiri.

Kali lain, “Bund, minggu depan giliran aku yang membawa makanan untuk jumat berbagi.”

“Menurut kamu makanan apa yang akan kita berikan?” Dan diskusi pun berjalan dengan baik. Bunda menuntun anaknya untuk mengambil keputusan untuk kepentingannya sendiri.

Problem solving adalah sebuah keterampilan yang harus diajarkan sedang dini. Mulai dari hal-hal kecil seperti saat anak memilih pakaian yang akan dipakai hari ini atau mau pergi ke mana liburan nanti. Keterampilan problem solving  akan sangat bermanfaat ketka anak-anak dewasa. Mereka akan dengan percaya diri untuk mengatasi segala permasalahan yang muncul baik dalam urusan rumah tangganya hingga di pekerjaannya.

Keterampilan problem solving inilah yang dibiasakan oleh ibunda Maudy Ayunda, seorang artis yang akan melanjutkan pendidikan S2nya di Oxford University, Inggris.

Akhir februari, Maudy membuat warga netizen berdecak kagum setelah mengunggah kegalauan hatinya tentang pilihan meneruskan kuliah di Harvard University atau Oxford Univerrsity, keduanya adalah universitas bergengsi di dunia. Hal ini membuat orang-orang bertanya apa yang sudah dilakukan oleh bundanya Maudy hingga bisa membentuk Maudy menjadi anak yang cerdas dan penuh talenta.

"Saya enggak tahu persis pola asuh orang tua saya seperti apa, karena mereka yang mengerti. Tapi kalau evaluasi dan berpikir sendiri tentang pengalaman masa kecil, mama saya itu sangat sering ngajak ngobrol," ujar Maudy Ayunda di sela-sela acara Listerine 'Ubah dengan Suara', di sebuah hotel kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Diungkap Maudy, orang tua terutama sang bunda, aktif berinteraksi dengan anak-anaknya. Setiap bermain, Maudy kecil selalu diajak ngobrol. Bahkan, sang bunda juga meminta Maudy dan adiknya untuk melakukan problem solving (pemecahan masalah) pada hal-hal sederhana.

"Sampai sekarang mama saya selalu meminta anak-anaknya untuk problem solving pada hal-hal sangat kecil di rumah. Misal kita ada acara, mama selalu tanya, 'Enaknya nanti makanan katering-nya apa ya?'. Hal sepele itu aja bisa makan waktu 30 menit sendiri," kata Maudy Ayunda.

Mengajarkan anak untuk memecahkan masalahnya sendiri memang membutuhkan waktu. Terkadang ada orangtua yang tidak sabar mengajarkan hal ini sehingga mereka dengan segera mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan oleh anak-anak mereka. Atau terkadang orangtua tidak tega melihat anaknya menemui kesulitan-kesulitan dalam hidupnya lalu dengan segera memberi bantuan tanpa mau membiarkan anaknya melewati fase mengenal masalah dan menyelesaikannya sendiri. Kebiasaan seperti ini hanya akan membentuk anak menjadi orang dewasa yang tidak percaya diri dan tidak bisa mengambil keputusan sendiri untuk hal-hal yang sederhana hingga hal-hal penting dalam hidupnya. (Maya)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
melatih
anak
menyelesaikan
masalah
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
25 November 2017 10:23:41

Ayah Bunda Penuhilah Hak Anak

 
PARENTING
28 September 2018 12:11:32

Bunda Bukan Malaikat

 
 
PARENTING
12 March 2019 10:13:00

Mencari Teladan dari Seorang Ibu Single Fighter

 
PARENTING
04 December 2018 19:40:17

Kenapa Anak-anak Dilibatkan pada Reuni Aksi 212?

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284