ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 29 November 2020 | 14 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Peran Pemuda sangatlah Penting dalam Menanggapi Isu Perubahan Iklim

27 October 2020 08:15:01
Peran Pemuda sangatlah Penting dalam Menanggapi Isu Perubahan Iklim, EU Climate Diplomacy Week
Peran Pemuda sangatlah Penting dalam Menanggapi Isu Perubahan Iklim

ChanelMuslim.com - Peran pemuda sangat penting dalam menanggulangi persoalan perubahan iklim. Jari Sinkari, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia menyarankan agar para pembuat kebijakan harus mendengarkan dan membiarkan suara anak muda untuk berkontribusi dalam masalah iklim. Pasalnya, merekalah yang nantinya akan menjalani kehidupan selanjutnya dari hasil kebijakan yang dibuat pada masa ini. Hal itu dikatakannya ketika memberikan sambutan dalam acara European Union Climate Diplomacy Week 2020 pada Sabtu, (24/10/2020).

Selain Jari Sinkari, perwakilan dari komunitas-komunitas yang berfokus kepada masalah iklim juga menyampaikan hal yang sama. Salah satunya adalah Arrum Harahap dari Youth for Climate Change Indonesia. Menurutnya, pemuda harus diberi ruang untuk ikut berkontribusi dalam kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

"Peran pemuda dalam perubahan iklim sangatlah penting. Tidak kalah penting adalah bahwa ke depannya, pemuda juga harus diikutsertakan atau dilibatkan dalam kajian/kebijakan terkait perubahan iklim karena biar bagaimanapun perubahan iklim adalah isu pemuda," kata Arrum.

Kemudian, terkait dengan peran pemuda, hal ini lebih dipertegas kembali oleh Indra Prasta, vokalis band The Rain. Ia menceritakan pengalaman-pengalamannya dalam berbuat untuk memperbaiki lingkungan, bahkan bersama bandnya, ia membuat lagu berjudul "Today for Our Tomorrow" yang bertemakan lingkungan.

"Pemuda sangatlah penting terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, bahkan sejak dini. Saya memulainya dari diri sendiri; misalnya sudah lama tidak menggunakan mobil pribadi, mengurangi pemanfaatan produk plastik, menghemat energi listrik di rumah, membawa botol minum dari rumah dan lain-lain," kata Indra.

Acara European Union Climate Diplomacy Week adalah acara rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Uni Eropa. Biasanya, acara ini diselenggarakan secara offline. Namun, karena kondisi pandemi seperti sekarang ini, rangkaian acara diselenggarakan melalui virtual. Akan tetapi, Duta besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket melihat ini sebagai hal positif.

"Keuntungan dari acara virtual ini adalah kita bisa menjangkau juga orang-orang dari daerah," jelas Vincent Piket.[ind/Camus]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
peran pemuda sangatlah penting dalam menanggapi isu perubahan iklim
eu climate diplomacy week
 
BERITA LAINNYA
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284