ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 16 Juli 2019 | 13 Zulqaidah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
OASE

Keseruan Annual Meeting Youth Ranger Indonesia 2019

10 May 2019 21:42:34
Youth Ranger Indonesia, organisasi kepemudaan di Indonesia
Drs. Imam Gunawan, MAP. & CEO Youth Ranger Indonesia

ChanelMuslim.com--Annual Meeting Youth Ranger Indonesia (AM – YRI) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Youth Ranger Indonesia (YRI) guna mengembangkan berbagai gagasan serta ide-ide baru yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan pengembangan diri pemuda di Indonesia, sesuai dengan visi YRI sendiri yang fokus pada pengembangan jiwa kepemimpinan, bakat dan karakter para pemuda Indonesia. Selain itu, AM – YRI merupakan momentum dalam merumuskan segala bentuk program yang implementatif serta membangun keeratan oleh para Impactman (Pengurus) YRI.

Kegiatan Annual Meeting Youth Ranger Indonesia (AM – YRI) tahun 2019 ini  dilaksanakan di gedung Teater Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI) pada Sabtu-Ahad tanggal 26-27 Januari 2019 yang dihadiri oleh 38 impactman terpilih dari seluruh Indonesia dan tamu undangan. Hadir Drs. Imam Gunawan, MAP. selaku Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda KEMENPORA RI yang memberikan arahan serta proyeksi berjangka dan meresmikan secara formal berdirinya Youth Ranger Indonesia (YRI) sebagai Non Government Organization (NGO) yang fokus pada pendayagunaan pemuda Indonesia.

Imam menyampaikan bahwa dengan adanya NGO yang fokus pada pendayagunaan kepemudaan seperti ini akan sangat membantu dalam mengontrol serta membimbing para pemuda Indonesia untuk dapat melakukan aktivitas positif dan bermanfaat. Ia juga memiliki keprihatinan yang sama seperti YRI karena masih banyak pemuda Indonesia yang masih terlibat kegiatan-kegiatan negatif seperti tawuran, penyalahgunaan obat (narkoba), seks bebas, terlibat kekerasan supporter bola, geng motor dll.

Imam Gunawan juga menyampaikan, “Soekarno berkata berikan aku 10 pemuda, maka akan kuguncang 1 dunia, jika yang hadir disini lebih dari 10 pemuda, maka akan diguncangkan lebih dari 1 dunia”.

KEMENPORA RI akan terus memberikan dukungan kepada YRI untuk menjadi wadah bagi pemuda Indonesia mengembangkan jiwa kepemimpinan, bakat dan karakter sehingga mampu berkontribusi secara nyata bagi Indonesia serta berdaya saing global sesuai dengan visi Youth Ranger Indonesia, “ tutur Imam Gunawan.

Setelah peresmian Youth Ranger Indonesia (YRI) oleh  Drs. Imam Gunawan, MAP. Kegiatan AM – YRI dilanjutkan dengan pemberian motivasi guna memantik semangat Impactman yang disampaikan oleh learning partner YRI yaitu kak Isman Muayyad S. Psi., CH., CHt., C.MOS

Isman memberikan materi mengenai leadership in millenial era, yaitu pentingnya jiwa leadership untuk para pemuda Indonesia di era millenial untuk memiliki daya saing di era globalisasi. Pada tahun 2030 nanti Indonesia akan mengalami bonus demografi yang jumlah penduduk muda akan lebih banyak daripada penduduk berusia lanjut.

Ia juga menyampaikan seorang leader millenial harus mempunyai :  visionary, nasional-ism, innovative, passionate,  tolerance,  care  pada diri seorang pemuda sebagai pemimpin masa depan. Dalam pemberian materi, Kak Isman juga memberikan berbagai implementasi konseptual berupa simulasi yang mengasyikkan bagi impactman yakni memahami Team Value (apa makna mendalam dari kata “Team”) yaitu t = trust, e = empathy, a = action dan m = management. Sejatinya, dalam sebuah organisasi yang berjalan tanpa adanya definisi dari kata “team” maka sebuah orgnaisasi itu tidak akan dapat menunaikan fungsinya dengan benar.

Dalam rangkaian kegiatan AM – YRI juga dilaksanakan kegiatan team building,  yang difasilitatori oleh Sahala Harahap dan diikuti dengan antusias oleh Impactman.  Kegiatan team building disegmentasikan dalam 2 sesi, sesi pertama adalah tentang pengembangan karakter Impactman yaitu para peserta diwajibkan untuk mengetahui karakter seseorang melalui beberapa simulasi yang menggerakkan nalar serta nurani dalam implementasinya.

Kemudian di sesi kedua, Sahala Harahap memberikan pemahaman pentingnya solidaritas dalam mengutamakan orientasi visi misi sebuah organisasi dan mengesampingkan egosentris dalam diri ataupun kelompok kecil/departemen/divisi melalui suatu simulasi yang mengecoh beberapa pemahaman/disorientasi Impactman sebelum akhirnya disampaikan melalui penjabaran secara sederhana dan essensial.

 “ Dengan diadakannya AM - YRI ini, beberapa hasil yang telah dicapai oleh Impactman di antaranya adanya perumusan berbagai macam program yang relevan melalui pengembangan berbagai gagasan serta ide-ide baru/inovatif guna mengamalkan visi misi organisasi YRI, meningkatnya semangat Impactman dalam melaksanakan program YRI,  Terciptanya kekeluargaan yang harmonis antar Impactman, serta berkembangnya pemikiran dan ide baru Impactman dalam bidang kewirausahaan, kepeloporan dan kepemimpinan. “Dengan pencapaian tersebut, YRI siap membuat gebrakan pengembangan pemuda di 1 tahun ke depannya” tutur Rinaldi Nur Ibrahim, CEO Youth Ranger Indonesia.

Setelah acara AM - YRI, para Impactman Youth Ranger Indonesia melakukan kegiatan berbagi makanan berupa nasi bungkus. Pembagian makanan diberikan kepada warga Palmerah, Jakarta Barat dan sekitarnya.

Kegiatan ini melatih jiwa sosial impactman sebagai seorang pemuda dan menumbuhkan rasa saling berbagi antarmanusia sehingga menghasilkan pemuda yang mempunyai rasa peduli kepada sesama. [as/cto]



Penulis : Maya Nur Amalia
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 26 January 2019

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
youth ranger indonesia
organisasi kepemudaan di indonesia
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
OASE
05 January 2018 08:39:27

Resolusi Pengasuhan 2018

 
OASE
12 March 2018 21:29:08

Umi Fatma


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284