ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 21 Agustus 2019 | 20 Zulhijjah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Perjalanan Mengharukan Menuju Baitullah

15 July 2019 09:41:28
perjalanan,mengharukan,menuju,baitullah
Jurnal haji Republika

ChanelMuslim.com – Berhaji masuk ke dalam rangkaian rukun Islam. Haji terdiri dari beberapa ritual, yang dimaksudkan untuk melambangkan konsep-konsep penting dari iman Islam, dan untuk memperingati ujian yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS dan keluarganya.

Setiap Muslim dewasa yang berbadan sehat dan mampu secara finansial harus melakukan haji setidaknya sekali dalam seumur hidup.

ketika musim haji tiba, umat muslim dari seluruh dunia berbondong-bondong datang ke kota suci Mekkah dan Madinah. Sejak masa Rasulullah, perjalanan berhaji mempunyai cerita yang mengharukan. Ada Uwais al Qarni yang berhaji sambil menggendongnya ibunya.

Menunaikan ibadah haji dengan berjalan kaki diriwayatkan dalam kisah Hasan bin Ali bin Abi Thalib. Kisah ini seperti yang dikutip dari ‘Misteri Wukuf di Arafah’ oleh Al-Ustadz Muhammad Rusli Amin yang mengutip kitab Al Manaaqib.

Dalam kisah ini, Abu Usamah menceritakan ibadah haji yang dilakukan Hasan. Dituturkannya, ketika Imam Hasan bin Ali berhaji, kedua kakinya bengkak akibat berjalan kaki. Seorang berkata kepadanya, Jika engkau menaiki kendaraan, tentu hal itu akan memudahkan perjalananmu.

Hasan bin Ali pun berkata, Janganlah kalian pedulikan. Sesungguhnya, bila kita telah mencapai suatu rumah, seorang hitam akan menyambut kita dengan membawa minyak yang berguna untuk menghilangkan bengkak pada kakiku ini.

Perjalanan kafilah rombongan jamaah haji meninggalkan kota Makkah menuju padang Arafah pada tahun 1935.

Mereka pun berkata, Demi ayah dan ibu kami. Di depan kita tidak ada satu rumah pun yang menjual minyak itu.

Hasan pun menjawab, Kita tidak akan sampai ke rumah itu, kecuali setelah mendatanginya. Dan, belum lama kami berjalan, beliau berkata, Itulah orangnya.

Mereka pun menghampirinya dan meminta minyak. Orang itu berkata, Untuk siapakah kalian meminta? Mereka berkata, Untuk Hasan bin Ali. Ia kemudian berkata, Antarkanlah aku menemuinya.

Ketika orang itu sampai di hadapan Imam Hasan, ia berkata, Aku tidak menyangka bahwa minyak ini terpanggil untukmu. Aku mempunyai keperluan denganmu. Doakanlah semoga aku dikaruniai seorang anak laki-laki yang taat dan bertakwa, karena aku meninggalkan istriku dalam keadaan hamil dan tidak lama lagi akan melahirkan. Imam Hasan berkata, Semoga Allah memberimu seorang anak laki-laki yang lurus.

Kemudian, Hasan meminyaki kedua kakinya yang bengkak dan sembuh dengan izin Allah. Beberapa waktu kemudian, apa yang dimohonkan olehnya untuk lelaki tadi terbukti.

Perjalanan berhaji pada saat sekarang pun ada yang serupa. Bulan lalu, empat pengendara sepeda dari Kenya dan dua anggota pendukung memulai perjalanan panjang dari Nairobi ke Mekah untuk melakukan haji dan mengumpulkan dana untuk pendidikan anak-anak yang membutuhkan di Kenya.

Pada tahun 2018, sebuah keluarga yang terdiri dari lima Muslim Indonesia melakukan perjalanan bersepeda panjang 13.000 km ke Mekah untuk melakukan haji.

Pada 2017, seorang Muslim asal Pekalongan, Indonesia berjalan lebih dari 9.000 kilometer untuk melakukan haji.

Pada 2012, Muslim Bosnia berusia 47 tahun, Senad Hadzic, mencapai kota suci Mekah dengan berjalan kaki untuk melakukan haji. Selama perjalanannya, pria itu berjalan sejauh hampir 3.600 mil (5.900 km) dari desanya di Bosnia ke kota suci Mekah. [Maya/Aboutislam.co]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
perjalanan
mengharukan
menuju
baitullah
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
05 January 2019 23:20:01

Mengenal Hikikomori dan Tips Menjauhinya

 
KHAZANAH
26 January 2019 18:11:19

Cinta Pra Nikah, Inilah Trik Setan Mengemas Keburukan

 
Muslim Life Festival
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284