ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 16 Juli 2019 | 13 Zulqaidah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Di antara Semua Gubernur Jakarta, Hanya Pria Ini yang Selenggarakan Mudik Gratis

10 June 2019 19:03:49
Mudik Gratis
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

ChanelMuslim.com - Berbeda dengan kedua pendahulunya, Joko Widodo dan Ahok yang hanya melepas massa mudik gratis, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyelenggarakan mudik gratis. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 17.427 orang difasilitasi mudik gratis oleh Pemprov DKI.

Joko Widodo sebelum menjabat sebagai presiden pernah menjadi Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Pria yang disapa Jokowi ini pernah melepas massa mudik gratis yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan.

Padahal sebelum Joko Widodo dilantik, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan anggaran mudik gratis tersebut akan diwujudkan melalui penyediaan bus gratis pada musim mudik tahun mendatang.

“Kita akan mencoba menekan angka 1,2 juta motor yang digunakan untuk mudik pada tahun ini dengan memindahkan para pemudik ke angkutan massa,” kata Pristono yang ditemui dalam jumpa pers evaluasi angkutan Lebaran 2012, Senin (3/9).

Sayangnya rencana anggaran mudik gratis itu terlaksana pada tahun 2013, Jokowi hanya melepas massa mudik yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

Sebanyak 13 ribu pemudik, Kamis (1/8/2013) dilepas keberangkatannya oleh Jokowi.

Mudik gratis ini menggunakan bus sebanyak 250 dengan tujuan 44 daerah di Jawa Tengah dan Sumatera. Satu bus rata-rata dipenuhi oleh 52 orang penumpang.

 

Basuki Tjahja Purnama atau Ahok saat menjadi Gubernur Provinsi DKI Jakarta juga tidak menyelenggarakan mudik gratis melainkan hanya melepas massa mudik gratis.

Ia melepas 2.500 peserta mudik gratis dengan menggunakan 50 bus di parkir timur Senayan, Jakarta,  Selasa (14/7/2014) yang diselenggarakan oleh Telkomsel.

Telkomsel mengadakan Program Mudik Bareng menggunakan empat moda transportasi. Di antaranya pesawat terbang,  kapal laut, kereta api dan bus dengan total jumlah pemudik sebanyak empat ribu peserta.

Berbeda dengan kedua pendahulunya, Joko Widodo dan Ahok, Anies Baswedan menyelenggarakan mudik gratis. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 17.427 orang difasilitasi mudik gratis oleh Pemprov DKI.

Dilansir Sindonews, Kamis (30/5/2019), kegiatan Jakarta Mudik Bersama ini dilaksanakan dengan anggaran sekitar Rp14 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi DKI Jakarta, bukan seperti saat Jokowi atau Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI yang harus bekerja sama dengan lembaga lain seperti Kemenhub dan Telkomsel.

Saat melakukan pelepasan, Anies mengatakan terselenggaranya mudik gratis ini karena pendapatan pajak Pemprov DKI semakin meningkat, makanya wajar bila kegiatan ini diadakan.

"Berkat mereka, pendapatan pajak Jakarta meningkat. Karena itu, kita kembalikan pendapatan pajak itu kepada mereka dalam bentuk fasilitas kendaraan pulang mudik. Ini bukan dari kami. Ini dari pemudik, lewat Pemprov untuk pemudik. Itu yang kita kerjakan," tuturnya. 

Sayangnya, mudik gratis yang dilakukan oleh Pemprov DKI disinggung oleh sebagian netizen. Mereka mempertanyakan biaya mudik gratis yang mencapai milyaran. Padahal, selain Pemprov DKI banyak lembaga kementerian dan BUMN yang mengadakan mudik gratis. [Lam]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
mudik gratis
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
30 January 2019 00:41:34

Terkait Imam Harus NU, Begini Tanggapan MIUMI

 
NASIONAL
15 February 2019 18:15:02

HNW Sebut RUU P-KS Tidak Merujuk Nilai Agama


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284