ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 13 Juli 2020 | 23 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Yuk 2019, Mulai Hidup Sehat ala Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam

11 January 2019 14:00:02
Hidup sehat Rasulullah, tren kesehatan 2019, tren kesehatan hits
Ilustrasi (source: muslimahperindusurga)

ChanelMuslim.com - Tahun baru kental dengan tren baru tetapi tidak dengan umat muslim. Sampai kapanpun tren seorang muslim mengacu kepada Alquran dan Sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wassalam. Termasuk dalam kesehatan. Panutan utama kita tetaplah Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

Nah, berikut kebiasaan sehat Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang bisa jadi contoh kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari:

1. Bangun tidur di pagi hari lebih awal

Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam selalu tidur di malam hari lebih awal dan bangun menjelang Adzan Subuh setiap hari.

Bangun pagi lebih awal secara ilmiah ternyata berkaitan dengan produktivitas yang lebih baik. Di samping itu, bangun lebih pagi juga bermanfaat bagi kesehatan mental yang lebih baik secara umum. Terutama bagi kita sebagai muslim.

2. Makan sedikit atau sekedarnya.

Pola makan yang dipraktikkan Nabi Muhammad terbukti secara ilmiah bisa mencegah timbulnya penyakit.

Dalam konsep Islam, makanlah dengan seimbang yakni 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air atau cairan, dan 1/3 untuk bernafas.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Seorang mukmin makan dengan satu lambung, sedangkan orang kafir makan dengan tujuh lambung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Tidak minum dengan sekali habis dan tidak boleh bernapas di dalam gelas.

'Tidak minum air dalam satu kali napas, tetapi minumlah dalam dua atau tiga kali napas' adalah cara Rasulullah saat meminum air.

Hari ini, ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat, mereka bisa mengalami pusing atau sakit kepala.

Hal itu diakibatkan karena ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah. Minum secara perlahan membantu anda menyerap cairan dan mendapatkan manfaat paling banyak.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum sebanyak tiga kali, menyebut nama Allah di awalnya dan memuji Allah di akhirnya. (HR.Ibnu As-Sunni dalam ‘Amalul Yaumi wallailah (472))Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minum, beliau bernafas tiga kali. Beliau bersabda, “Cara seperti itu lebih segar, lebih nikmat dan lebih mengenyangkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bernafas dalam gelas dilarang oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya, “Apabila salah seorang dari kalian minum, janganlah ia bernafas di dalam gelas.”(HR. Bukhari)

4. Berpuasa

Bukti terbaru menunjukkan bahwa bukan hanya makanan yang kita makan yang memiliki dampak besar pada kesehatan.

Namun, juga pemilihan waktu makan dan pola makan kita. Puasa adalah praktik rutin yang dijalankan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Tak hanya selama bulan puasa Ramadhan. Namun, Rasulullah juga kerap berpuasa hingga adzan Maghrib berkumandang setiap hari Senin dan Kamis serta pada tanggal 13,14, dan 15 setiap bulannya.

Hal ini serupa dengan praktik puasa berselang, yang terbukti mampu menyeimbangkan kadar hormon, mencegah tekanan oksidatif, dan mengurangi keseluruhan peradangan. Karenanya, semakin sedikit makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh, semakin sedikit hal ini fokus pada pencernaan. Juga, semakin banyak penyembuhan pada penyakit tertentu yang diidap tubuh.

5. Konsumsi buah kurma

Buah kurma adalah makanan yang sempurna untuk ta'jil atau berbuka puasa. Buah ini terbukti memiliki kandungan yang mampu menstabilkan kadar gula darah, menyeimbangkan kadar elektrolit darah, dan membantu memulai sistem pencernaan saat persiapan memproses makanan.

Nabi Muhammad juga menganjurkan kurma untuk dikonsumsi menjelang kelahiran. Karena kurma terbukti bisa meningkatkan produksi oksitosin di dalam tubuh dan mempercepat persalinan.

Dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir'.

Masih banyak lagi panduan hidup sehat ala Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang bisa kita terapkan sehari-hari.

Semoga bermanfaat dan dimudahkan menerapkan.

(jwt/*)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
hidup sehat rasulullah
tren kesehatan 2019
tren kesehatan hits
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
13 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KESEHATAN
15 November 2018 13:00:03

Sayur Kale dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 
KESEHATAN
17 December 2015 14:30:31

Prinsip 5S Bantu Anak Tumbuh Menjadi Sehat

 
KESEHATAN
09 November 2017 12:12:09

Lambung Tetap Sehat, Lakukan Hal Ini

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga