ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 22 Januari 2020 | 27 Jumadil Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

QUIS Harakatul Qur’an Gemparkan Warga Batang Kabung

06 September 2017 04:09:52
quis

ChanelMuslim.com - ’Tarimo kasih, QUIS Daqu sungguh membawa berkah,’’ ucap Ustaz Syukur Usman saat melepas kepergian Tim QUIS (Qurban Istimewa) Daarul Qur’an (Daqu), Sabtu (2/9). Tim hendak menyeberang ke Kepulauan Mentawai.

Lelaki berpenampilan ‘’sangar’’ itu mengungkapkan, dengan pemotongan qurban dari QUIS Daqu pada Jumat dan Sabtu (1-2/9), nama Pesantren Tahfizh Harakatul Qur’an yang didirikannya menjadi familiar. Pun nama Daarul Qur’an. ‘’Warga sekitar sini sekarang tahu yang namanya Daarul Qur’an,’’ kata Syukur senang.

Baru jalan dua tahun Pesantren Tahfizh Harakatul Qur’an yang terletak di tepi Sungai Batang Aie Dingin, Kelurahan Batang Kabung, Kec Koto Tangah, Kota Padang, itu. Jumlah santrinya juga masih bisa dihitung dengan jari. Mereka santri perintis, generasi perdana, yang diasuh pimpinan pondok dan seorang guru tahfizh.

‘’Pesantren ini sekarang jadi hidup-mati saya, setelah kenyang dengan urusan dunia,’’ tutur Syukur. Ia mengungkapkan, dulu dirinya mondok di Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Seangkatan dengan Ustaz Ahmad Jameel dan Soleh yang kini masing-masing mengabdi di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an dan PPPA Daarul Qur’an.

Selepas mondok, kata Syukur, kami bersimpang jalan. ‘’Saya terjun ke dunia usaha di Jakarta dan Padang, menjadi pekerja hingga meraih jabatan tertinggi dalam proyek infrastruktur yang membangun antara lain Bandara Internasional Minangkabau Padang.’’

Dunia proyek membuatnya seakan lupa dengan agama. Hingga suatu ketika, ia didatangi kedua sahabatnya, Ahmad Jameel dan Soleh. Mereka mengajaknya bergabung dalam penyelenggaraan Wisuda Akbar Indonesia Menghafal di Padang.

‘’Gila, batin saya. Saya waktu itu sudah lupa shalat, Qur’an pun tak pernah menyentuh lagi, hafalan hilang, eh diajak kegiatan wisuda tahfizh Qur’an. Benar-benar gila,’’ kenang Syukur sambil tertawa lebar kepada Tim QUIS Daqu, dalam perbincangan jelang tengah malam di Pesantren Harakatul Qur’an, Jumat (31/8).

Tiba-tiba, bumi bergoyang. Saung tempat kami bercengkerama, berderak. ‘’Gempa, gempa, lari…,’’ seru Syukur sambil meloncat dan lari ke lapangan rumput depan pesantren.

Tim QUIS Daqu yang belum pernah mengalami trauma gempa, kalem saja. Toh saung disangga kayu dan beratapkan melamin.

‘’Besar ini gempa, mirip gempa tahun 2009 itu,’’ kata Syukur sambil masih ngos-ngosan. ‘’Pasti orang-orang sudah memenuhi jalan untuk lari,’’ imbuhnya, yang kemudian terbukti benar ketika kami cek.

Seperti hentakan gempa itulah yang dirasakan Syukur tatkala diajak kembali oleh sahabat sealmamaternya. Ia kemudian terlibat dalam penyelenggaraan Wisuda Akbar. Bahkan kemudian ia mendirikan Rumah Tahfizh, yang lalu diperluas menjadi pesantren. Dalam rapat koordinasi akhir Agustus lalu, Ustaz Syukur Usman malah diamanahi sebagai Koordinator Daerah Rumah Tahfizh Sumatera Barat, membawahi belasan Rumah Tahfizh mitra Daarul Qur’an di Provinsi Serambi Madinah.

Semula, warga Batang Kabung heran, kok ada pemuda-pemuda ‘’preman’’ mendirikan pesantren di pelosok Koto Tangah di tepi sungai. Masyarakat antara segan, takut, dan curiga, untuk mendekat. Hingga kemudian kegemparan kecil terjadi saat Pesantren Harakatul Qur’an memotong qurban kambing dan jawi (sapi) serta membagi-bagikan dagingnya untuk warga sekitar.

Wargapun berkumpul di pesantren itu untuk menyelenggarakan prosesi qurban hingga makan daging bersama-sama masakan para ibu. Alhamdulillah.[ah/bowo]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
quis
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
28 March 2018 23:17:57

Ini 11 Sarden Mackarel Lokal yang ditarik BPOM

 
NASIONAL
28 September 2017 22:12:33

Vokalis Nasyid 'Skala' Jadi Relawan Dewan Dakwah

Bantu Korban Banjir Jakarta bersama CHANELMUSLIM
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284