ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 20 November 2019 | 23 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KOMUNITAS

Komunitas Cawan, Komunitas Para Penyuka Dunia Arsitektur

15 October 2017 05:54:23
Komunitas Cawan, Komunitas, Community
Salah satu souvernir di event Komunitas Cawan (Foto: IG @presidenzkreatipz_percetakan #komunitascawan)

ChanelMuslim.com - Komunitas Cawan merupakan komunitas para penyuka dunia arsitektur ini berdiri pada 2013, namun memulai aktif dari kegiatan pada Agustus 2015.

Ketua Komunitas Cawan, Fiqri Sulthony mengatakan Cawan berasal dari singkatan "Cari Wawasan" belajar dan berbagi tentang pengetahuan arsitektur dan kota.

"Jadi cawan itu seperti wadah, tempat berkumpulnya teman-teman untuk belajar dan berbagi," terangnya seperti ChanelMuslim.com kutip dari Tribun Pontianak.

Komunitas ini berdiri, ungkapnya karena arsitek muda Pontianak merasa haus akan ruang-ruang diskusi. Merekapun merasa kekurangan wadah untuk bisa belajar dan berbagi.

"Kemudian juga ingin memperkenalkan kualitas para arsitek yang dimiliki kota Pontianak. Selain itu kami juga ingin memperkenalkan arsitektur itu sendiri ke masyarakat," jelasnya.

Saat ini sudah banyak kegiatan Cawan, pertama ada Becakap yang merupakan ruang diskusi yang dilakukan sebulan sekali. Tema yang diangkat adalah seputar isu arsitektur dan perkotaan.

"Di arsitektur sendiri biasanya kami presentasi tentang karya-karya arsitek lokal maupun nasional. Tujuannya adalah selain memperkenalkan arsitektur ke masyarakat namun juga memperkenal nilai-nilai dalam beraksitektur. Kalau untuk tema perkotaan sendiri kita biasanya mengambil tema-tema yang sedang hangat," ungkapnya.

Lalu ada pula kegiatan Urbanisme warga yaitu kegiatan yang dilakukan oleh Cawan bersama dengan 9 mitra di 8 kota di Indonesia seperti Banda Aceh, Bandung, Tangerang Selatan, Pontianak, Semarang, Surabaya, Solo dan Bogor.

Ia menuturkan di Pontianak sendiri cawan bermitra bersama dengan Demanhuri (aktivis), Mira S Lubis (dosen Untan) dan Kreasi Sungai Putat (KSP) dalam mendorong ko-produksi pengetahuan tentang parit di kota Pontianak.

"Kalau saat ini Cawan sedang mempersiapkan pameran Pekan Arsitektur dan Seni 2017 di kegiatan Kalbar Bookfair 2017 pada tanggal 1 sampai 7 November 2017," tutupnya terkait aktivitas Komunitas Cawan.

Minat gabung?( jwt/tribun)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
komunitas cawan
komunitas
community
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOMUNITAS
16 November 2018 12:00:01

Mengenal Komunitas Hijabersmom Community

 
KOMUNITAS
29 August 2018 07:00:02

E-wasterj, Komunitas Peduli Sampah Elektronik

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284