ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 09 Desember 2019 | 12 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
OASE

Cegah Penyakit Zaman Now dengan Iman

23 September 2018 14:37:42
Cegah Penyakit Zaman Now dengan Iman
Sumber : www.jagad.id

ChanelMuslim.com-Kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan seseorang. Karenanya, salah satu jaminan dalam dunia kerja yang diberikan para pengusaha kepada para pekerjanya adalah jaminan kesehatan. Bahkan, para politikus saat berkampanye memasukkan program kesehatan ke dalam janji - janji politiknya.

Rumah sakit tidak pernah sepi dari pengunjung yang berstatus pasien, meski kuantitas Rumah Sakit bertambah. Klinik - klinik kesehatan pun ramai dari pengunjung yang kerap memacetkan jalan. Badan penyelenggara jaminan kesehatan pun kewalahan membayar Rumah Sakit dan Klinik yang bekerja sama dengannya.

Keadaan tersebut menunjukkan aspek kesehatan merupakan aspek terpenting bagi kehidupan seseorang, yang kebutuhannya terus meningkat.

Zaman now, pertumbuhan pembangunan di seluruh dunia terjadi sangat cepat, nyaris tidak dapat diprediksi. Tentu pertumbuhan tersebut membawa pengaruh perubahan yang juga cepat di segala bidang kehidupan. Yang jauh menjadi dekat, yang lama menjadi cepat, yang dahulu harganya tak terjangkau kalangan bawah sekarang semua kalangan berlomba menggunakannya. Informasi tentang dunia sudah ada di genggaman tangan manusia zaman now.

Industri - industri yang dahulu mengoperasikan produksinya menggunakan tenaga kerja manusia, kini telah beralih menggunakan mesin - mesin terkomputerisasi. Persaingan dunia kerja bertambah ketat, bukan saja bersaing dengan tenaga kerja lokal. Tenaga kerja asing pun kini ikut menyaingi tenaga kerja dalam negeri. Setiap tenaga kerja terhantui oleh pemutusan hubungan kerja (PHK), di lain sisi, persaingan mencari perkerjaan sangat ketat.

Pertumbuhan pembangunan, perubahan di segala bidang dan persaingan dunia kerja, menjadi faktor penyebab penyakit yang tidak pernah diderita pada manusia zaman dahulu. Kegelisahan, frustasi, tertekan, kebingungan berbuat, khawatir tentang masa depannya adalah keadaan kejiwaan manusia zaman now.

Paramedis mengungkapkan bahwa penyakit yang diderita oleh tubuh sangat dipengaruhi oleh keadaan jiwa. Artinya tubuh dan jiwa memiliki hubungan dalam menentukan kesehatan seseorang. Di kesehatan tradisional pun disebutkan bahwa penyakit orang dewasa umumnya karena masalah "shen" atau kejiwaan. Di kesehatan konvesional disebut dengan "Psychosomatic disorder" , penyakit dalam tubuh manusia yang disebabkan oleh gangguan kejiwaan.

Ketidaktenangan jiwa akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh dan mendorong tubuh untuk meningkatkan produksi hormon kortisol dan adrenalin.

Hormon kortisol mempengaruhi sebagian besar tugas tubuh. Hormon ini dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan pengendapan lemak yang akhirnya menaikkan tekanan darah. Hormon ini juga mempengaruhi pembentukan sel - sel darah dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :
»
»
»

Hormon adrenalin dapat meningkatkan denyut jantung sehingga darah yang dipompa lebih banyak. Ketika tekanan darah meningkat, hormon ini dapat menghambat fungsi pembuluh darah, meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan mempengaruhi kinerja sistem pernafasan dan pencernaan.

Kedua hormon tersebut sesungguhnya diproduksi tubuh untuk bersama - sama mempersiapkan tubuh menghadapi keadaan yang tertekan. Namun, keduanya dapat membahayakan tubuh manakala diproduksi secara berlebihan. Tubuh berkeringat dingin, tekanan darah meningkat dan pupil mata membesar merupakan reaksi umum tubuh terhadap kedua hormon tersebut.

Rasa khawatir akan masa depan dan hasil kerja, frustasi menghadapi persoalan hidup, kecewa dengan hasil yang diraih, marah menghadapi keadaan. Merupakan perasaan yang banyak dialami manusia zaman now, yang mengakibatkan jiwanya terganggu sehingga keseimbangan sistem tubuhnya pun terganggu. Akhirnya penyakit yang tidak diderita manusia zaman dulu mereka peroleh dengan mudah.

Dengan kata lain. Hanya jiwa yang tenanglah yang dapat terhindar dari penyakit - penyakit zaman now. Ketenangan jiwa akan menciptakan keseimbangan sistem dalam tubuh dan memperkuat daya tahannya dari penyakit.

Untuk mendapatkan ketenangan jiwa hanya bisa diperoleh dengan beriman kepada Alloh swt secara benar sesuai tuntunan yang disampaikan Rasululloh saw. Meyakini dengan benar bahwa hanya Allohlah satu - satu nya pencipta dan pengatur kehidupan ini.

Orang yang beriman yakin bahwa setiap kebaikan dan keburukan yang menimpa dirinya adalah atas kehendak Alloh swt. Jika memperoleh kebaikan ia bersyukur. Jika memperoleh keburukan, ia bersabar, berserah diri dan yakin Alloh akan memberinya pahala atas musibah yang dialaminya.

Setiap datang persoalan hidup, orang yang beriman akan segera datang menghadap kepada Alloh swt, sang pemilik kehidupan, melalui dzikir, sholat, membaca alquran dan amalan sholeh lainnya sehingga jiwanya bertambah tenang.

Orang beriman pun terhadap masa depan dan hasil usahanya senantiasa bertawakal kepada Alloh swt sehingga hilang rasa cemas, khawatir di dalam menjalankan kehidupan ini.

“Orang-orang yang beriman dan qolbu mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Alloh. Ingatlah, hanya dengan mengingat Alloh qolbu menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah qolbu (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

Wallohu 'alam

Aa Fajar

Guru TK Islam PB Soedirman Cijantung Jakarta Timur



Penulis : Firman Mudiana Fajar
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 21 September 2018

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
OASE
25 March 2018 15:02:13

Ayah Ibu Mari Perbaiki Diri Kita

 
OASE
29 August 2018 22:34:16

Memetik Hikmah dari Kisah Salmon dan Hiu Kecil

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284