ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 27 Oktober 2020 | 11 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Apakah TikTok Aman untuk Anak-Anak? 7 Langkah Aman Bermain TikTok

01 September 2020 07:38:14
apakah,tiktok,aman,langkah,bermain
Mark Angelo/pexels.com

ChanelMuslim.com – Tidak diragukan lagi bahwa TikTok adalah aplikasi menyenangkan yang menghibur orang-orang dari semua kelompok umur dan genre. Namun, penting untuk dipahami bahwa hal itu merupakan ancaman bagi anak-anak yang sedang tumbuh.

Jika Anda bertanya-tanya 'Apakah TikTok ramah anak?' Nah, dengan mengambil beberapa langkah berikut, Anda dapat membuat aplikasi ini aman untuk digunakan anak Anda. Berikut beberapa langkah penting yang perlu Anda lakukan:

1. Mengelola Waktu Gadget

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan sebagai orang tua adalah membatasi penggunaan aplikasi di layar gadget anak Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur khusus yang dibuat di aplikasi yang memungkinkan pengguna mengelola waktunya. Hal yang sama dapat diaktifkan fitur kontrol orang tua dengan mengatur kata sandi dari perangkat Android atau iOS Anda.

2. Teliti dengan Pedoman Komunitas

Pedoman Komunitas yang disediakan di aplikasi memberikan wawasan menyeluruh tentang aplikasi. Pastikan Anda membacanya bersama anak Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang bisa dan tidak bisa dibagikan di platform.

3. Aktifkan Opsi Kontrol Orang Tua

Untuk membatasi dan mengelola tontonan anak Anda di platform, Anda dapat mengaktifkan kontrol orang tua berbasis perangkat. Anda dapat memeriksa petunjuk yang sama di perangkat Android atau iOS Anda.

4. Jaga Akun 'Pribadi'

Pengaturan akun default TikTok adalah 'Publik', yang berarti konten yang Anda posting dapat dilihat oleh siapa saja dari seluruh penjuru dunia. Namun, Anda dapat mengubah pengaturan ini menjadi 'Pribadi' dengan membuka pengaturan akun. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola siapa yang mengikuti, berkomentar atau menyukai posting.

5. Ciptakan Lebih Banyak Kesadaran Tentang Apa yang Dapat Dibagikan

Anak-anak mungkin tidak memiliki penilaian yang baik tentang apa yang boleh atau tidak bisa dibagikan di platform media sosial. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda sebagai orang tua untuk berbicara dengan anak Anda secara detail tentang konten yang dapat dibagikan di platform semacam itu. Pemahaman dan komunikasi yang lebih baik dapat melindungi anak dari segala jenis bahaya internet.

6. Didik Anak Anda Tentang Cyberbullying

Platform sosial adalah tempat di mana semua jenis orang dapat berhubungan dengan anak Anda. Beberapa mungkin meninggalkan komentar yang menyakitkan atau menghina yang mungkin mempengaruhi pikiran anak Anda. Bicaralah dengan anak Anda tentang cyberbullying dan beri tahu mereka apa yang harus mereka lakukan ketika menghadapi situasi seperti itu.

7. Memanfaatkan Pengaturan Kesejahteraan Digital

Aplikasi ini menawarkan Pengaturan Kesejahteraan Digital yang dapat diaktifkan dengan mengklik tiga titik di sudut kanan atas. Saat Anda mengekliknya, Anda akan diarahkan ke Bagian 'Privasi dan Pengaturan' dan dari sana Anda dapat menggulir ke bawah ke opsi Digital Wellbeing. Dengan mengkliknya Anda tidak hanya dapat mengatur waktu layar tetapi Anda juga dapat mengaktifkan 'Mode Terbatas'.

Sebelum memperkenalkan anak Anda ke dunia jejaring media sosial seperti TikTok, Anda harus berbicara tentang aman dan waspada di internet. Didik anak Anda tentang apa yang boleh atau tidak bisa dibagikan di platform semacam itu dan betapa penting dan berharganya untuk melindungi reputasi dan keamanan seseorang di dunia online. [My/fristcryparenting]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
apakah
tiktok
aman
langkah
bermain
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
06 October 2020 11:15:01

Tips Mendidik Anak Hiperaktif

 
PARENTING
07 September 2018 22:30:09

Cinderella Complex; Sindrom Anak Gadis yang Manja

 
PARENTING
25 October 2018 12:02:52

Sinetron Azab Ditegur KPI karena Tak Beretika

 
PARENTING
18 May 2020 07:03:53

Ayahku Kehilangan Pekerjaannya di Bulan Ramadan

 
PARENTING
31 August 2020 15:36:52

Cara Aman Menggunakan TikTok untuk Anak-anak

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284