ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 29 November 2020 | 14 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Wujudkan Wakaf sebagai Energi Kedaulatan Pangan, Global Wakaf ACT Kolaborasi YP3I dan Gema Petani

29 October 2020 14:05:38
Diskusi Kebangsaan bertajuk \\\
Diskusi Kebangsaan bertajuk \\\"Wakaf, Energi Kadaulatan Pangan Bangsa\\\' hari ini Kamis (29/10). Foto: Desi CMM

ChanelMuslim.com - Tantangan menjawab kebutuhan pangan, Global Wakaf ACT telah meluncurkan program Masyarakat Produsen Pangan Indonesia (MPPI) yang juga memberdayakan petani lokal.

Para petani akan diberikan modal berupa bibit dan pupuk, kemudian hasil panennya akan kembali dibeli ACT dengan harga terbaik. Program MPPI ini ternyata disambut baik oleh Yayasan Penguatan Peran Pesantren lndonesia (YP3I) dan Gerakan Masyarakat Pesantren untuk Ketahanan Pangan Indonesia (Gema Petani).

Kerja sama ini rencananya akan mernbantu penggarapan Iahan sekitar 1.500 petani di lahan seluas 500 hektare di Jawa Timur.

Ketua Dewan Pembina Aksi Cepat Tanggap Ahyudin mengatakan jadl insyaallah Global Wakaf ACT borsama dengan YP3I dan Gema Patani akan membuat proyek pertama 500 hektare sawah padi.

"Program kerja sama ini didanai seluruhnya oleh dana wakaf. Lalu kemudian, Kita punya program wakaf pangan. dari sawah ini nanti padi masuk ke Lumbung Beras Wakaf. Gabah akan digiling yang hasilnya nanti insyaAllah akan didistribusikan kepada masyarakat. Termasuk petani yang belum sejahtera," ungkap Ahyudin dalam acara Diskusi Kebangsaan bertajuk "Wakaf, Energi Kadaulatan Pangan Bangsa' hari ini Kamis (29/10).

Wujudkan Wakaf sebagai Energi Kedaulatan Pangan, Global Wakaf ACT Kolaborasi YP3I dan Gema Petani  Diskusi Kebangsaan bertajuk "Wakaf, Energi Kadaulatan Pangan Bangsa' hari ini Kamis (29/10). Foto: Desi CMM

Ahyudin juga menjelaskan bahwa era peradaban telah terjadi sejak fase Islam barkembang di Madinah. Pada masa itu masyarakat diberdayakan secara ekonoml dan sosial melalui wakaf hingga mendapatkan kedaulatan yang paripurna. Sehingga. apabia dikelola dengan baik, wakaf akan menciptakan peradaban yang tinggi dan baik pula di masa sekarang.

'Wakaf bisa mendorong manusia untuk saling mandiri, memberi. dan mencontoh keteladanan umat terdahulu dalam bermasyarakat dan bemegara. Wakaf juga termasuk instrumen keuangan tertinggi dalam sistem keuangan karena berdampak pada tujuan ekonomi dan sosial," sebut Ahyudin.

Wujudkan Wakaf sebagai Energi Kedaulatan Pangan, Global Wakaf ACT Kolaborasi YP3I dan Gema Petani  Diskusi Kebangsaan bertajuk "Wakaf, Energi Kadaulatan Pangan Bangsa' hari ini Kamis (29/10). Foto: Desi CMM

Jika ekonoml umat tercipta dengan sangat baik dan kehidupan sosial antar manusia Itu tecipta, sambung Ahyudin maka itulah cikal bakal peradaban.

"Mari gerakkan wakaf dan kita perjuangkan kedaulatan pangan umat. InsyaAllah, jika umat berdaulat dengan pangan, maka umat akan mandiri, punya harga diri, dan bebas dari kemiskinan, " ajak Ahyudin.

KH. DR. Mahfudz Syaubari selaku pimpinan YP3I dan Gema Petani turut menyambut positif adanya kolaborasi ini.

"Alhamdulillah kita sebagai tuan rumah, yakni Pondok Pesantren Riyadhul Jannah, sangat bersyukur menjadi bagian dari kerja sama ini. Kita berharap bahwa, kerja sama ini nanti bisa betul-betul dirasakan oleh umat. Khususnya di tengah krisis dikarenakan pandemi global saat ini. Mudah-mudahan kehadiran Global Wakaf - ACT dengan YP3I ini bisa membantu menangani dan memberikan solusi kepada umat khususnya di bidang ketahanan pangan, " ungkapnya.

Wujudkan Wakaf sebagai Energi Kedaulatan Pangan, Global Wakaf ACT Kolaborasi YP3I dan Gema Petani  Diskusi Kebangsaan bertajuk "Wakaf, Energi Kadaulatan Pangan Bangsa' hari ini Kamis (29/10). Foto: Desi CMM

Karena benarnya kekuatan wakaf ini, KH. Syaubari mengajak kepada masyarakat untuk semakin menggerakkan wakaf secara luas.

"Yang perlu diluruskan sekarang ini dan perlu kita kampanyekan, bahwa wakaf itu tidak hanya sekedar 3M, Madrasah, Masjid dan Makan. Tetapi, ada kekuatan ekonomi yang bisa digerakkan oleh wakaf produktif yang saat ini dimotori dan telah dilakukan oleh Global Wakaf - ACT. Alhamdulillah, ada pertanian yang didanai dari dana wakaf, ada rumah sakit, ada penggilingan gabah dan lain sebagainya. Ini suatu terobosan, bisa mengatasi problem yang ada di umat, "tutup KH. Syaubari.

Kolaborasi ini sekaligus menjadi perwujudan nyata dari gerakan" Bangkit Bangsaku" dimana kegotongroyongan dan optimisme menjadi bahan bakar dalam menjalani masa darurat akibat pandemi Covid-19. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
diskusi kebangsaan bertajuk \\\"wakaf
energi kadaulatan pangan bangsa\\\' hari ini kamis (29/10). foto: desi cmm
global wakaf act
wakaf
kedaulatan pangan
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
02 March 2018 08:28:26

Wonderkind Festival 2018 dibuka Oleh Ahmad Syaikhu

 
NASIONAL
08 September 2020 13:30:26

Daram Direktur Baru LAZ Al Azhar 2020-2024

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284