ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 05 Desember 2020 | 20 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Silaturahim dengan PP Salimah, Anis Jelaskan Skema Kerja sama Pemerintah dengan Ormas

06 November 2020 17:00:22
Silaturahim dengan PP Salimah, Anis Jelaskan Skema Kerja sama Pemerintah dengan Ormas
Silaturahim dengan PP Salimah, Anis Jelaskan Skema Kerja sama Pemerintah dengan Ormas

ChanelMuslim.com - Dalam silaturahim dengan Pengurus Pusat Organisasi Kemasyarakatan Persaudaraan Muslimah (SALIMAH) pada Kamis, 5 November 2020, di Jakarta, Anggota Komisi XI DPR RI, Dr. Anis Byarwati menyampaikan catatan penting terkait kerja sama Pemerintah dengan Ormas dan LSM untuk Penanganan Covid-19.

Dalam pertemuan yang dilakukan sebagai bagian dari kegiatan reses ini, Anis memberikan wawasan dan informasi global tentang Skema APBN 2021. Secara spesifik, Anis menjelaskan mengenai kerja sama yang mungkin dilakukan antara Pemerintah dengan Ormas khususnya dalam penanganan Covid-19.

Anis menyampaikan bahwa Pemerintah membuka kerja sama dengan Ormas/LSM dalam pengadaan barang/jasa untuk penanganan Covid-19. Hal ini sebagaimana disampaikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk merangkul Ormas/LSM melalui skema Swakelola Tipe lll sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018. Pernyataan Mendagri ini tercantum dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No. 440 yang dirilis pada 6 Oktober 2020 tentang Kemitraan Antara Pemerintah Daerah dengan Organisasi Kemasyarakatan termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

"Selain untuk mempercepat penanganan Covid-19, kerja sama Pemerintah dan Ormas juga diharapkan akan meningkatkan kemampuan teknis SDM Ormas/LSM dalam penanganan Covid-19," papar Anis.

Adapun skema Swakelola Tipe III ini terdiri dari berbagai bentuk kegiatan, seperti penyelenggaraan sosialisasi/penyuluhan mengenai pencegahan dan penanggulangan Covid-19, sensus, survey, tata kelola hingga pengadaan barang dan jasa.

Kepada para peserta yang hadir secara virtual, legislator dari fraksi PKS ini memaparkan persyaratan yang harus dipenuhi Ormas/LSM yang berminat mengakses program kemitraan dengan pemerintah tersebut. Di antaranya, Ormas/LSM tersebut sudah berbadan hukum dan terdaftar di Kemenkumham, memiliki perangkat organisasi, mempunyai bidang kegiatan yang berhubungan dengan barang/jasa yang diadakan, memiliki neraca keuangan yang diaudit dalam 3 tahun terakhir, memiliki alamat yang jelas, serta memiliki kemampuan teknis dan manajerial dalam menyediakan barang/jasa sejenis dalam 3 tahun terakhir.

Paparan Anis yang didahului dengan penjelasan tentang APBN 2021 ini menjadi isu yang sangat menarik sehingga mendapat respon dan tanggapan antusias dari peserta rapat. Mereka berharap PP Salimah dapat turut serta mewujudkan kerja sama serupa dengan Pemerintah maupun pihak-pihak lain.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
silaturahim dengan pp salimah
anis jelaskan skema kerja sama pemerintah dengan ormas
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
06 April 2019 08:33:43

Muallaf, Bahagia dalam Dekapan Hidayah

 
NASIONAL
17 July 2020 18:50:47

PKS Menolak RUU BPIP Jadi Pengganti RUU HIP

 
 
NASIONAL
15 May 2020 14:39:58

Laznas Dewan Dakwah Takziah ke Makam Covid-19

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284