ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 31 Mei 2020 | 9 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Presiden RI Nyatakan Dukung Indonesia jadi Pusat Busana Muslim Dunia

27 April 2018 09:58:48
Busana muslim, chanelmuslim, presiden Jokowi, potensi busana muslim, IFC, Ali charisma, KEIN, Pusat Busana muslim dunia,
Presiden Jokowi menerima Komunitas Fashion Muslim di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (26/4)

ChanelMuslim.com - Akhirnya, perjuangan para penggiat fashion tanah air menjadikan Indonesia  sebagai pusat fashion busana muslim  di dunia mendapatkan dukungan langsung dari  Presiden Joko Widodo.

Terbukti pada Kamis (26/4), Presiden Jokowi mengundang Komunitas Fashion Muslim untuk bersama-sama merumuskan rencana bersama untuk menggali potensi yang besar ini.

"Saya yakini insya Allah kita akan bisa memiliki kekuatan besar dalam menguasai pasar busana muslim dunia," tegas Jokowi di awal   sambutan di depan 26 perwakilan Komunikasi Fashion Muslim bertempat di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

Presiden Jokowi yang langsung didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengaku sangat kaget saat membuka gelaran Muffest 2018 pada 19 April lalu.

"Saya melihat ada sebuah potensi, ada sebuah kekuatan kita, ada sebuah talenta-talenta dari desainer kemudian dari busana-busana muslim yang kita harapkan nantinya apabila ini dibicarakan terus di antara kita dalam rangka terutama penguasaan pasar, baik di pasar dalam negeri maupun di pasar pasar ekspor," ujar Presiden ke tujuh RI ini.

Presiden RI Nyatakan Dukung Indonesia jadi  Pusat Busana Muslim Dunia

Presiden Jokowi bersama komunitas fashion muslim membahas mengenai strategi Indonesia Pusat busana muslim dunia (Foto: Protokoler Presiden RI)

Bahkan Jokowi menyampaikan, berdasarkan informasi yang dikantonginya setiap tahun ada 166 triliun nilai ekonomi dari dunia industri fashion muslim.

"Khusus busana muslim saja tercatat ada sebesar Rp 45 triliun. Ini kan sebuah jumlah yang sangat besar sekali," tegasnya lagi.

Presiden meyakini, kerja sama antara pemerintah dan fashion muslim bisa mendorong busana muslim masuk ke pasar dunia.

"Memang harus ada kerja sama yang baik antara designer, antara pengusaha-pengusaha busana muslim dan juga pemerintah bersama sama," kata Jokowi.

Tahap Pertama Fashion Muslim District Akan Direalisasikan

Menyambut apresiasi Presiden yang mengundang langsung Komunitas Fashion Muslim untuk membicarakan strategi menjadikan Indonesia Pusat busana muslim dunia ini, anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN)  Irfan Wahid dalam keterangan pers usai pertemuan mengatakan bahwa kita akan segera realisasikan rencana untuk membuat Fashion Muslim District.

"Tadi disepakati kita akan buat fashion district, jadi Muslim Fashion District kita akan cari tempatnya di mana. Tadi ada beberapa usulan, salah satunya di Pasar Baru atau Kota Tua," ungkap  Irfan Wahid di hadapan media.

Presiden RI Nyatakan Dukung Indonesia jadi  Pusat Busana Muslim Dunia

Presiden Jokowi bersama komunitas fashion muslim membahas mengenai strategi Indonesia Pusat busana muslim dunia (Foto: Protokoler Presiden RI)

Irfan juga menjelaskan  Muslim Fashion District yang ada di Pasar Baru atau Kota Tua  nanti akan dibuat seperti Harajuku di Tokyo, Jepang. Bedanya, Muslim Fashion District ini nanti lebih khusus kepada busana-busana yang bernuansa Islami.

"Tadi intinya untuk menguatkan bagaimana fashion muslim Indonesia. Nah akhirnya kami menggagas, kita undang stakeholder, pelaku-pelaku dari kementerian, lembaga, kemarin kita kumpulin teman-teman dari fashion desainer maupun pelaku ini lah yang kita undang ketemu Pak Jokowi," ujar Irfan Wahid.

Desainer Tawarkan Program Kongkrit 

Selain itu Chairman Indonesia Fashion Chamber, Ali Charisma  yang turut hadir mengatakan para desainer Tanah Air menawarkan program kongkrit untuk membuat Indonesia menjadi pusat mode atau fesyen busana muslim.

Menurut Ali, peluang tersebut terbuka sangat lebar mengingat beberapa negara telah memiliki ciri khasnya masing-masing, seperti‎ Milan dengan ready to wear, Amerika dengan sport wear, Tokyo dengan kontemporer, London dengan street wear‎, dan Indonesia nanti dikenal dengan muslim wear.

"Kami ingin membawa dunia ke Indonesia untuk busana muslim yang kita harapkan karena Indonesia sebagai salah satu tawaran yang kita punya. Itu (pakaian muslim) salah satu tempat yang masih kosong yang perlu kita isi," sebut Ali dihadapan media.

Ali melihat, pasar-pasar busana muslim Indonesia sangat terbuka karena mode yang ditawarkan sangat beragam, sehingga akan cocok untuk negara Timur Tengah, Amerika, Eropa, Turki, dan Asia.

"Itulah salah satu kekuatan busana muslim Indonesia bisa menjadi tuan rumah. Presiden sangat positif (responnya) dan akan segera dilaksanakan, kami akan menjalankan. Insya Allah akan mengikuti gaya bisnis internasional ada dua musim yaitu summer dan winter," terang Ali.

Presiden RI Nyatakan Dukung Indonesia jadi  Pusat Busana Muslim Dunia

Presiden Jokowi bersama komunitas fashion muslim membahas mengenai strategi Indonesia Pusat busana muslim dunia (Foto: Protokoler Presiden RI)

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Media Online Keluarga Muslim,  ChanelMuslim.com atau lebih dikenal dengan CMM sangat mengapresiasi sinergi antara pemerintah, komunitas fashion, desainer, pelaku usaha dan media untuk mewujudkan Indonesia jadi pusat busana muslim dunia. 

"Alhamdulillah, kami CMM juga diundang untuk menjadi bagian ikut mewujudkan Indonesia jadi pusat busana muslim dunia. Sinergi ini tentunya akan mempercepat tujuan bersama bahkan Presiden Jokowi dan jajarannya menunjukkan dukungan penuh terhadap cita-cita bersama ini," sebut Waode Hatty Nurani.

Perempuan yang biasa disapa Atty ini juga menyebutkan dari awal menjadi media, kami sangat concern terhadap busana muslim.

"Insyaallah kami juga akan terus mensosialisasikan perkembangan busana muslim, tren dan karya-karya Desainer-desainer untuk mengedukasi masyarakat dalam dan luar negeri agar semakin terwujud cita-cita bersama menjadikan Indonesia Pusat busana muslim dunia," tutup Atty. (red/whn)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
busana muslim
chanelmuslim
presiden jokowi
potensi busana muslim
ifc
ali charisma
kein
pusat busana muslim dunia
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
28 July 2018 14:38:07

AHY Tidak Direkomendasikan di Ijtima' Ulama

 
NASIONAL
07 May 2020 11:35:37

PLN Sebaiknya Diskon Tarif Listrik Korban PHK

 
NASIONAL
15 December 2018 22:40:40

Optimisme Padang Jadi Kota Internasional

 
NASIONAL
19 June 2018 23:11:50

Berdayakan Desa Lewat Ekonomi Mudik

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284