ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 06 Juni 2020 | 15 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Manfaat Konsumsi Daging Kepiting bagi Kesehatan

24 October 2019 06:22:36
tips kesehatan,manfaat daging bagi kesehatan,
Kepiting (source: asiaone.com)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, tahukah bahwa manfaat daging kepiting tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Berdasarkan informasi gizi dilaman panganku bahwa 100 gram daging kepiting segar memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

Energi: 151 kalori

Protein: 13,8 gram

Lemak: 3,8 gram

Kalsium: 210 mg

Fosfor: 250 mg

Vitamin A: 61 mcg

Vitamin B1: 0,05 mg

Kolesterol: 78 mg

Selain beragam nutrisi di atas, daging kepiting juga mengandung nutrisi lain yang sama pentingnya seperti asam folat, vitamin B kompleks, serta berbagai mineral (kalium, magnesium, zat besi, yodium, selenium, zinc, dan mangan).

Daging kepiting juga kaya akan lemak menyehatkan dalam bentuk omega-3. Bahkan, cukup dengan mengonsumsi 100 gram daging kepiting, Anda sudah memenuhi 45% kebutuhan omega-3 dalam sehari. Zat gizi ini tidak diproduksi oleh tubuh, karena itu konsumsi daging kepiting dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan asupannya.

Dilansir laman hellosehat menyebutkan, 4 Manfaat Konsumsi Kepiting bagi Kesehatan:

1. Membantu memelihara kesehatan jantung

Lemak seringkali dikaitkan dengan penyebab penyakit jantung, tapi lemak yang terdapat pada kepiting merupakan omega-3 yang justru dapat membantu memelihara kesehatan jantung kita.

Omega-3 dapat membantu tubuh menyeimbangkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan risiko penyumbatan plak kolesterol pada pembuluh darah sehingga terlindungi dari risiko stroke dan penyakit jantung.

Manfaat Konsumsi Daging Kepiting bagi Kesehatan

2. Baik untuk kesehatan otak

Dilansir dari Healthline, kandungan omega-3 dan vitamin B-12 dalam daging kepiting dan hewan sejenisnya sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan otak. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa kedua zat gizi tersebut juga berperan penting dalam perkembangan otak anak dan memelihara fungsi otak pada orang dewasa.

3. Mendorong kinerja sistem kekebalan tubuh

Ternyata, buah kaya vitamin C bukanlah satu-satunya sumber makanan yang dapat menunjang sistem kekebalan tubuh. Daging kepiting pun memiliki fungsi serupa berkat kandungan selenium di dalamnya.

Selenium merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh serta bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit akibat peradangan seperti artritis, asam urat, dan penyakit pada saluran pencernaan.

Manfaat Konsumsi Daging Kepiting bagi Kesehatan

4. Berpotensi menurunkan berat badan

Bahan makanan ini rendah kalori tapi kaya protein dan lemak ‘baik’. Keduanya akan membuat kenyang lebih lama dan mencegah kita mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Nah, itulah manfaat memilih daging kepiting yang segar dan berkualitas. Tapi berdasarkan saran dari tim dokter Hellosehat, konsumsilah kepiting dalam porsi yang wajar karena kepiting juga dipercaya memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Bagi yang alergi dengan makanan laut terutama kepiting, jika terjadi gatal-gatal di badan maka segera hentikan mengkonsumsi dan hubungi dokter.

Tetapi sepanjang dikonsumsi secara wajar dan diolah dengan teknik memasak sehat. Insya Allah, kepiting bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat. [jwt/Hellosehat]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips kesehatan
manfaat daging bagi kesehatan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
25 April 2019 09:00:03

7 Tips Ramadan agar Lebih Sehat

 
KESEHATAN
09 March 2018 12:05:46

Hindari Cotton Bud Saat Membersihkan Telinga

 
KESEHATAN
27 December 2018 06:26:02

9 Manfaat Granola untuk Kesehatan

 
KESEHATAN
08 May 2018 12:39:51

Pilih Tempe atau Tahu

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284