ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 19 November 2019 | 22 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KOLOM

Mewujudkan Keluarga Indonesia Berkualitas, Berakar pada Kearifan Lokal Bangsa

05 October 2018 15:18:39
Keluarga Anis Byarwati, profil keluarga muslim Indonesia
Keluarga Anis Byarwati (FB Anis Byarwati)

Oleh: Dr. Hj. Anis Byarwati, S.Ag., M.Si

Caleg PKS No.2 DPR RI Dapil Jakarta Timur

ChanelMuslim.com-Indonesia memiliki 1.128 suku bangsa. Potensi besar dalam membangun karakter keluarga, karena setiap suku bangsa di Indonesia memiliki potensi kearifan lokal yang bertumpu pada kekokohan keluarga. Dengan kearifan lokal yang ada, sejarah membuktikan bahwa bangsa Indonesia mampu memiliki keluarga kokoh yang memberikan kontribusi kuat bagi peradaban bangsa.

Keluarga tak terpisahkan dari perjalanan bangsa Indonesia. Keluarga Indonesia terbukti menjadi penopang bangsa bergerak menghadapi tantangan. Kearifan lokal budaya Indonesia memiliki muatan kuat untuk membangun keluarga berkualitas.

Mangkunegara I (Raden Mas Said) telah mengembangkan etos keluarga berkualitas. Beliau juga merintis pendidikan berbasis keluarga sakinah hingga ke pelosok desa dan wilayah gerilya.

Kerajaan Aceh Darussalam adalah kerajaan terkemuka pada masanya. Masyarakatnya tertib, taraf kehidupannya cukup tinggi, dan keluarga-keluarganya pun kokoh. Dari situasi kondisi bangsa yang kondusif dan keluarga yang kokoh seperti itulah maka lahir sosok Laksamana Keumalahayati, seorang perempuan Aceh pertama menjadi seorang laksamana di dunia. Beliau menguasai empat bahasa asing dan pernah dipercaya menjadi kepala hubungan luar negeri/diplomat dan menadi komandan protocol istana Daruddunya oleh Sultan Alaiddin Riayat Syah Al Mukammil.

Filosofi Rumah Betang, Suku Dayak Kalimantan menggambarkan potensi kearifan lokal dalam membangun keharmonisan keluarga dan masyarakat. Rumah Berang dihuni oleh sejumlah keluarga besar. Setiap keluarga mempunyai tugas untuk mengurus keamanan bersama dan ada pembagian tugas. Setiap individu dalam rumah tangga dan masyarakat diatur secara sistematis melalui kesepakatan bersama yang dituangkan dalam hukum adat. Rumah Betang bukan hanya tempat perlindungan, tetapi tempat terciptanya keharmonisan, kedekatan, dan kebersamaan yang berkelanjutan di antara sesama penghuninya.

Inilah di antara bukti sejarah bahwa budaya bangsa Indonesia sejak dulu memiliki potensi kearifan lokal yang sangat besar dalam membangun karakter keluarga berkualitas.

Jadi, sejak dulu bangsa Indonesia adalah bangsa keluarga. Bangsa yang bertumpu kekuatannya pada kualitas setiap unit keluarga. Bangsa yang selalu memuliakan keluarga dan melindungi eksistensi keharmonisannya.

Tugas kita sekarang menggali kembali kearifan lokal budaya Indonesia untuk menguatkan keluarga Indonesia menjadi Keluarga Berkualitas menuju peradaban Indonesia maju dan mulia.

Salam Keluarga Indonesia Berkualitas.

[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
keluarga anis byarwati
profil keluarga muslim indonesia
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOLOM
21 June 2019 21:38:55

Metode Zonasi Gagal Total

 
KOLOM
29 August 2019 11:49:38

Makna Tahun Baru Hijriyah

 
KOLOM
26 May 2018 17:19:37

Pilunya Teror Ramadan

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284