ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 16 November 2019 | 19 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
LIFESTYLE

Beragam Macam Bahan Untuk Beragam Model Kerudungmu

16 January 2015 18:00:37
Beragam Macam Bahan Untuk Beragam Model Kerudungmu

ChanelMuslim.com - Di Indonesia industri fashion hijab berkembang dengan pesat. Beragam model kerudung ditawarkan dari beragam bahan. Mengenal jenis bahan kerudung, akan memudahkan kita mengetahui cara merawatnya dan juga mengenali bahan apa yang membuat kita nyaman mengenakannya baik saat beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Selain itu, mengenali bahan kerudung akan mempermudah kita dalam mengkreasikan model kerudung.

Berikut ini beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat kerudung;

Bahan Katun

Kelebihan akan menggunakan bahan jenis ini, tentunya sangatlah nyaman jika dikenakan sehari-hari. Perawatan akan bahan katun ini juga pastinya sangat mudah sekali. Namu ada kekurangan akan jenis bahan ini, kain katun umumnya agak sedikit tebal sehingga sangat susah dibentuk menjadi aneka kreasi sesuai keinginan kita.

Bahan Chiffon/Sifon

Kelebihan akan menggunakan bahan jenis ini, tentunya sangatlah nyaman jika dikenakan sehari-hari. Perawatan akan bahan katun ini juga pastinya sangat mudah sekali. Namu ada kekurangan akan jenis bahan ini, kain katun umumnya agak sedikit tebal sehingga sangat susah dibentuk menjadi aneka kreasi sesuai keinginan kita.

Bahan Chiffon/Sifon

Bahan dari jenis kain ini palaing sering digunakan untuk dibuat jilbab/kerudung. Bahan ini terdiri atas campuran antara serat kapas, sutra, serta serat sintetis. Kain jenis ini mempunyai sifat yang tipis, licin dan agak sedikit panas saat dipakai dalam bahan kerudung/jilbab jika tidak disertai kombinasi bahan lain dalam desain dari jilbab itu sendiri. Meski memiliki karakteristik tersebut, kain jenis ini cukup banyak digemari oleh para muslimah karena memiliki sifat yang sangat ringan serta lebih nge-flow.

Pada saat memakai jilbab dengan bahan jenis sifon ini, tetunya perlu bantuan akan inner atau ciput dengan bahan kaos sehingga tampilan akan jilbab ini terlihat lebih sempurna. Bahan kain sifon saat ini banyak ditemui pada model jilbab/kerudung untuk pashmina serta bergo. Dengan penggunaan bahan kain jenis sifon, meskipun panas disaat memakainya, untuk pashmina dan bergo sifon bisa dijadikan sebuah alternatif untuk acara yang lebih ke semi formal atau formal.

Untuk bahan jenis sifon ini, tentunya memiliki banyak jenis-jenisnya diantaranya sifon polos (campuran dengan bahan bahan polyster/serat sintetis) serta sifon cerutti (campuran dengan bahan sutra). Selain digunakan sebagai bahan untuk jilbab, kain jenis ini sering juga dipakai sebagai bahan untuk membuat pakaian wanita.

Bahan Hycon

Jila dilihat secara sekilas akan fisik kain ini, tidak berbeda jauh dan hampis sama dengan kain jenis sifon. Perbedaannya yang menonjol pada jenis kain sifon lebih licin dari kain jenis hycon ini. Bahan hycon lebih lembut bila dibandingkan dengan kain sifon, biasanya dalam pemakaian untuk kerudung/jilbab perlu ditambahkan ciput sebelum dilapisi akan jilbab hycon ini. Hicon sendiri memiliki ciri serat kain lebih rapat dibanding kain paris kw1, lebih lembut dan halus, tidak licin, bahannya pun “jatuh” tidak “ngembang.”

Bahan Spandex dan Lycra

Jenis kain spandex ini memiliki serat yang lebih sintetis yang tentunya sangat dikenal akan memiliki elastisitas yang lebih baik dari pada rubber. Kualitas akan tingkat keelastisitasannya kain spandex bisa mencapai akan tarikan hingga 500%. Spandex adalah bahan kain yang terbuat dari unsur non alami. Kainnya halus, lentur dan lembut

Kerudung dengan penggunaan bahan spandex, tentunya sangatlah nyaman sekali untuk dipakai, serta dalam segi perawatanya juga cukup mudah dalam proses pencucianya, hanya dengan melakukan pencucian seperti biasa kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari. Bahan kain ini tidaklah panas serta sangat lentur. Jenis akan kain ini tentunya sangat banyak akan jenisnya, dan yang paling menarik, kain ini kebanyakan memiliki efek yang mengkilap.

Kain spandex ini tentunya juga memiliki aneka ragam jenisnya, diantaranya: spandex kaos (stretch, harga jauh lebih murah namun cepat berbulu, serta dingin bila dikenakan), Spandex Lycra (Sudah banyak dikenal dengan sebutan Lycra), salah satu trade mark dari Dupont. Kadang spandex ada unsur sutranya, orang sering sebut Spandex Sutra. Karena bahannya halus, lembut dan nyaman, spandex harganya relatif mahal. Jilbab yang terbuat dari Spandex relatif mahal dibanding dengan jilbab lainnya.

