ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KISAH

Berkah Kejujuran

30 April 2018 13:26:57
Berkah Kejujuran, uang dinar
Foto: pexels

Oleh: Ustazah Aan Rohana

ChanelMuslim.com-Di antara kisah menarik generasi terdahulu dalam membiasakan kejujuran bagi anak-anak mereka adalah kisah berikut.

Salah seorang dari mereka bertutur:

Sejak kecil saya selalu dididik untuk jujur. Ketika keluar dari Mekah menuju Baghdad untuk mencari ilmu, ibuku memberiku uang empat puluh dinar (jumlah yang sangat besar) untuk keperluan hidupku dan ibuku berpesan kepadaku agar selalu menjaga kejujuran.

Ketika kami sampai di Hamadan, sejumlah perampok menghadang kami lalu merampas kafilah. Salah seorang dari mereka bertanya kepadaku: Apa yang kamu bawa? Saya menjawab: Uang empatpuluh dinar. Perampok itu mengira aku mempermainkannya hingga dia meninggalkanku. Kemudian perampok lain melihatku dan bertanya: Bawa apa? Lalu saya memberitahukan apa yang saya bawa hingga dia membawaku ke hadapan pemimpin kelompok perampok tersebut. Pemimpin mereka bertanya kepadaku lalu aku jawab dengan jujur. Dia bertanya: Apa yang membuatmu berkata jujur?

Saya menjawab: Ibuku berpesan kepadaku agar saya selalu menjaga kejujuran sehingga saya takut mengkhianati janjinya.

Pemimpin kelompok perampok itu tersentuh hatinya oleh kejujuranku dan merasa takut lalu berteriak sambil menyobek bajunya dan berkata: Kamu takut mengkhianati janji ibumu, sedangkan saya tidak takut mengkhianati janji Allah.

Kemudian pemimpin perampok itu memerintahkan anak buahnya untuk mengembalikan semua yang mereka ambil dari kafilah tersebut dan berkata: Saya bertobat kepada Allah dengan sebab kamu.

Kemudian para perampok yang lain berkata: Kamu adalah pemimpin kami dalam perampokan dan sekarang kamu menjadi pemimpin kami dalam pertobatan ini. Akhirnya mereka semua bertobat berkat kejujuran tersebut.

Ya, jujur pangkal selamat. Jika seseorang selalu menjaga kejujuran maka ia pasti memetik buah kejujuran itu di dunia dan akhirat.

Tidakkah kamu mendengar firman Allah:

Allah berfirman: “Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang jujur dengan kejujuran mereka. Bagi mereka surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; Allah ridha terhadapnya. Itulah keberuntungan yang paling besar”. (al-Maidah: 119).

(ind)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
berkah kejujuran
uang dinar
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
KISAH
18 March 2018 09:50:40

Zubair bin Awwam, Utangnya Membawa Keberkahan

 
KISAH
03 September 2019 20:27:52

Margarita Aguirre: Al-Quran Membuka Hati Saya

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284