ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 11 Desember 2019 | 14 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
LIFESTYLE

Terapkan Konsekuensi, Cara Indra-Mona Agar Anak Disiplin

24 July 2018 07:31:57
Mona Ratuliu berhijab, buku parenthink Mona Ratuliu, Hijab, Parenthink,Cara agar anak disiplin
Mona Ratuliu Instagram

ChanelMuslim.com - Pasangan keluarga Muslim Mona Ratuliu dan Indra Brasco nampak kompak dalam menerapkan pola asuh pada tiga anaknya, Davina Shava Felisa (15), Barata Rahadian Nezar (8), dan si bungsu, Syanala Kania Salsabila( 5).

Salah satunya, dalam hal menerapkan disiplin, Mona dan Indra menerapkan prinsip konsekuensi. Maksudnya, agar terbiasa disiplin, ketiga anaknya harus siap menerima konsekuensi bila aturan yang disepakati bersama dilanggar.

“Jadi ada aturan yang disepakati bersama dan bila dilanggar ada konsekuensi yang harus diterima anak-anak, “ujar Mona dikutip dari laman sahabatkeluarga.kemdikbud.

Misalnya, kata wanita berusia 36 tahun ini, bila ada rencana ke mall, maka disepakati anak-anak harus mandi sesegera mungkin. Bila saatnya tiba pergi ke mall dan ternyata ada anaknya yang belum mandi dan main game, maka tak segan Mona dan Indra meninggalkannya.

“Jadi disitu si anak belajar menerima konsekuensi atas sikap dan keputusannya sendiri. Itu kan ngga pake marah tapi tegas ngajak mereka untuk mau konsekuen atas pilihan yang diambil atau disepakati bersama,“ungkap Mona mencontohkan.

Mona mengatakan dirinya ingin mendidik anak untuk disiplin dan siap menghadapi konsekuensi bila dilanggar sejak dini, yakni sebelum si anak menginjak usia remaja.

“Sekarang masih bersama orangtua yang masih bisa melindunginya bila menghadapi suatu konsekuensi, tapi nanti kalau mereka sudah remaja, lepas dari jangkauan orangtua, harus siap mnghadapi konsekuensi sendirian. Mendingan sekarang terpentok-pentok saat menghadapi resiko, tapi nantinya sudah siap menghadapinya sendirian, “sebut Mona.

Cerita Mona, awal-awalnya saat diterapkan hal itu mendapat tentangan dari anak-anak, tapi seiring berjalannya waktu dan terus menerus diberi penjelasan, anak-anak akhirnya sudah paham aturannya memang begitu.

“Ahamdulillah, aturan yang diterapkan di sekolah relatif sama, “kata Mona.

Namun, diakui Mona, ada suatu ketika, ketika anaknya melanggar aturan, sebagai ibu, Mona ada perasaan tak tega memarahinya atau menghukumnya. Bila itu yang terjadi, Mona memilih menyerahkan pada Indra.

Namun soal penerapan pola asuh ini, diakui Mona, awalnya terjadi perbedaan antara dirinya dengan suaminya, Indra. Mona paham, perbedaan itu muncul karena antara dirinya dengan suaminya masing-masing membawa pola asuh yang diwariskan dari orangtuanya sehingga saat itu kerap terjadi perdebatan soal mencari pol asuh yang akan diterapkan. Sampai akhirnya Indra kewalahan sendiri karena anak-anak makin besar.

“Kok sama bundanya lebih gampang sementara sama saya tersendat-sendat. Dari situ Indra mulai sadar bahwa cara bundanya lebih efektif. Akhirnya ia ikut cara-cara yang saya dapatkan dari seminar-seminar, bahkan kemudian ia pun mulai ikut seminar-seminar parenting," kenang Indra.

Namun diakui Mona, bahwa karakter tiga anak-anaknya masing-masing berbeda. Sehingga, walau pola asuh yang diterapkan sama, hasilnya tidak begitu sama.

“Anak saya yang kedua itu belajar disiplinnya gampang banget, tapi yang ketiga selalu mencoba mengacak-ngacaknya. Jadi ya beda hasilnya. Karena itu, saya tak berharap hasilnya akan sama, tapi pola asuh yang diterapkan untuk kedisplinan, ketangguhan dan kepedulian, semua sama, “ungkap Mona.

Mona dan Indra juga punya prinsip yang sama dalam hal pemilihan sekolah. Beruntung, keduanya sama-sama bergerak di dunia kreatif, sehingga sekolah yang dipilih untuk anak-anaknya adalah sekolah yang dapat menstimuli kreatifitas siswa dan tidak terpatok pada kurikulum yang baku.

"Cara belajarnya tidak semata-amata di kelas dan duduk, tapi yang mengeksplorasi alam dan menyenangkan bagi siswa,"tutup Mona.

Sumber: www.sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

(jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
mona ratuliu berhijab
buku parenthink mona ratuliu
hijab
parenthink
cara agar anak disiplin
 
BERITA LAINNYA
 
 
LIFESTYLE
25 March 2019 15:10:02

Manfaat Investasi di Dekost Apartemen Syariah

 
LIFESTYLE
23 December 2017 08:24:14

Ibu-Ibu Palestina di Mata Melly Goeslaw

 
LIFESTYLE
29 March 2019 08:53:13

Ida Andriansyah : Dukungan Terbesar Saya itu Suami

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284