ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 05 Juli 2020 | 15 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Ramadan 1441 H, DDHK Salurkan Rp145 Juta Lebih Zakat Fitri PMI

05 June 2020 11:52:50
Ramadan 1441 H, DDHK Salurkan Rp145 Juta Lebih Zakat Fitri PMI
Penyaluran zakat

ChanelMuslim.com —Pada tahun ini Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) menyalurkan dana zakat fitri senilai Rp145 juta lebih yang dibagikan kepda 2.800 penerima manfaat. Dana tersebut dikumpulkan dari pembayaran zakat fitri warga Indonesia, terutama pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong dan Macau. (Kamis, 4/06)

“Uang zakat yang disalurkan, alhamdulilah mencapai Rp145.481.400 dan dibagikan kepada 2.800 penerima manfaat yang terdiri dari orang tua lanjut usia, fakir, miskin, dan anak-anak yatim,” kata General Meneger DDHK, Imam Baihaqi.

Penyalurannya sendiri didistribusikan ke beberapa lokasi yang umumnya merupakan daerah asal PMI Hong Kong dan Macau. Tercatat, setidaknya 2.800 penerima zakat tersebut tersebar di 27 Kabupaten dan kota di Indonesia.

Diantaranya, Jakarta, Cirebon, Magetan, Malang Selatan, Lembayan Magetan, Ngoro Jombang, Jember, Tulung Agung, Pacitan, Kebasen Banyumas, Kendal, Mojokerto, Blitar, Malang, Purwodadi, Banjarnegara, Pati, Pekalongan, Kediri, Lombok NTB, Riau, Lampung, Madiun, Rembang, Purwokerto, Ponorogo, Haurgeulis dan Sumedang. Sebagian juga disalurkan untuk para penerima manfaat di Hong Kong dan Macau. “Manfaat zakatnya, terutama dibagi di berbagai Provinsi dan daerah di Indonesia. Pembagiannya dalam bentuk dana dan sembako,” kata Imam.

Sepanjang bulan Ramadan, ungkap Imam Baihaqi, “Secara total DDHK berhasil menghimpun dana sebesar HK$386,194 dari masyarakat. Dana sebesar sebesar itu mencakup dana titipan zakat fitri, zakat maal, infak, sedekah, donasi kemanusian, wakaf mushola dan donasi sosial lainnya. Terima Kasih, PMI Hong Kong dan Macau!”

Beberapa lokasi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi salah satu tempat DDHK penyaluran zakat fitri. Salah satunya, dititipkan kepada lembaga Veteran Indonesia, Dusun Tarum, Kecamatan Sambelia.

Ramadan 1441 H, DDHK Salurkan Rp145 Juta Lebih Zakat Fitri PMI

Moh. Zaenul Hasan Makripun, Ketua Lembaga tersebut, menyampaikan apresiasi kepada DDHK dan ucapan terima kasih kepada PMI Hong Kong dan Macau.

“Alhamdulilah, kegiataan ini sangat bermanfaat untuk membantu orang yang kurang mampu. Semoga DDHK tetap solid dalam menebar kebaikan. Jazakumullah khoiron, PMI Hong Kong dan Macau! Semoga menjadi amal yang baik. Orang-orang di dusun kami sangat berterima kasih atas donasi yang didapatkan. Kami sangat berharap kegiataan ini terus berjalan dan jangan lelah dalam menebar kebaikan," ucap Zaenul.

Sedangkan Elmi, warga Lenek, Kecamatan Lenek, Lombok Timur mengungkapkan kegembiraannya atas adanya penyaluran dana zakat fitri PMI Hong Kong dan Macau ke kampungnya.

“Kami sangat senang dengan adanya pembagian zakat fitrah yang disalurkan oleh PMI dan Dompet Dhuafa Hong Kong. Apalagi, di saat krisis seperti sekarang ini. Harapan kami kepada para PMI dan DDHK, teruslah berkomitmen memeberikan bantuan kepada masyarakat di kampung, terutama yang sangat membutuhkan. Masyarakat sangat mengapresiasi bantuan yang didapat untuk bertahan hidup di saat pendemi sekarang ini," ujar Elmi. [Wnd/rls]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
05 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
NASIONAL
01 March 2020 07:34:57

Ada Shuttle Bus Selama IBF 2020, Ini Rutenya

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284