Keelastisan yang sangat tinggi, lebih kuat serta mempunyai ketahanan akan panas tinggi dari strika. Sisi kelemahan dari bahan Lycra ini tidak mudah dalam menyerap akan keringat, licin, stretch, sehingga kebanyakan diamplikasikan pada bahan inner pada jilbab ninja, baju dan bawahan.

Bahan Sutra

Kelebihan akan penggunaan bahan ini tentunya sangatlah nyaman dikenakan serta tidak panas. teksturnya yang sangat lembut sehingga mudah sekali dibentuk sedemikian rupa dalam berkreasi berkerudung. Biasanya kerudung dengan bahan ini dipakai di keseharian serta cocok dan cantik dipakai dalam acara sebuah pesta. Kelemahan akan bahan sutra sangat mudah sekali kusut, segi warna juga mudah sekali luntur, serta perawatan harus ekstra hati-hati supaya lebih awet.

bahan kerudung2Bahan Polyester

Bahan jenis ini tentunya tidak mudah kusut, bisa juga dipakai di keseharian atau di nuansa perta, serta perawatannya tidaklah susah. Jenis ini memiliki kekurangan sangat panas dan gerah bila dikenakan di cuaca yang panas, selain itu karekteristik akan bahan cenderung kaku, sehingga agak sulit untuk dibuat kreasi dalam berjilbab.

Bahan Rayon

Bahan dari jenis ini memiliki kelebihan sangat dingin dan adem bila dikenakan, memiliki kesan yang casual, tentunya bisa dipakai di keseharian. namun jenis ini juga memiliki kelemahan yang mudah sekali kusut, terkadang juga lentur, serta mudah sekali mengeluarkan aroma yang tidak enak karena mudah sekali untuk menyerap keringat. Saran disini alangkah lebih baiknya jangan memakai kerudung dengan bahan ini jika pergi ke pantai atau disaat anda bersama anak-anak.

Bahan Kaos

Bahan jenis ini kelemahanya lebih cepat molor setelah dicuci secara berulang ulang, akan tetapi bahan ini sangat nyaman dan dingin bila dipakai, dibandingkan dengan bahan lycra dan spandex.

Bahan Voile

Bahan ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan bahan hycon, yakni memiliki sifat yang halus dan lembut. Dengan memiliki karakter tersebut, saat dikenakan tentunya sangatlah nyaman cocok digunakan pada siang hari, namun harus disertai dengan inner. Jenis kain ini memiliki serat yang tidak lentur, sehingga pada bagian leher susah untuk dibentuk karena memiliki sifat yang tidak lentur. Bahan kain ini terbuat dari bahan kapas, namun ada juga yang memakai bahan dasar rayon sutra ataupun polyester.

Bahan Ceruty

Jenis kain ini memiliki tekstur yang elastis, karena dalam bahan dasarnya kain ini mengandung bahan sutra yang lembut, sehingga kain kerudung jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan, tekstrur kain kerudung ini seperti kulit.

Bahan Jersey

Kerudung juga dapat dibuat dari kain jersey. Kain jersey biasanya digunakan untuk kaos club-club sepakbola. Kain jersey adalah jenis tekstil rajutan terbuat dari full katun atau katun dan campuran sintetis. Bahan jersey merupakan kain cotton strech, halus, lebih tebal dari spandek rayon dan tidak berbulu. Beberapa penggunaan umum untuk kain jersey yaitu t-shirt dan selimut musim dingin. Kain hangat, fleksibel, elastis, dan sangat isolasi, menjadikannya pilihan populer untuk lapisan dikenakan paling dekat dengan tubuh. Jersey juga cenderung lembut dan kainnya dingin (adem), sehingga sangat nyaman dan memberi kesan jatuh saat dipakai.

macam bahan kerudung2Asal mula penyebutan nama kain jersey yaitu dari nama Pulau Jersey. Jersey adalah pulau terbesar dari gugusan pulau yang dikenal sebagai Kepulauan Channel, yang terletak antara Inggris dan Perancis. Pulau ini memiliki sejarah panjang pendudukan manusia, disana juga terkenal akan sapi jersey yang menghasilkan susu yang selanjutnya dibuat krim.

Selain dari bahan di atas, ada bahan-bahan lainya seperti huilon, pashmina, paris, kain cherry, rajut dan sebagainya. Namun demikian tidak begitu populer dibandingkan dengan bahan-bahan di atas. Jika ke grosir jilbab, bisa menemukan aneka bahan jilbab. Namun hati-hati memilih kalau belinya di grosir jilbab.

Bahan Della

Bahan kaos Della dengan karakter kain jatuh, adem, elastis, nyaman dipakai. biasanya dipakai untuk bahan jilbab jumbo karena karakter kainnya yang adem.

Itulah sedikit informasi mengenai bahan-bahan kerudung yang sering digunakan dan dijual di pasaran. Bagi yang ingin menjadi pengusaha fashion kerudung, pengetahuan mengenai berbagai bahan dasar kerudung adalah wajib. [wn/berbagaisumber]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
LIFESTYLE
06 September 2018 05:10:22

Dollar Naik, Ini Tanggapan Mom Chae, Owner Meema Style

 
LIFESTYLE
22 December 2017 11:47:47

Teddy Snada: Setiap Hari adalah Hari Ibu

 
LIFESTYLE
02 May 2018 08:47:06

Ini Cerita Ramadan Keluarga Soraya Larasati

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284