ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 15 Oktober 2019 | 16 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KOLOM

Prinsip-prinsip Ketaatan Istri dalam Islam

28 March 2019 13:15:59
Prinsip-prinsip Ketaatan Istri dalam Islam
Ilustrasi suami membantu pekerjaan istri (foto: Pexels)

Oleh: Sirat Rizhqi (Pengajar Alquran)

ChanelMuslim.com--Dalam kitab Bait al Muslim al Qudwah, Syaikh Abu Al Hamd Rabee' menyampaikan di antara adab ketaatan istri kepada suami adalah lahir dari hati. Istri ridho dengan kepemimpinan keputusan dan arahan suami. Hal ini disertai dengan cinta sebagaimana sabda Rasulullah, "Tidak ada ketaatan dalam kemaksiatan. Sesungguhnya ketaatan itu hanya dalam hal makruf." (HR. Muslim)

Allah mengabadikan kisah istri yang taat pada suaminya dalam alquran surat al Hasyr ayat 9. Ayat ini menceritakan seorang istri yang bersegera melaksanakan perintah suami untuk menghormati, menjamu dengan sebaik-baiknya tamu Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam.

Sungguh Allah Asy Syakur, Asy Syakir, Allah memuji seorang istri yang taat dan suaminya dalam ayat ini sebagai seorang yang mengutamakan orang lain atas dirinya.

Lalu apa saja prinsip-prinsip ketaatan seorang istri dalam Islam?

1. Taat bukan dalam rangka kemaksiatan.

Taat seorang istri bukanlah taat yang buta. Taatnya hanya dalam rangka taat kepada Allah. Tidak menyelisihi syariat sedikit pun.

Aisyah ra, menceritakan bahwa ada seorang ibu yang diperintahkan suaminya untuk menyambung rambutnya. Kemudian Rasulullah bersabda: "Jangan! Sesungguhnya Allah swt telah melaknat wanita yang menyambung rambutnya."

2. Taat sesuai kemampuan. Suami dan istri hendaknya bekerja sama dalam mengelola rumah tangga, mengelola nafkah dan melakukan amal dakwah (kegiatan sosial). Suami hendaknya juga tidak risih membantu istri dalam pekerjaan rumah tangga.

Bukankah Rasulullah shalallahu alaihi wa salam meringankan tangannya untuk membantu pekerjaan istrinya? Bahkan beliau menambal pakaiannya sendiri?

Sangat disayangkan masih dijumpai dalam

masyarakat, istri yang tidak sempat keluar menuntut ilmu agama, sebab disibukkan urusan rumah dan kurangnya bantuan suami.

3. Ketaatan yang disertai dengan penghormatan dan pemberian respon secara timbal balik.

Ketaatan istri harus disertai penghormatan, sebagaimana ketaatan istri Umar bin Abdul Azis ketika meminta istrinya menyerahkan perhiasan ke baitul mal dan meninggalkan kemewahan hidup seorang istri khalifah.

Perintah itu dilakukan dengan penuh hormat. Dan Umar bin Abdul Azis bertambah cintanya kepada istrinya.

4. Ketaatan yang disertai saling memberikan rasa cinta dan sayang yang lahir dari lubuk hati. Sungguh ini adalah adab yang tinggi. Dan sikap Ihsan seorang istri dalam berkhidmat. Tak mungkin terlahir pelayanan penuh cinta tanpa ikhlas.

5. Taat disertai musyawarah.

Musyawarah adalah akhlak yang harus dibawa setiap muslim dalam semua lini kehidupan. Allah berfirman dalam QS Syura' : 38, "Sedang urusan mereka diputuskan dengan musyawarah antara mereka."

Di antara nasihat indah Alquran terhadap pentingnya musyawarah dan saling ridho antara suami istri berhubungan dengan urusan penyusuan dan penyapihan. QS Al Baqarah: 233, " ..Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan , maka tidak ada dosa di antara keduanya."

6. Ketaatan diiringi dengan saling menasihati, berkorban dan berkomitmen dengan syariat Allah. Hal ini telah banyak dicontohkan Rasulullah dalam rumah tangganya, bagaimana beliau mengelola kecemburuan istri-istrinya. Ada proses saling memahami, disertai saling menasihati.

Demikian enam prinsip ketaatan istri yang diatur dalam Islam. Semua prinsip tidak lain membantu seorang istri mudah menjalani perannya. Memuliakan kedudukan istri, sebab pendapatnya juga dihargai, hak-hak nya mendapat kasih sayang, penghormatan dipenuhi.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
prinsip-prinsip ketaatan istri dalam islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOLOM
14 April 2019 21:50:06

Demokrasi Kita dalam Bahaya

 
KOLOM
07 January 2018 05:27:50

Jurnalis dan Perubahan: Dua Elemen yang Koheren

 
KOLOM
10 October 2019 12:32:41

Kami Ayah paling Bahagia di Dunia

 
KOLOM
20 August 2019 20:04:36

Ibukota Tak Perlu Pindah, Cukup dengan Ponsel

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284