ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 06 Juli 2020 | 16 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Akibat Mencela Sahabat Rasulullah

31 July 2017 21:58:57
Akibat Mencela Sahabat Rasulullah

ChanelMuslim.com – Ketika kita mengimani bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah,  maka kita pun akan yakin bahwa sahabat-sahabat Nabi yang pertama masuk Islam adalah para ahli surga. Sahabat-sahabat Nabi itulah penerus ajaran yang paling dekat kebenarannya dengan Nabi. Bagaimana jika ada orang yang mencela dan itu dilakukan jauh setelah para sabahat meninggal?  Kiranya hal itu yang sering kita temui di zaman sekarang ini.

Izzuddin Yusuf Al-Mushili mengisahkan:

Dulu kami punya teman, namanya: Asy-Syams Ibnul Hasyisyi, dia biasa MENCELA Sahabat Abu Bakar dan Umar –radliallahu anhuma– dan ia berlebihan dalam hal itu…

Maka kukatakan kepadanya: “Ya Syams, sungguh buruk bila kamu mencela mereka, apalagi kamu sudah tua! Apa urusanmu dengan mereka, mereka sudah tiada sejak 700 tahun, dan Allah berfirman (yang artinya): ‘Itulah umat yang telah lalu’!”.

Tapi jawaban dia: “Demi Allah, demi Allah.. Abu Bakar, Umar, dan Utsman benar-benar di Neraka”.

Dia mengatakan itu di depan khalayak ramai, sehingga berdiri bulu kudukku, maka kuangkat tanganku ke langit, dan kukatakan: “Ya Allah, Dzat penakluk seluruh hamba-Nya, wahai Dzat yang tiada sesuatupun yang samar bagi-Nya, aku memohon kepada-Mu… bila ‘ANJING’ ini berada di atas kebenaran, maka turunkanlah kepadaku tanda kekuasaan-Mu. Sebaliknya, apabila dia zholim (dlm tindakannya), maka turunkanlah kepadanya SEKARANG JUGA sesuatu yang bisa menjadikan mereka tahu, bahwa dia dalam kebatilan”.

Berita Terbaru  Protes Abudurrahman terhadap Mua’wiyah

Maka, dua matanya membengkak hingga hampir saja keluar, badannya menghitam hingga seperti aspal dan membengkak, dan keluar dari tenggorokannya sesuatu yang dapat mematikan burung.

Lalu dia dibawa ke rumahnya, tapi tidak sampai 3 hari dia mati, dan tidak ada seorangpun yang bisa memandikannya, karena perubahan yang terjadi pada badan dan kedua matanya. Lalu dia dikuburkan -semoga Allah tidak merahmatinya-… Kisah ini benar adanya, dan terjadi pada tahun 710 H)).

Mencela seseorang yang diketahui kemuliaannya merupakan suatu hal yang tak terpuji. Dan meski pun kita mencela orang yang berbuat salah, hal itu juga bukan suatu hal yang patut. Karenanya jagalah lisan jangan mudah mengatakan yang buruk pada orang lain,  karena boleh jadi yang mencela tidak lebih baik dari yang dicela. (w)

[Kitab Dzail Tarikhil Islam, Karya Imam As-Sakhowi Asy-Syafi’i (w 902 H), hal: 117]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
24 June 2020 22:10:20

Husnul Khotimah

 
ADVERTORIAL
06 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KHAZANAH
25 October 2018 05:54:42

Kenalkan Tuhan Sejak Dini

 
KHAZANAH
21 June 2020 10:30:01

Berserah Dirilah

 
KHAZANAH
02 February 2020 13:00:01

Malaikat Bercadar

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga