ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 03 Agustus 2020 | 14 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Dilema Tahun Ajaran Baru

09 June 2020 22:07:42
Dilema Tahun Ajaran Baru
Anak TK menggunakan face shield saat sekolah (foto: pixabay)

ChanelMuslim.com - Tanggal 13 Juli 2020, Tahun Ajaran baru 2020/2021 akan dimulai. Pemerintah melalui Dikdasmen Kemendikbud (Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) telah mengumumkan bahwa tahun ajaran baru tetap dilaksanakan pada 13 Juli 2020 namun bukan berarti pembelajaran dilakukan secara tatap muka di sekolah. Pemerintah Daerah akan menyusun peraturan sesuai kondisi daerah masing-masing. Ibu-ibu pun ikut gelisah, bagaimana nasib anak-anak mereka saat tahun ajaran baru dimulai.

Seperti yang dikeluhkan oleh Bu Umi, warga Bekasi ini tak bisa membayangkan jika anaknya harus berangkat sekolah dengan mengenakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, mulai dari masker, face shield, bahkan pakaian khusus seperti jas hujan yang dipakai saat berangkat dan pulang sekolah.

"Enggak kebayang anak-anak pakai begitu (APD-red) ke sekolah. Enggak bakal betah. Mendingan anak-anak tetap belajar di rumah daripada keluar beresiko terpapar virus," kata Bu Umi.

Namun, kekhawatiran Bu Umi tidak sepenuhnya dialami oleh Bu Misbah dari Kutai Kartanegara. Ia menganggap jika pandemi Covid berlangsung lama, anak-anak pada akhirnya juga perlu diajarkan tentang protokol Corona.

"Pastinya sebagian besar orang tua khawatir, kalau anaknya sekolah. Tapi anak-anak itu juga perlu diajari tentang disiplin corona, biar hati-hati. Karena, seandainya, corona akan berlangsung lama lebih dari setahun, 2 tahun, 3 tahun bahkan lebih, apakah selama itu juga anak-anak tidak sekolah," ujar Bu Misbah.

Di lain pihak, selama menanti peraturan resmi dari daerah setempat, beberapa sekolah merancang alternatif dalam penyelenggaraan belajar mengajar di era yang digadang-gadang disebut sebagai Normal Baru atau New Normal itu.

Seperti yang dilakukan oleh Jakarta Islamic School (JISc) sebuah sekolah Islam internasional di Jakarta Timur yang membuat metode belajar mengajar sendiri dengan memanfaatkan teknologi daring. Pelajaran disampaikan lewat Video hasil syuting para guru dan juga bertatap muka via aplikasi meeting online. Waktu belajar dimulai pukul 07.30 WIB dan anak-anak di rumah sudah siap belajar dengan mengenakan seragam sekolah. Sholat Dhuha, mengerjakan tugas, dan mendengarkan penjelasan dari guru berlangsung hingga menjelang Zuhur dan sekolah selesai. JISc juga membuat video-video edutainment agar anak-anak tidak bosan. Metode belajar mengajar online ini diprakarsai sendiri oleh Pendiri JISc Fifi. P. Jubilea.

Sementara JISc percaya diri dengan inovasi belajar mengajarnya, sekolah lain masih mempertimbangkan beberapa alternatif. Misalnya, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yaitu lewat grup WA, aplikasi meeting online maupun aplikasi belajar online; ataukah sekolah menerapkan aturan shift yaitu masuk bergantian dengan protokol kesehatan yang ketat di sekolah dan juga otomatis menambah biaya operasional sekolah untuk menyediakan perlengkapan yang diperlukan.

Meskipun pemerintah menegaskan dimulainya tahun ajaran baru bukan berarti dimulainya sekolah seperti pada masa normal, antusiasme masyarakat akan new normal life begitu terlihat dengan maraknya penjualan face shield. Artinya, sebagian orang tua sudah mengantisipasi kemungkinan terburuk yaitu jika sekolah akan dimulai dengan tatap muka di sekolah, baik dengan sistem shift atau penuh.

Bagaimana pun juga, melihat kasus Corona di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan, ada baiknya pemerintah mengkaji ulang kebijakan new normal khususnya untuk penyelenggaraan pendidikan. Bukan sekadar menetapkan kapan tahun ajaran baru dimulai, tapi juga kurikulum darurat saat sekolah tak lagi berjalan seperti biasanya.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
dilema tahun ajaran baru
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
03 August 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
NASIONAL
05 July 2020 22:31:21

Ini Maslahat-Mudharat RUU Omnibus Law Menurut MUI

 
NASIONAL
16 March 2019 08:31:47

Miliki Rumah dengan Metode Wakaf Produktif

 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
Munajat Dzulhijjah
 
 
TERPOPULER
 
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga