ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 06 Juli 2020 | 16 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Inilah Delapan Kelompok Mukmin yang Dapat Naungan Allah di Hari Kiamat

15 December 2017 22:15:39
Kiamat, mukmin, islam
Ilustrasi, foto: paradise-engineering.

ChanelMuslim.com- Ketika manusia berada dalam situasi berat di bawah terik matahari yang sangat panas dan merasakan siksaan yang gunung tinggi kokoh pun terbenam karenanya, ada kelompok orang-orang saleh yang merasa nyaman dalam naungan Allah Yang Maha Pengasih.

 Mereka tidak mengalami kesusahan yang diderita oleh orang-orang lain.

Siapakah mereka ini? Pemimpin yang adil, yang memiliki kekuatan dan kekuasaan tetapi tidak semena-mena, dan menegakkan keadilan di antara hamba-hamba Allah sesuai dengan aturan Ilahi.

Di antara mereka juga orang-orang yang memakmurkan masjid-masjid Allah. Mereka ini beramah tamah dan bermunajat kepada Allah di ruangan-ruangan masjid itu. Mereka hampir tidak meninggalkan masjid dan merasa betah di dalamnya.

Orang-orang yang saling mencintai karena Allah juga termasuk di antara mereka. Orang-orang ini dipadukan oleh ikatan ukhuwah karena Allah, bersatu atas dasar kebaikan, ketakwaan, dan kesalehan, serta berpisah atas dasar amal saleh.

Di antara mereka pula orang-orang yang digoda oleh wanita, tetapi rasa takut kepada Allah mencegah mereka dari terjerumus ke dalam perbuatan yang nista.

Di antara mereka juga orang yang hatinya dipenuhi rasa takut kepada Allah, sehingga di kala berzikir sendirian, ia meneteskanair mata.

Bukhari dan Muslim dalam Shahih masing-masing meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tujuh yang Allah naungi di bawah naunganNya pada hari tidak ada naungan kecuali naungaNya: pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah TuhanNya, laki-laki yang hatinya terikat pada masjid, dua orang yang saling mencintai, berkumpul dan berpisah karena Allah, laki-laki yang dirayu seorang wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan lalu ia mengatakan, ‘Aku sungguh takut kepada Allah.’, orang yang bersedekah secara diam-diam sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang didermakan oleh tangan kanannya, dan orang yang berzikir kepada Allah dalam keadaan sendirian sehingga meneteskan air mata.”

Banyak nash yang menunjukkan penaungan di bawah Arasy yang Allah berikan bagi orang-orang yang saling mencintai karena Allah pada hari itu. Di antaranya hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah.

Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah berkata pada hari kiamat, ‘Manakah orang-orang yang saling mencintai karena Aku? Hari ini, hariyang tidak ada naungan kecuali naunganKu, Aku naungi merekadi bawah naunganKu.”

Penaungan di bawah naungan ‘Arasy tidak terbatas pada tujuh yang telah disebutkan dalam hadis itu saja. Banyak  nash yang menunjukkan bahwa Allah juga menaungi selain mereka. 

Ibnu Hajar al-Asqalani telah menghimpun perilaku-perilaku yang para pelakunya dinaungi oleh Allah, dalam buku yang ia namakan Ma’rifat al-Khishal al-Mushilah ila azh-Zhilal. (Mengenal Perilaku yang Menghasilan Naungan)

Di antaranya adalah menangguhkan atau membebaskan hutang dari orang yang sedang kesusahan. Dalam Shahih Muslim dan Musnad Ahmad diriwayatkan dari  Yasir bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang menangguhkan atau membebaskan hutang dari orang yang sedang kesusahan, dinaungi oleh Allah dalam naunganNya.” (mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kiamat
mukmin
islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
11 June 2018 15:14:12

Fiqh Itikaf Bagian 1

 
ADVERTORIAL
06 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KHAZANAH
09 October 2018 21:20:44

8 Hikmah Khabib vs Mc Gregor

 
KHAZANAH
02 February 2020 08:30:01

Bercerai, Ini Hukum Mantan Mertua dalam Islam

 
KHAZANAH
23 June 2020 06:49:07

Jika Ingin Menjadi Pahlawan, maka Berbelanjalah!

 
KHAZANAH
07 May 2020 00:15:02

Berpuasa di Auckland

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga