ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 15 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

4 Bulan Kekeringan, LAZ Al Azhar Distribusikan 75 Ribu Liter Air Bersih Ke NTT

01 October 2020 11:31:15
4 Bulan Kekeringan, LAZ Al Azhar Distribusikan 75 Ribu Liter Air Bersih Ke NTT
Dropping air bersih dari LAZ Al Azhar

ChanelMuslim.com - Rabu (29/09), LAZ Al Azhar melakukan aksi distribusi air bersih untuk wilayah kekeringan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebanyak 15 mobil tangki dikerahkan menuju Desa Kolipadan, Polilolon dan Tagawiti, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT. Dalam sehari, 75 ribu liter air bersih dialirkan kepada masyarakat yang mengalami kekeringan, Rabu (29/09).

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa saat ini 100 persen dari total zona musim di Provinsi NTT masih berada dalam periode musim kemarau. Curah hujan yang minim berdampak pada pengurangan ketersediaan air tanah sehingga menyebabkan kelangkaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Sumber mata air dan sumur-sumur warga mulai mengering dan menjadi rebutan masyarakat.

Menurut penuturan Manager Pendistribusian LAZ Al Azhar, Faridun Nidhom Desa Polipadan menjadi desa terparah yang mengalami kekeringan. Setidaknya terdapat 445 Kepala Keluarga (KK) yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, cuci, kakus bahkan untuk keperluan memasak.

“Masyarakat di Kecamatan Ile Ape total ada 1.139 KK yang terdampak kekeringan. Dengan rincian 7 desa diantaranya Desa Kolipadan (445 KK), Desa Palilolon (67 KK), Desa Dulitukan (147 KK), Desa Tagawity (110 KK), Desa Beutaran (80 KK), Desa Rianbao (150 KK) dan Desa Kolontobo (140 KK). Hingga saat ini kami terus berikhtiar untuk mengalirkan bantuan secara merata,” katanya.

Di samping itu, masyarakat membutuhkan perjuangan yang ekstra untuk mendapatkan beberapa drum air. Kalaupun ada sumber mata air, mereka harus berjalan sejauh 30 kilo meter. Lain halnya untuk mereka yang tidak memiliki moda transportasi, mereka harus membeli air dengan harga tinggi yaitu Rp15.000/ drum atau sekitar 200 liter.

Dengan adanya bantuan dari para donatur, diharapkan bisa membawa manfaat dan keberkahan untuk saudara-saudara kita yang berada di NTT. Rencananya LAZ Al Azhar terus mengupayakan untuk dapat mengalirkan air bersih ke desa-desa lainnya dan meminta kepada warga untuk tidak resah dan tetap menggunakan air bersih dengan bijak. [Wnd/rls]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
05 March 2019 17:23:22

Dosen Bercadar Ajukan Banding Atas Pemecatannya

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284