ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 26 Oktober 2020 | 10 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Mengenal Perbedaan Jerawat dan Bintik-Bintik

04 March 2019 10:00:02
Jerawat, beda jerawat DNA bintik-bintik
Ilustrasi (source:Hamlin & Kersey)

ChanelMuslim.com - Meskipun jerawat dan bintik-bintik sama sekali tidak berhubungan, mereka kadang-kadang muncul bersama dan mereka memiliki beberapa kesamaan.

Kedua jerawat dan bintik-bintik menciptakan ketidaksempurnaan pada kulit wajah, dada, punggung, dan bahu.

Untuk sebagian besar, jerawat dapat diobati dan dibersihkan dengan cepat. Namun, jaringan parut permanen dapat terjadi pada kasus yang parah.

Bintik-bintik cenderung memudar seiring waktu dengan perawatan yang tepat. Efek permanen dari jerawat dan bintik-bintik diobati dengan obat yang sama atau perawatan kosmetik serupa.

1. Jerawat

Diidentifikasi oleh pori-pori kulit merah, teriritasi dan terinfeksi, jerawat meletus sebagai jerawat, komedo, nodul dan kista dalam.

Remaja cenderung menderita jerawat, tetapi orang dewasa juga dapat menderita jerawat, menurut MayoClinic.com. Wanita khususnya rentan terhadap jerawat selama atau segera sebelum siklus menstruasi dan selama kehamilan.

Penyebab jerawat termasuk kulit berminyak, akumulasi sel kulit mati di sekitar lubang pori dan bakteri.

2. Bintik-bintik

Bintik-bintik, akumulasi kecil pigmen di dalam kulit, muncul pada area kulit yang terpapar sinar matahari, menurut DermNet NZ.

Bintik-bintik umum terjadi pada orang berkulit putih dan orang dengan rambut merah. Meskipun orang-orang berkulit gelap biasanya tidak mengalami bintik-bintik, siapa pun dapat mengalami bintik-bintik. Jumlah dan warna bintik-bintik sering meningkat dengan paparan sinar matahari.

Penyebab

Bintik-bintik hasil dari produksi sel hiperaktif di kulit. Sel-sel kecil di dalam kulit yang disebut melanosit menghasilkan pigmen kulit. Paparan sinar matahari, meningkatkan produksi melanin atau pigmen, menghasilkan kulit kecokelatan dan, pada beberapa orang, bintik-bintik.

Pengobatan Bintik-bintik secara bertahap memudar dengan waktu dan perlindungan yang tepat dari matahari.

Perawatan tidak diperlukan, tetapi beberapa orang memilih untuk mengobati, menutupi atau memudar bintik-bintik mereka dengan perawatan tanpa resep, kosmetik atau prosedur laser kosmetik.

Perawatan jerawat termasuk pembersih jerawat yang dijual bebas, resep perawatan topikal, antibiotik, isotretinoin dan dermabrasi, menurut MayoClinic.com. Pilihan pengobatan untuk jerawat dan bintik-bintik terkadang tumpang tindih. Beberapa perawatan umum yang digunakan untuk mengobati kedua kondisi ini termasuk retinoid, vitamin-C dan laser kosmetik.

Kondisi tertentu, seperti kehamilan, dapat memperburuk noda jerawat dan bintik-bintik, menyebabkan mereka menjadi lebih terlihat dan banyak, menurut Kesehatan Anak.

kehamilan, aliran darah meningkat ke kulit, menghasilkan peningkatan produksi minyak. Hormon yang meningkat menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak pigmen. Kedua faktor ini menyebabkan jerawat dan bintik-bintik pada wanita hamil.

Semoga bermanfaat. ( jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
jerawat
beda jerawat dna bintik-bintik
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284