ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 06 Juli 2020 | 16 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
OASE

Jangan Berhenti Belajar Shalat Berjamaah

23 February 2020 17:46:06
Jangan Berhenti Belajar Shalat Berjamaah

Oase CMM - Ini ajaran para ustaz, mubaligh, da’i, dan guru-guru kita lainnya. Mungkin mereka berbeda-beda dalam tinggi-rendah ilmu. Tapi, mereka sepakat: ambillah hadis yang berasal dari sumbernya, yaitu Rasulullah Saw (salawat dan salam atas beliau).

Hadis riwayat Ibnu Majah, “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” Beberapa mubaligh juga mengingatkan, “Ibadah itu mengandaikan adanya ilmu. Tertolaklah ibadah yang tidak didasari ilmu.”

Para fuqoha (ahli fiqh, hukum Islam) merumuskan bahwa untuk ibadah ma’dah seperti salat, zakat, haji berlaku dalil, “Semua terlarang kecuali bila ada nash (rujukan hukum) yang membolehkannya.”

Sebaliknya, untuk ibadah mu`amallah yaitu yang menyangkut hubungan antarmanusia berlaku, “Semua boleh kecuali bila ada nash yang melarangnya.”

Nah, para fuqoha juga mengingatkan, pahala salat berjamaah itu 27 kali lebih besar ketimbang salat sendirian. Sayangnya, di banyak masjid atau musola, ada saja oknum (dari bahasa Arab uqnum = individu, perseorangan) yang tidak melakukan salat berjamaah sesuai sunnah Rasulullah Saw. Padahal, Rasulullah adalah contoh terbaik bagaimana syariat itu dilaksanakan.

Lalu, jangan pernah merasa tahu karena telah sejak kecil menjalankan salat sehingga tidak perlu lagi belajar salat. Ukuran ilmu bukanlah panjangnya usia melainkan ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya. Nabi Saw yang mengajarkan, “Salatlah sebagaimana aku salat”; bukan “salatlah sebagaimana guru-gurumu (ustaz, kiai) salat”.  

Kriteria yang paling berhak menjadi imam pertama-tama adalah paling banyak hafal Quran. Sehingga, jika sekumpulan orang hendak menyelenggarakan salat berjamaah sementara yang paling banyak hafal Quran adalah seorang anak berusia 14 (yang lainnya bapak-bapak di atas 4O tapi hafalannya amat minim), anak itu lebih berhak jadi imam.

Pelajari terus perbendaharaan hadis Nabi Saw. Pesan yang akan kita tangkap adalah, di masjid tak pernah ada dua imam dalam salat berjamaah.

Artinya, kita dilarang membuat jemaah baru jika masih ada jemaah yang tengah salat berjamaah. Gabung bersama jemaah tersebut, atau tunggu sampai mereka menyelesaikan salat, baru bikin jemaah baru.

Kita berhak untuk tidak bermakmum kepada seseorang. Tapi, kita tetap perlu menunggu selesainya suatu prosesi salat berjamaah sebelum bikin jemaah baru dengan imam yang dikehendaki.

Menjadi makmum pun perlu ada ilmunya, bukan cuma ikut-ikutan saja. Makmum bergerak hanya jika imam selesai mengucapkan isyarat. Gerakan makmum tidak boleh bersamaan atau --apalagi-- mendahului gerakan imam. Makmum dilarang menzahar (mengeraskan suara).

Mengenai salat berjamaah di masjid, memang ada anjuran yang kuat bahwa sebaik-baik salat (fardu) seorang laki-laki adalah berjamaah di masjid, sedangkan sebaik-baik salat seorang perempuan (fardu maupun sunnah) adalah di rumah.

Tapi, tak ada larangan buat perempuan salat di masjid, bahkan pada hari raya idulfitri dan iduladha mereka semua dianjurkan mendatangi berlangsungnya prosesi salat id yang hukumnya sunnah muakad di luar rumah; terutama untuk mendengarkan khotbah.

Jangan lupa, rumah juga musti sering dijadikan tempat salat, atau hunian itu menjadi suram seperti kuburan karena tidak diterangi cahaya ayat-ayat Allah.

Allah dan rasul-Nya lebih patut ditaati. (ap)



Penulis : Agung Puspito
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 02 August 2018

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
03 May 2018 20:46:36

Tombol Stop di Kepala

 
ADVERTORIAL
06 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
OASE
02 February 2018 14:47:57

Sahabat Surga

 
OASE
10 August 2017 11:43:12

Rezeki

 
OASE
08 November 2019 10:45:01

World Zakat Forum 2019 Hasilkan Tujuh Resolusi

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284