ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 22 November 2019 | 25 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
OASE

Kajian Menjaga Kesehatan Gigi

19 October 2018 19:56:02
Kajian Menjaga Kesehatan Gigi
Ilustrasi kesehatan gigi (healthcare America)

ChanelMuslim.com-Mendengar kata "kajian Islam" identik dengan pembahasan Agama seputar aqidah, fiqih, siroh atau Alquran. Padahal, pembahasan kajian luas sesuai dengan ajaran Islam yang cakupannya luas. 

Dari bangun tidur, hingga hendak tidur, saat tidur, berinteraksi sesama anggota kerja, masyarakat daerah, Nasional hingga Internasional, Islam memberikan tuntunan kepada umatnya. Karena itulah ajaran Islam disebut universal. Dan setiap umatnya dianjurkan untuk mempelajari dan mengamalkannya secara kaffah. 

Termasuk bidang kesehatan pun, Islam memiliki tuntunan untuk umatnya sebagaimana yang dicontohkan Rasululloh saw dan para sahabatnya. Kitab Thibbun Nabawi yang ditulis oleh beberapa ulama, seperti Ibnu Qoyyim, merupakan bukti nyata adanya tuntunan Islam tentang kesehatan.

Karenanya, kajian Islam tentang kesehatan perlu diadakan. Seperti yang diadakan oleh pengelola Rumah Sehat Eliman, Bogor Jawa Barat pada Ahad 20 Muharram 1440 H. 

Rumah Sehat yang didirikan oleh Ustadz Febri Sugianto tersebut memang rutin mengadakan kajian kesehatan Islam atau Nabawi. Kali ini, kajiannya membahas tentang kesehatan gigi. 

Dengan menghadirkan nara sumber drg. Nurhayati selaku pemateri dari dunia kedokteran modern dan Ustaz Febri Sugianto sebagai praktisi kesehatan Islami, kajian tersebut meski singkat namun keilmuan yang dihadirkan komprehensif.

Apa yang disampaikan drg. Nurhayati dan Ustaz Febri Sugianto menampilkan ajaran Islam yang sangat memperhatikan aspek kesehatan dan kegemilangan para ilmuan klasik Islam dalam dunia kesehatan. 

Terkait perawatan gigi, drg. Nurhayati menyampaikan pentingnya untuk menyikat gigi yang baik dan benar. Yaitu 15 menit setelah selesai sarapan dan menjelang tidur. Beliau juga menganjurkan untuk  menggunakan pasta gigi tidak hanya satu merek. Berganti merek itu lebih baik, karena kandungan setiap merek saling melengkapi kebutuhan gigi. 

Ketika selesai menggosok gigi, beliau menganjurkan agar tidak langsung berkumur. Melainkan, tunggu sejenak, kurang lebih 30 detik agar zat - zat penting yang ada pada pasta gigi menyerap pada gigi. 

Penting juga untuk menjaga asupan kalsium, fosfor dan vitamin B agar gigi tetap sehat. Terutama pada ibu hamil, agar janinnya kelak tumbuh dengan baik, terutama giginya. 

Secara Islam, Ustaz Febri menyampaikan, selain tentang ilmuan Islam klasik yang mengkaji tentang gigi pada 930 M, yaitu Azzahrawi, ia juga menyampaikan tentang anjuran bersiwak yang disampaikan Rasululloh saw. Dan bagaimana mengkombinasikan penggunaan nya dengan pasta gigi. 

"Bangun tidur bersiwak sebelum sholat tahajud, jadi mulut harum tanpa membunuh bakteri baik yang ada di mulut. Setelah sarapan pagi, 15 menit kemudian gosok gigi dengan pasta gigi", ucap Ustadz yang pernah menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor tersebut. 

Ia juga menyampaikan manfaat mengonsumsi kurma, terutama untuk ibu hamil. Di dalam kurma terdapat kalsium yang tinggi, fosfor dan juga vitamin B yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan janin. 

Ia juga memberikan tips sederhana untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut hingga bebas difteri. Yaitu berkumurlah dengan air cengkeh. Caranya, 5 butir cengkeh masukkan ke dalam setengah gelas air hangat. Rendam selama 5 menit. Setelah itu gunakan airnya untuk berkumur dan lakukan pada pagi dan sore hari.

Semoga bermanfaat. . 

Wallohu'alam. 

Aa Fajar

 

Guru TK Islam PB Soedirman Cijantung Jakarta Timur.



Penulis : Firman Mudiana Fajar
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 21 September 2018

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
20 November 2017 00:04:56

Benarkah Micin Menjadikan Kita Bodoh?

 
OASE
14 December 2017 07:29:39

As'a, Belajar Ilmu Yakin dari Siti Hajar

Event Jakarta Fashion Trend 2020 is Coming!
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284