ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 02 April 2020 | 9 Sya’ban 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KONSULTASI

Suami Sibuk dengan Handphone dan Pekerjaannya

04 February 2020 22:22:41
Suami Sibuk dengan Handphone dan Pekerjaannya, suami sibuk mencari nafkah, suami istri sibuk, istri tidak bahagia
Foto: pixabay

oleh: Ustaz Farid Nu'man Hasan

ChanelMuslim.com - Ustaz, saya mau bertanya, saya sudah berkeluarga 15 tahun lebih tapi keadaan keluarga menurut saya kurang kondusif. Suami asyik dengan pekerjaan terus pulang kerja yang dipegang HP komunikasi urusan kantor, padahal pulangnya pun sudah telat, harusnya setengah 5 sampai rumah, suami pulang Maghrib bahkan habis Maghrib.

Saat kami tilawah bareng-bareng sama anak-anak, suami asyik dengan HP-nya di ruang yang sama, bahkan saat adzan tetap asyik dengan HP/laptop, sholat berjamaah pun jarang. Kalau istrinya nyindir dengan cerita ke anak-anak peran laki-laki harus jadi contoh, baru jamaah ke masjid dan urusan anak pun semua istri, kecuali nafkah, tidur pun di ruang kerja di rumah.

Alhamdulillah tidak selingkuh, Ustaz, cuma hidupnya itu kok asyik dengan kerja dan kerja. Kalau lagi ingin pergi sama istri, baru ngajak. Saat istri pengin pergi berdua biar enggak jenuh, suami ogah dengan alasan kerjaan numpuk. Jika ingin berhubungan suami istri, baru nyusul ke kamar dan nyusulnya pun saat jam qiyamullail, istri akhirnya tidak qiyamullail.

Bagaimana sebaiknya istri bersikap? Komunikasi sudah sering dilakukan, bahkan pernah janji di atas kertas, akan rajin berjamaah, tilawah, Dhuha dan perhatian pada anak dan istri. Tapi ya begitu, seminggu kemudian kambuh lagi, diingatkan lagi kambuh lagi, istri kadang jenuh karena anak pun sulit dikendalikan.

Jawaban:

Secara fungsional dan status, suami memang pemimpin. Tapi, dalam kehidupan nyata, tidak sedikit suami yang tidak menyadari posisinya ini. Jiwa kepemimpinannya tidak muncul. Dalam pikirannya suami hanya memberi nafkah, selesai.

Padahal ada keteladanan, perlindungan, pendidikan, kewibawaan, yang harus ditunjukkan suami, baik dia usahakan, paksakan, atau secara alami.

Ada pun istri, bukanlah aib jika fungsi-fungsi suami yang tidak berjalan itu di-handle olehnya sementara waktu. Bisa jadi istri yang justru menjadi guru bagi suami, mengajarkannya, mengingatkannya, membinanya, jika memang itu cara untuk memancing munculnya ke-qawwaman suaminya.

Itulah kenyataan. Suami memang belum ideal sebagaimana kisah-kisah yang ada di majalah Islam atau buku-buku tentang suami shalih. Tapi, dia masih mau shalat, tidak KDRT, masih ingat kepada keluarga, adalah poin dan modal besar untuk lebih baik lagi.

Lihatlah, masih banyak suami yang tidak bertanggung jawab. KDRT, tidak nafkahi, makan tidur kerjaannya, shalat pun tidak. Jika ada bagian dari suami yang masih bisa disyukuri maka syukurilah. Jika ada bagian yang perlu dibenahi maka benahilah baik-baik, sambil tetap memposisikan dia sebagai pemimpin dan kepala rumah tangga.

Wallahu A’lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
suami sibuk dengan handphone dan pekerjaannya
suami sibuk mencari nafkah
suami istri sibuk
istri tidak bahagia
 
BERITA LAINNYA
 
 
KONSULTASI
20 October 2019 05:57:10

Harta Gana Gini dalam Islam

 
KONSULTASI
09 October 2019 07:48:54

Hukum Mengharap Doa dari Orang yang Memberi Sedekah

 
KONSULTASI
24 September 2019 05:46:52

Wanita Pertama yang Masuk Syurga

 
KONSULTASI
08 September 2017 11:20:59

Hukum Bekerja Sama dengan Bank Konvensional

 
KONSULTASI
04 February 2020 22:22:41

Suami Sibuk dengan Handphone dan Pekerjaannya

Donasi untuk Pekerja Medis dan Rewalawan Covid 19 bersama CMM
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284