ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KOLOM

Wakaf Menurut Empat Mazhab

03 February 2018 21:11:18
Wakaf, Mazhab, ekonomi syariah
Foto: LinkedIn

Oleh: Lilis Mulyati (Mahasiswi STEI SEBI)

ChanelMuslim.com-Wakaf menurut kesepakatan yakni melepas harta kepada perseorangan atau kelompok untuk dimanfaatkan dengan tujuan yang tidak bertentangan dengan syari’at atau hukum Islam.

Adapun para ahli fikih mendefinisikan wakaf sebagai berikut:

Pertama, Hanafiyah menyebut wakaf sebagai menahan materi benda milik wakif (pemegang /pemilik harta wakaf) dan menyedekahkan manfaatnya kepada siapapun. Tafsir ini menjelaskan bahwa kedudukan harta wakaf tetap tertahan di tangan wakif . Artinya harta masih dimiliki, yang diwakafkan hanya manfaat harta, bukan asetnya.

Kedua, Malikiyah berpendapat bahwa wakaf adalah memberikan manfaat suatu benda atau harta kepada orang atau tempat yang berhak dengan satu akad atau perjanjian dalam jangka waktu tertentu. Benda atau harta dalam definisi ini tidak harus bersifat di miliki oleh wakif. Harta tersebut bisa berupa harta sewa. Contohnya menyewa tanah tetapi tanahnya dipakai untuk pembangunan sekolah atau rumah sakit.

Ketiga, Syafi’iyah, beliau berpendapat wakaf adalah menahan harta berupa materi yang kekal, tidak mudah rusak, musnah, dan manfaatnya bisa diambil secara berkelanjutan.

Wakif harus memutus harta itu dan diserahkan kepada nazhir atau pengelola wakaf. Syarat harta wakaf yaitu harus kekal materinya, tidak mudah rusak atau musnah, serta dapat diambil manfaatnya secara berkelanjutan.

Keempat, Hanabilah atau Hambali mendefinisikan wakaf dalam arti menahan asal harta, dalam hal ini tanah, dan menyedekahkan manfaat yang dihasilkannya.

Kesepakatan ulama (ijma’) menerima wakaf sebagai suatu amal jariah yang disyariatkan dalam Islam. Tidak ada orang yang dapat menafikan dan menolak amalan wakaf dalam Islam. Wakaf telah menjadi amalan yang senantiasa dijalankan dan diamalkan oleh para sahabat Nabi dan kaum Muslimin sejak masa awal Islam hingga sekarang.

Adapun wakaf menurut Undang-Undang Nomor 41/ 2004 artinya perbuatan hukum wakif yang memisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau jangka waktu tertentu untuk keperluan ibadah atau kesejahteraan umum sesuai syariah. Wakaf berfungsi mewujudkan potensi dan manfaat ekonomis harta benda untuk kepentingan ibadah dan untuk memajukan kesejahteraan umum. (ind)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
wakaf
mazhab
ekonomi syariah
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOLOM
06 July 2019 21:08:58

Kasus Bulukumba, Jangan Lagi Terulang

 
KOLOM
07 January 2018 05:27:50

Jurnalis dan Perubahan: Dua Elemen yang Koheren

 
KOLOM
22 January 2018 10:51:44

Resolusi Pengasuhan 2018

 
KOLOM
12 September 2018 12:46:10

Tempe Setipis ATM, Seratus Ribu Dapat Apa

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284