ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KOLOM

Refleksi Peran Sahabiyah Sebagai Dasar Pembentukan ALPPIND

19 April 2018 20:23:53
Refleksi Sahabiyah, Alppind, Ustazah Athifah Hasan, Aliansi Perempuan Peduli Indonesia
Logo Aliansi Perempuan Peduli Indonesia

Oleh: Ustazah Athifah Hasan (Ketua Aliansi Perempuan Peduli Indonesia)

ChanelMuslim.com-Para muslimah di masa Rasulullah saw mengambil peran sebagai inisiator dalam pemberdayaan perempuan (agent of change), turun langsung mengambil peran di lapangan nyata, memberikan sumbangan pemikiran dan pandangan yang konstruktif yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan strategis dan penting dalam perjuangan dan kebaikan ummat saat itu. Semua itu mereka dengan lakukan bersama dengan para lelaki dengan penuh cinta, pengorbanan, kemandirian, kesungguhan, komitmen, rasa tanggung jawab akan amanah yang sama tanpa perlu menuntut sebuah kata “kesetaraan” yang tiada batas dan komitmen kesadaran membangun pola relasi hubungan antara lelaki dan perempuan secara harmonis tanpa perlu merasa menjadi saingan. Semua itu tercatat dalam sejarah kegemilangan peradaban Islam.

Episode sejarah itu seharusnya menjadi inspiratif bagi para muslimah saat ini, agar menjadi gerakan menuju perubahan kebaikan bukan kerusakan. Sejarah penuh makna inilah yang kemudian menjadi inspirasi sekaligus konsideran lahirnya Ormas Aliansi Perempuan Peduli Indonsia. Sebelumnya kami berikan nama 'shafufus salam" yang artinya barisan perdamaian, dengan makna kehadirannya adalah untuk membawa perdamaian antar sesama anak bangsa terutama perempuan Indonesia. Namun, dalam perjalanan waktu, kebersamaan dengan teman-teman para aktivis perempuan lintas profesi baik dari kalangan ustazaat, akademisi, pengusaha, politisi dan penggiat seni saling berdiskusi dengan penuh persaudaraan, dan banyak pertimbangan maka lahirlah nama Aliansi Perempuan Peduli Indonesia. Ini tentunya bukanlah sekadar nama tapi lahir dari perasaan yang sama yakni KAMI MENCINTAI INDONESIA.

Landasan cinta terhadap bangsa ini mendorong serta menyadarkan kami dengan segala potensi yang diberikan Allah dalam usia yang seharusnya bermakna, kenapa kita harus saling berjauhan dan tidak saling bersinergi padahal memiliki cita cita yang sama,

UNTUK PERUBAHAN KEBAIKAN DAN KESEJAHTERAAN UMMAT DAN BANGSA.

Kami sepakat bahwa visi organisasi ini adalah "perekat persaudaraan dan berkontribusi dalam membangun Indonesia yang bermartabat berbasis nilai agama dan budaya."

Kompleksitas permasalahan yang terjadi pada hari ini khususnya terkait dengan permasalahan sosial, ekonomi dan dekadensi moral berdampak betul terhadap ketahanan keluarga. Tingginya konflik rumah tangga yang selalu berujung perceraian yang mayoritas disebabkan masalah ekonomi, dekadensi moral generasi muda mulai pergaulan bebas, narkoba, putus sekolah, tingkat kekerasan baik itu tawuran, gang motor, dan bullying antar sesama dan kejahatan seksual, pornografi bahkan kecenderungan orientasi perilaku seksual yang menyimpang atau LGBT. Begitu rapuhnya ketahanan keluarga kita. Keluarga sebagai tempat penanaman nilai serta pembangunan karakter anak, ternyata gagal tidak dapat melakukan fungsi-fungsi keluarga.

Insipirasi sejarah para muslimah di zaman Rasululullah itulah yang kemudian mendorong kami mengajak para muslimah lintas profesi yang selama ini telah berkiprah aktif di masyarakat untuk bergabung. Alhamdulillah akhirnya telah terealisasi dengan lahirnya ALIANSI PEREMPUAN PEDULI INDONESIA. Kami akan fokus menggarap pembangunan ketahanan keluarga, karena inilah subsistem yang paling mendasar dari subsistem sosial yang terbesar yakni negara. Kami menyakini ketika semua keluarga memiliki ketahanan maka akan memberikan sumbangan yang terbesar dalam pembangunan ketahanan bangsa. Kita menyakini bahwa dengan segala potensi perempuan Indonesia akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan bangsa.

Aliansi Perempuan Peduli Indonesia mengajak para tokoh perempuan, aktivis baik dari kalangan akademisi, pengusaha, penggiat seni, politikus membangun kekuatan besar dalam sebuah gerakan penyadaran terhadap pentingnya pembangunan ketahanan keluarga. Kami akan membangun kemitraan dan kerja sama dengan berbagai elemen baik dari eksekutif, legislatif dan masyarakat dalam mewujudkan pembanguan ketahanan keluarga sehingga akhirnya mewujudkan Indonesia yang bermartabat yang berbasis nilai agama dan budaya.

Semangat persaudaraan sebangsa dan setanah air akan menjadi kokoh karena dilandasi oleh keyakinan akan nilai agama dan nilai budaya Indonesia. Ini menjadi modal sosial yang kuat bagi kita mewujudkan Indonesia yang bermartabat. (ind)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
refleksi sahabiyah
alppind
ustazah athifah hasan
aliansi perempuan peduli indonesia
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOLOM
12 September 2018 12:46:10

Tempe Setipis ATM, Seratus Ribu Dapat Apa

 
KOLOM
13 March 2018 10:12:49

Antara Korupsi dan Pencitraan

 
KOLOM
22 April 2018 19:16:09

20 Tahun PK/PKS: Mendaki Jalan Terjal

 
 
KOLOM
21 June 2019 21:38:55

Metode Zonasi Gagal Total

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284