ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Antara Ilmu, Iman dan Amal

29 November 2018 13:19:11
#iman 3ilmu #amal
pexels.com

ChanelMuslim.com – “Wahai orang-orang yang beriman apabila dikatakan kepadamu berilah kelapangan di dalam majelis-majelis maka lapangkanlah. Niscaya Allah akaan memberikan kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan berdirilah kamu maka berdirilah. Niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”  (QS. Al Mujadilah:11)

Dalam Islam, ilmu tidak pernah lepas dari iman dan amal seseorang. Ciri-ciri belajar yang benar adalah jika ilmu yang dipelajari mampu meningkatkan keimanan dan membaiknya amal seseorang. Ilmu pengetahuan yang dipelajari membuat seseorang menjadi pribadi baik.

Dalam sejarah kehidupan manusia, Allah swt memberikan kehidupan yang sejahtera, bahagia, dan damai kepada semua orang yang mau melakukan amal kebaikan yang diiringi dengan iman dan ikhlas karena Allah swt semata (QS. At Thalaq:ayat 2 – 3 ). Perbuatan baik seseorang tidak akan dinilai sebagai suatu perbuatan amal sholeh jika perbuatan tersebut tidak dibangun di atas nilai iman dan takwa, sehingga dalam pemikiran Islam perbuatan manusia harus berlandaskan iman dan pengetahuan tentang pelaksanaan perbuatan.

“Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak pula menerima amal perbuatan tanpa iman.” (HR. Ath-Thabrani)

Kemudian dijelaskannya pula bahwa, “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah dari Anas, HR. Al Baihaqi)

“Barangsiapa mengamalkan apa yang diketahuinya, niscaya Allah mewariskan kepadanya ilmu yang belum diketahuinya.” (HR. Abu Na’im)

”Ilmu itu ada dua, yaitu ilmu lisan, itulah hujjah Allah Ta’ala atas makhlukNya, dan ilmu yang di dalam qalb, itulah ilmu yang bermanfaat.” (HR. At Tirmidzi)

”Seseorang itu tidak menjadi ‘alim (ber-ilmu) sehingga ia mengamalkan ilmunya.” (HR. Ibnu Hibban)

Suatu ketika datanglah seorang sahabat kepada Nabi Saw. dengan mengajukan pertanyaan: ”Wahai Rasulullah, apakah amalan yang lebih utama ?” Rasulullah Saw, “Ilmu Pengetahuan tentang Allah!” Sahabat itu bertanya lagi, “Ilmu apa yang Nabi maksudkan ?” Nabi Saw berjawwab,  ”Ilmu Pengetahuan tentang Allah Subhanaahu wa Ta’ala! ” Sahabat itu rupanya menyangka Rasulullah Saw salah tangkap, ditegaskan lagi “Wahai Rasulullah, kami bertanya tentang amalan, sedang Engkau menjawab tentang Ilmu!” Nabi Saw menjawab, “Sesungguhnya sedikit amalan akan berfaedah (berguna) bila disertai dengan ilmu tentang Allah, dan banyak amalan tidak akan bermanfaat bila disertai kejahilan tentang Allah.”(HR.Ibnu Abdil Birrdari Anas).

Kejahilan adalah kebodohan yang terjadi karena ketiadaan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, banyak amal setiap orang menjadi sangat berkaitan dengan keimanan dan ilmu pengetahuan karena ”Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Rabb mereka karena keimanannya.” (QS. Yunus:9). (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
iman 3ilmu
amal
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
04 December 2018 19:40:17

Kenapa Anak-anak Dilibatkan pada Reuni Aksi 212?

 
PARENTING
15 October 2019 22:44:49

Seni Mendidik dalam Kisah Guru dan Murid Pencuri

 
PARENTING
06 November 2018 06:59:17

7 Cara Membantu Anak Menolak Ajakan Teman

 
PARENTING
26 December 2018 11:10:20

Mengenali dan Mengasah Bakat Anak

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284