ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Thaif, Kota Penuh Bunga dan kisah Perjalanan Rasulullah

03 June 2019 05:40:26
Thaif, Kota Penuh Bunga dan kisah Perjalanan Rasulullah
Thaif, Kota Penuh Bunga dan kisah Perjalanan Rasulullah (foto: Maya)

ChanelMuslim.com - Kota Thaif merupakan salah satu kota di sekitar Mekah yang berhawa sejuk karena berada di lembah pegunungan Asir dan pegunungan Al Hada. Thaif berjarak sekitar 67 kilometer atau 1 jam 45 menit dari Mekah. Kota ini dikenal dengan perkebunan Kurma, delima dan sayuran lain. Termasuk juga pohon zaqqum yang berduri.

Rute menuju Thaif merupakan perjalanan dengan jalur menanjak dan berkelok-kelok. Meski berhawa sekitar 20 derajat, pegunungan Asir dan Hada tidak seperti kawasan puncak Indonesia yang ditumbuhi beragam pepohonan. Pegunungan Asir dan Hawa adalah pegunungan tandus dan berpasir.

Namun begitu memasuki kota Thaif, kita akan disambut dengan beragam pohon bunga beraneka ragam dan warna.

Di balik sejuknya Thaif, ada kisah perjalanan Rasulullah yang memilukan. Rasulullah melakukan perjalanan ke Thaif untuk melakukan dakwah Islam. Perjalanan ini dilakukan tidak lama setelah kematian pamannya, Abu Thalib dan Khadijah ra.

Setelah kematian dua orang yang dikasihinya, orang Quraisy semakin gencar mengganggu dakwah Rasulullah. Secara diam-diam Rasulullah pergi ke Thaif.

Thaif, Kota Penuh Bunga dan kisah Perjalanan Rasulullah

diyakini sebagai tempat tinggal rasul selama di Thaif

Rasulullah tinggal selama 10 hari di Thaif untuk berdakwah dan memohon perlindungan. Namun penduduk Thaif memperlakukan Rasulullah dengan kasar. Bahkan melempari Rasulullah dengan batu hingga terluka. Zaid bin Haritsah yang menemani beliau dan bermaksud melindunginya pun tidak luput dari pelemparan itu. Rasulullah berlindung di kebun milik Utbah bin Rabi'ah.

Thaif, Kota Penuh Bunga dan kisah Perjalanan Rasulullah

Kebun tempat Rasul saw bersembunyi

Saat itu, Rasulullah berdoa, "Ya Allah, kepada-Mu aku mengadukan kelemahanku, kurangnya kesanggupanku, dan kerendahan diriku berhadapan dengan manusia. Wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Engkaulah Pelindung bagi si lemah dan Engkau jua pelindungku! Kepada siapa diriku aku serahkan? Kepada orang jauh yang berwajah suram terhadapku, ataukah kepada musuh yang akan menguasai diriku?"

"Jika Engkau tidak murka kepadaku, maka semua itu tidak aku hiraukan karena sesungguhnya besar nikmat yang telah Engkau limpahkan kepadaku. Aku berlindung pada sinar cahaya wajah-Mu yang menerangi kegelapan dan mendatangkan kebajikan di dunia dan di akhirat dari murka-Mu yang hendak Engkau turunkan dan mempersalahkan diriku. Engkau berkenan. Sungguh tiada daya dan kekuatan apa pun selain atas perkenan-Mu."

Jibril tiba-tiba muncul dan memanggil Rasulullah seraya berkata, “Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan dan jawaban kaummu terhadapmu, dan Allah telah mengutus Malaikat penjaga gunung untuk engkau perintahkan sesukamu."

"Kemudian Malaikat penjaga gunung memanggilku dan mengucapkan salam kepadaku lalu berkata, “ Wahai Muhammad! Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan kaummu terhadapmu. Aku adalah Malaikat penjaga gunung, dan Rabb-mu telah mengutusku kepadamu untuk engkau perintahkan sesukamu, jika engkau suka, aku bisa membalikkan gunung Akhsyabin ini ke atas mereka. "

Jawab Rasulullah SAW,  “Bahkan aku menginginkan semoga Allah berkenan mengeluarkan dari anak keturunan mereka generasi yang menyembah Allah semata, tidak menyekutukan-Nya, dengan sesuatu pun.“

Saat ini kota Thaif dikenal sebagai kota penghasil para penghafal alquran. Ma syaa Allah. [Maya]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
thaif
kota penuh bunga dan kisah perjalanan rasulullah
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
25 June 2019 21:36:34

Keajaiban dari Prosesi Pemakaman Mohamed Morsi

 
KHAZANAH
02 April 2019 17:08:31

Lidah Arab Fasih

 
KHAZANAH
13 August 2018 12:14:02

Kebiasaan Berkeluh Kesah

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284